Jangan Anggap Sepele, Waspadai Tanda-Tanda Gejala Kanker Usus Ini!

2 min read

Gejala Kanker Usus – Gejala kanker usus biasanya tidak terlalu khas. Kebiasaan buang air besar yang berubah-ubah, sakit perut atau darah dalam tinja juga dapat mengindikasikan penyakit usus lainnya. Berikut ini adalah tanda-tanda yang sering muncul pada beberapa jenis kanker usus.

Gejala Kanker Usus Kecil

Kanker Usus
Kanker Usus | pusatbawangdayak.id

Tumor ganas dari usus kecil dapat membentuk tumor sekunder di kelenjar getah bening dan organ lain melalui jalur limfatik dan darah.

Tumor usus kecil ganas disebut juga sebagai kanker usus kecil. Tumor usus kecil biasanya menyebabkan gejala hanya ketika tumor telah mencapai ukuran tertentu dalam stadium lanjut.

Awalnya, tumor usus kecil yang ganas sering menyebabkan gejala umum seperti sakit perut, mual, muntah, diare, dan sembelit. Pada setiap tumor usus kecil, baik polip usus kecil dan kanker usus kecil, penyumbatan usus (ileus) dapat terjadi pada kasus ekstrem. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera ke rumah sakit untuk menerima perawatan.

Gejala khas dari obstruksi usus karena kanker usus kecil adalah muntah, sakit perut kolik di sekitar pusar, peningkatan akumulasi gas di usus, kembung, dan kurang buang air besar.

Pada tumor usus kecil, diagnosis terkadang sering terlambat karena kurangnya gejala awal. Metode pemeriksaan yang cocok untuk mendeteksi kanker usus kecil adalah rontgen sinar-X, kolonoskopi, dan USG.

Tumor usus kecil ganas primer berkembang secara langsung di usus kecil. Sedangkan, tumor usus kecil ganas sekunder menetap sebagai metastasis jenis kanker lain ke dalam usus kecil.

Black melanoma, kanker lambung atau kanker pankreas sangat umum terjadi pada metastasis usus kecil. Tumor usus kecil ganas primer dapat timbul dari berbagai jaringan yang ditemukan di dinding usus.

Gejala Kanker Usus Besar Kiri

Gejala Kanker Usus
Kanker Usus | hellosehat.com

Gejala kanker usus besar sangat beragam tergantung lokasi kankernya. Usus besar dibagi menjadi empat bagian yaitu usus besar sebelah kiri, kanan, sigmoid, dan melintang.

Gejala utama yang muncul dari kanker usus besar bagian kiri adalah perubahan kebiasaan buang air besar. Hal ini menyebabkan seseorang sering sembelit.

Orang yang menderita kanker usus besar di bagian kiri memiliki gejala diantaranya distensi abdomen, sering muntah, sakit perut, sembelit, dan berak darah. Lumen usus yang telah sepenuhnya terhalang oleh kanker akan mengakibatkan sembelit.

Sembelit adalah gejala obstruksi usus. Obsktruksi usus juga dapat terjadi pada kanker usus besar bagian kanan, tetapi jauh lebih umum di bagian kiri.

Gejala Kanker Usus 12 Jari

Gejala Kanker Usus
Kanker Usus | netralnews.com

Kanker usus 12 jari dibagi menjadi empat yaitu carcinoids duodenum, limfoma ganas duodenum, adenocarcinoma duodenum, dan leiomyosarcoma duodenum. Diantara keempat jenis tersebut, adenocarcinoma duodenum adalah jenis yang paling banyak terjadi.

Dari seluruh kasus tumor ganas, terjadinya kanker usus 12 jari kurang dari 1%. Kanker usus 12 jari lebih banyak di derita oleh pria daripada wanita. Seseorang yang berumur 50-70 tahun memiliki potensi terkena kanker usus 12 jari lebih tinggi.

Gejala awal kanker usus 12 jari diantaranya adalah bagian atas perut yang terasa tidak nyaman. Biasanya akan terasa sakitdan nyeri saat makanan masuk.

Bahkan terkadang, nyeri terasa hingga ke bagian belakang. Selain itu, mual, muntah, munculnya pendarahan kronis pada saluran pencernaan seperti okultisme tinja, berat badan menurun, dan demam juga merupakan gejala kanker.


Pemeriksaan dengan dokter dapat mendeteksi apakah ada sesuatu yang serius di balik gejala yang muncul atau itu hanya masalah biasa yang tidak berbahaya, seperti wasir atau masalah pencernaan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan pemeriksaan ketika muncul tanda-tanda yang dianggap sebagai gejala kanker usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *