Inilah Tanda-Tanda Gejala Tipes yang Harus Anda Waspadai

2 min read

Tanda-Tanda Gejala Tipes – Demam tifoid atau yang lebih dikenal sebagai tipes merupakan penyakit yang dapat menjangkiti dewasa maupun anak-anak. Jika tidak segera ditangani, tipes menjadi lebih parah dan berakibat fatal. Oleh sebab itu, jika terdapat tanda tanda gejala tipes Anda harus segera bertindak.

Tanda-tanda Gejala Tipes

Tanda-Tanda Gejala Tipes
Gejala Tipes | hellosehat.com

Gejala tipes umumnya muncul antara 6 hingga 30 hari setelah tubuh terinfeksi bakteri Salmonella Typhii. Awalnya, gejala yang timbul berupa demam dan ruam terutama di bagian perut dan leher.

Demam cenderung meningkat dengan suhu antara 39 hingga 40 derajat Celcius. Gejala lainnya yaitu lemas, berkeringat, nyeri otot, sakit perut, diare atau sembelit, hilang nafsu makan, dan sakit kepala.

Tanda-tanda di atas merupakan gejala ringan. Sementara itu, tanda gejala tipes yang sudah parah antara lain sebagai berikut.

1. Perdarahan Dalam

Jika tipes sudah parah, akan timbul pendarahan di bagian usus. Pendarahan dalam ditandai dengan lelah berkepanjangan, mual dan muntah, sakit perut, kulit pucat, detak jantung tidak teratur, muntah darah, dan feses berwarna kehitaman.

2. Gangguan Pernapasan

Bakteri tipes juga dapat memicu infeksi saluran pernapasan atau pneumonia yang mengakibatkan kelelahan, demam, nyeri otot, dan sakit serta sesak pada bagian dada.

Obat Gejala Tipes

Tipes
Gejala Tipes | obat.promo

Tipes terjadi karena infeksi bakteri yang menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.
Jika tidak segera ditangani tipes dapat memburuk dalam beberapa minggu, menimbulkan pendarahan dalam, dan pecahnya usus. Tipes dapat ditangani di rumah ataupun di rumah sakit.

1. Pengobatan Gejala Tipes di Rumah

Setelah terdiagnosis tipes, pasien perlu mengonsumsi obat yang telah diresepkan selama 1-2 minggu. Meski tubuh sudah membaik setelah konsumsi antibiotik selama 2-3 hari, obat harus dihabiskan agar bakteri benar-benar hilang.
Agar cepat pulih dan tipes tidak kambuh, penderita harus mendapatkan istirahat yang cukup, makan teratur, serta pilih makanan yang lunak dan bergizi. Hindari makanan berlemak, pedas, berminyak, dan perbanyak minum air putih.

2. Pengobatan di Rumah Sakit

Pengobatan di rumah sakit harus dilakukan jika tipes yang Anda alami cukup parah, ditandai dengan muntah, diare, dan sakit perut yang luar biasa. Di ruang rawat, biasanya diberikan cairan infus serta suntikan antibiotik.

Pengobatan antibiotik harus dilakukan hingga hasil tes terhadap urine dan feses menunjukkan Anda bebas dari bakteri tifus. Sedangkan infus perlu diberikan untuk mencegah dehidrasi akibat diare dan muntah terus-menerus.

Pada sebagian kasus, mungkin dilakukan operasi jika terjadi komplikasi yang membahayakan, misalnya pendarahan dalam dan rusaknya sistem pencernaan.

Umumnya pasien tipes akan membaik setelah perawatan selama 3 hingga 5 hari di rumah sakit, dan akan pulih perlahan setelah beberapa minggu.

Pencegahan Gejala Tipes

Tanda-Tanda Gejala Tipes
Gejala Tipes | jurnalkeluarga.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu, agar terhindar dari tipes, Anda harus melakukan langkah preventif sebagai berikut.

1. Cuci Tangan

Mencuci tangan merupakan pencegahan awal untuk menghindari berbagai penyakit. Cuci tangan sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah keluar dari toilet, dapat melindungi Anda dari bakteri penyebab sakit tipes.

2. Minum Air Bersih

Pastikan Anda meminum air yang benar-benar bersih dari bakteri. Begitu juga dengan es batu yang Anda konsumsi. Hindari minum air atau es batu yang diragukan kebersihannya.

3. Cuci Buah dan Sayuran Sebelum Dikonsumsi

Cuci buah-buahan yang akan Anda makan hingga bersih. Untuk sayuran, lebih aman jika Anda memasaknya terlebih dahulu dengan cara merebus atau mengukusnya.


Setelah mengetahui tanda-tanda gejala tipes, sebaiknya Anda lebih waspada dan melakukan langkah pencegahan seperti yang telah diulas di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.