Waspadai Gejala Penyakit Gula Sejak Dini!

1 min read

Penyakit gula – Penyakit gula atau yang juga dikenal dengan diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Maka dari itu, mengetahui gejala penyakit gula sejak dini sangatlah penting. Hal ini akan dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit tersebut dengan lebih baik.

Pengertian Penyakit Gula

Gejala Penyakit Gula

Seseorang dikatakan mengidap penyakit gula apabila kadar gula dalam darah berada di atas normal yaitu lebih dari 126 mg/dl dalam keadaan tubuh yang berpuasa.

Kadar gula darah berlebih ini merupakan akibat dari kurangnya hormon insulin. Hormon ini dihasilkan oleh pankreas yang berfungsi untukmenyerap dan mengolah glukosa agar menjadi energi.

Penyebab Penyakit Diabetes

Banyak orang beranggapan bahwa penyebab terbesar dari penyakit diabetes adalah karena konsumsi gula yang berlebih. Padahal kenyataannya, ada beberapa faktor lain yang memicu salah satu penyakit yang mematikan ini.

1. Faktor Keturunan

Penyakit Gula

Faktor genetik adalah salah satu pemicu diabetes. Jadi, waspadalah ketika orang tua atau kakek dan nenek Anda memiliki riwayat penyakit ini. Karena hal ini berarti Anda juga mempunyai kemungkinan besar untuk bisa mengidap penyakit tersebut.

2. Kelebihan Berat Badan

Gejala Penyakit Gula

Obesitas atau kelebihan berat badan ternyata juga dapat memicu penyakit diabetes. Soalnya, berat badan yang berlebih dapat menghalangi tubuh untuk bisa merespon insulin.

Selain diabetes, berat badan yang berlebih juga memicu penyakit mematikan lain seperti kardiovaskular. Maka dari itu, sebaiknya Anda menjaga berat badan yang ideal agar terhindar dari penyakit-penyakit yang mematikan.

3. Kurang Tidur

Gejala Penyakit Gula

Ketika Anda tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup, irama sirkadian atau variasi biologis tubuh akan terganggu. Hal ini bisa berimbas pada terganggunya hormon insulin.

4. Pola Makan yang Tidak Baik

Gejala Penyakit Gula

Pola makan merupakan salah satu penentu kesehatan Anda. Pola makan yang buruk dapat berakibat pada penyakit-penyakit yang mengerikan seperti diabetes.

Apabila Anda penggemar makanan berlemak tinggi dan memiliki kadar gula yang tinggi pula, sebaiknya berhati-hati dan segera ubah kebiasaan tersebut. Ada baiknya Anda mengganti makanan berlemak tinggi dengan menu bergizi dan seimbang.

5. Tidak Bergerak Aktif

Gejala Penyakit Gula

Pada era digital seperti sekarang ini, masyarakat malah lebih nyaman berbaring berjam-jam di dalam kamar sambil bermain game. Tanpa disadari, hal ini dapat berakibat pada obesitas yang berujung pada diabetes.

6. Konsumsi Rokok dan Alkohol

Gejala Penyakit Gula

Kebiasaan buruk mengonsumsi rokok dan alkohol dapat mengganggu proses metabolisme tubuh yang berujung pada terganggunya produksi insulin.

Ciri-Ciri Penyakit Gula

Penyakit Gula

Penyakit diabetes memang tidak mudah dikenali seperti layaknya ketika Anda mengalami sakit flu. Akan tetapi, Anda tetap dapat mengenali ciri-ciri awalnya agar dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Berikut ciri-ciri penyakit diabetes:

  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat drastis.
  • Berat badan yang terus menerus turun.
  • Sering merasa haus secara berlebihan.
  • Merasa cepat lapar.
  • Bila salah satu anggota tubuh mengalami luka, proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lama.
  • Mata mengalami rabun.
  • Cepat letih.

Cara Mencegah Penyakit Gula

Penyakit Gula

Meskipun penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, Anda masih bisa mengelolanya agar kadar gula tetap stabil. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.

  • Hindari minuman manis dengan perasa buatan.
  • Bergerak aktif dan perbanyak olahraga.
  • Hindari makanan berlemak tinggi.
  • Jangan lewatkan sarapan.
  • Jaga berat badan tubuh ideal.
  • Beristirahat yang cukup.

Penyakit gula memang sangat menakutkan. Apabila Anda menemukan beberapa gejala diabetes, segera lakukan tes darah dan berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin tidak dapat benar-benar sembuh dari diabetes, tetapi masih mungkin untuk mengendalikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *