Tanda-Tanda Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai dan Cara Mengatasinya

1 min read

Tanda-Tanda Darah Tinggi – Darah tinggi atau hipertensi kadang tidak menunjukkan gejala yang serius. Akan tetapi, hipertensi dapat memicu penyakit lain seperti strok, diabetes dan jantung. Tanda-tanda darah tinggi biasanya dapat terlihat setelah Anda mengecek tekanan darah.

Apabila hasil pengukuran menunjukkan angka 140/90 mmHG atau lebih, artinya Anda mengalami tekanan darah tinggi. Meski demikian, Anda tetap harus mencermati gejala lain pada tubuh.

Tanda-Tanda Darah Tinggi

Darah Tinggi
Darah Tinggi | catatanmini.com

Gejala darah tinggi yang paling umum terjadi, yaitu sebagai berikut.

1. Pusing

Pusing yang dirasakan setiap hari, bisa menjadi tanda Anda mengalami tekanan darah rendah atau tinggi.

2. Mual dan Muntah

Tanda terkena hipertensi juga dapat ditunjukkan dengan sering mual dan muntah.

3. Mati Rasa

Mati rasa atau kebas di tangan atau kaki disinyalir sebagai salah satu gejala tekanan darah tinggi. Ini disebabkan karena saraf pada bagian tersebut mengalami kerusakan yang jika dibiarkan bisa mengakibatkan stroke.

4. Titik Darah pada Bola Mata

Pembekuan darah pada bagian bola mata karena tekanan darah tinggi mengakibatkan munculnya titik darah. Jika terdapat titik darah pada bola mata, tandanya Anda terkena hipertensi.

5. Perut Kembung dan Susah Buang Air Kecil

Hipertensi juga dapat berkaitan dengan gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan ginjal. Jika ini terjadi, akan kesulitan saat buang air kecil diikuti kembung pada perut.

Pantangan Darah Tinggi

Tanda-Tanda Darah Tinggi
Darah Tinggi | feminim.id

Penderita tekanan darah tinggi perlu menghindari makanan yang tinggi garam dan kalori. Disarankan Anda mengonsumsi maksimal 1.500 mg natrium per hari jika menderita hipertensi. Berikut makanan pantangan darah tinggi yang perlu dikurangi atau dihindari.

1. Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh contohnya kulit ayam, daging merah, mentega, dan susu tinggi lemak. Mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat yang mengakibatkan penderita hipertensi rentan mengalami jantung koroner.

2. Makanan Kemasan

Makanan cepat saji yang dikemas dalam keadaan beku mengandung garam dan natrium lebih tinggi, sehingga berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Makanan dalam kemasan seperti saus atau sup dalam kaleng juga berbahaya pagi penderita hipertensi.

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat memperburuk kondisi penderita hipertensi. Sebabnya, kafein merupakan zat yang dapat menaikkan tekanan darah.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah Tinggi
Darah Tinggi | muslimah.co.id

Menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

1. Konsumsi Buah Bit

Buah bit mengandung nitrat yang mampu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Buah ini dapat dimakan begitu saja atau dikonsumsi dalam bentuk jus sebelum berolahraga.

2. Minum Yogurt

Selain melancarkan pencernaan, yogurt dapat membantu menurunkan hipertensi. Pilih yogurt tanpa rasa dengan kandungan lemak kurang dari 2% sebanyak 180 ml per hari untuk mendapatkan manfaat optimal.

3. Konsumsi Rempah-rempah

Gunakan rempah-rempah alami untuk memasak seperti bubuk kari, jintan, jahe, dan kayu manis. Hindari penggunaan banyak garam dan MSG dalam masakan jika Anda memiliki darah tinggi.

4. Makan Dark Chocolate

Dark chocolate dengan kandungan 60% cocoa maksimal 30 gram sehari dapat menurunkan tekanan darah. Dark chocolate banyak mengandung flavonoid yang mampu membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Makan ikan

Ikan-ikan yang mengandung asam lemak Omega 3 seperti tuna, sarden, mackerel, salmon, dan hering dapat mengurangi peradangan, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah tinggi.


Itulah tanda-tanda darah tinggi yang harus Anda waspadai. Jika sudah terkena tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda segera menanganinya dan memperhatikan makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi.