Tanda-Tanda Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui

2 min read

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal – Ginjal merupakan organ yang bertugas menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh, lalu disalurkan ke dalam kandung kemih. Hasil dari proses tersebut yaitu urine. Apabila fungsinya menurun atau terganggu, maka akan timbul tanda-tanda penyakit ginjal pada tubuh.

Jenis Penyakit Ginjal

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal | hellosehat.com

Jenis-jenis penyakit ginjal beragam, tergantung faktor penyebabnya, yaitu sebagai berikut.

1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika sebagian atau seluruhnya sudah tidak dapat berfungsi. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan, racun, dan kotoran di dalam ginjal yang menjadikan darah kehilangan keseimbangan kimia.

2. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan kondisi di mana terdapat penumpukan mineral keras di dalam ginjal. Mineral kecil di dalam ginjal dapat menjadi lebih besar sehingga menghambat kelancaran pembuangan urine.

3. Kista Ginjal

Kista ginjal merupakan kondisi penyakit yang menyebabkan tumbuhnya kista di bagian ginjal. Kista berisi air dan tidak termasuk kanker, serta memiliki ukuran berbeda-beda. Meski demikian, kista dapat tumbuh besar dan menimbulkan gangguan fungsi ginjal hingga komplikasi hati.

4. Hematuria

Hematuria merupakan kondisi yang menyebabkan pendarahan dalam urine. Pendarahan ini bukan kondisi yang serius, tetapi dapat mengakibatkan komplikasi. Gejala awal biasanya tidak terlihat. Namun, urine yang bercampur dengan darah umumnya tampak berwarna cokelat.

5. Kanker Ginjal

Kanker yang muncul pada ginjal dan mengganggu kinerja ginjal secara umum dapat menjangkiti dewasa ataupun anak-anak. Jenis kanker yang paling kerap didapati pada ginjal yaitu sel karsinoma.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal | hellosehat.com

Terdapat beberapa gejala dan tanda penyakit ginjal yang harus diwaspadai sebelum merebak dan menjadi semakin parah. Berikut beberapa gejalanya:

1. Warna Urine Lebih Keruh

Gejala awal sakit ginjal biasanya ditandai dengan perubahan warna urine menjadi lebih keruh. Selain itu, kebiasaan buang air kecil juga berubah menjadi lebih kerap atau sebaliknya. Anda juga kerap buang air kecil ketika malam hari.

2. Badan Mudah Lelah

Ginjal yang sehat akan menghasilkan hormon eritropoietin secara teratur untuk menaikkan produksi sel darah merah baru.

Jika fungsi ginjal mengalami gangguan, produksi hormon tersebut pun menurun dan berdampak pada produksi sel darah merah. Hal inilah yang menyebabkan tubuh mudah lelah.

3. Bengkak pada Beberapa Bagian Tubuh

Ginjal yang rusak tidak dapat menyaring limbah secara optimal, sehingga banyak protein yang terbuang ketika mengeluarkan urine. Kekurangan protein dalam darah dapat menyebabkan tungkai kaki dan tangan membengkak.

4. Sesak Nafas

Gangguan fungsi ginjal dapat mengakibatkan cairan masuk ke dalam paru-paru lewat darah, sehingga tubuh tidak memperoleh oksigen yang cukup. Kekurangan oksigen dapat membuat napas sesak dan terengah-engah.

5. Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat menjadi tanda penyakit batu ginjal. Nyeri pada pinggang kanan atau kiri bisa terjadi karena batu ginjal dalam ureter terjepit.

Makanan Penyebab Sakit Ginjal

Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal | obatginjaljakarta.com

Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh konsumsi makanan. Berikut beberapa makanan yang dapat memicu sakit ginjal jika dikonsumsi berlebihan:

1. Daging

Protein terlalu tinggi dapat menimbulkan gangguan pada ginjal dan sulit menyaring limbah tubuh. Protein hewani yang berlebihan dapat memicu asam urat dan batu ginjal.

2. Garam

Terlalu banyak garam mengakibatkan ginjal menahan air yang mengencerkan elektrolit dalam darah, dan menyebabkan gangguan kinerja jantung yang memompa darah ke tubuh.

3. Pemanis Buatan

Pemanis buatan yang terkandung pada minuman ringan dapat meningkatkan risiko sakit ginjal hingga 2 kali lipat.

Obat Penyakit Ginjal

Untuk mengobati penyakit ginjal secara medis, dokter biasanya meresepkan ACE inhibitors meliputi captopril, enalpril, fosionopril atau ARBs (azilsartan, eprosartan, irbesartan, losartan, olmesartan, valsartan).

Obat tersebut diberikan untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi kadar protein pada urine. Jika terjadi infeksi, mungkin juga diberikan antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri.


Demikian beberapa tanda-tanda penyakit ginjal secara umum yang terjadi pada penderita. Bila tanda tersebut terdapat pada diri Anda, sebaiknya segera cek ke dokter.