7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

2 min read

Tanda Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang bila diabaikan akan membuat Anda terkena serangan jantung atau stroke. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tanda kolesterol tinggi dan mengambil tindakan pencegahan secepatnya.

Apa Itu Kolesterol Tinggi

Tanda Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | ohayo.co.id

Kolesterol adalah senyawa lipid yang seperti lilin. Kolesterol sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh yaitu memproduksi beberapa hormon, sel-sel yang sehat, dan vitamin D.

Akan tetapi, asupan makanan berlemak dan kurangnya olahraga, mengakibatkan terjadi penumpukan kolesterol berlebih di sepanjang dinding pembuluh darah arteri hingga membentuk plak. Jumlah kolesterol yang melebihi batas normal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi.

Apabila kolesterol berlebih tersebut tidak ditangani dan dibiarkan menumpuk begitu saja, pembuluh darah akan tersumbat. Akhirnya dapat mengakibatkan penyakit strok atau serangan jantung.

Apa Tanda Kolesterol Tinggi?

Tanda Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | hellosehat.com

Karena kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan masalah yang serius, Anda sebaiknya harus tanggap terhadap tanda-tanda kolesterol tinggi yang ditunjukkan oleh tubuh.

Berikut tanda-tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda waspadai.

1. Rasa Nyeri yang Muncul di Dada

Apabila Anda sering tiba-tiba merasakan nyeri di dada, jangan remehkan rasa nyeri tersebut karena bisa jadi itu adalah tanda bahwa kadar kolesterol sedang tinggi.

Kolesterol yang berlebih dapat menghambat aliran darah yang menuju ke jantung. Akibatnya, Anda akan merasakan nyeri di dada.

2. Terjadi Pembengkakan atau Mati Rasa Pada Anggota Badan

Pembengkakan atau mati rasa yan terjadi pada anggota tubuh merupakan akibat dari akumulasi lipid yang mengganggu sirkulasi darah.

3. Rasa Sakit di Bagian Tangan dan Kaki

Jika kolesterol sudah menyumbat peredaran darah pada tangan dan kaki, maka Anda akan merasa nyeri dan tidak nyaman pada tangan dan kaki ketika mengangkat beban berat atau bahkan ketika begerak secara santai sekalipun.

4. Sakit Kepala

Aliran darah yang tersumbat dapat mengganggu jalannya oksigen ke seluruh tubuh sehingga Anda akan merasa sakit kepala yang teramat sangat.

5. Sesak Napas

Kolesterol yang menumpuk dapat menyumbat pembuluh arteri yang ada pada paru-paru. Akibatnya, jantung tidak dapat memompa darah dari dan ke paru-paru sehingga Anda akan kekurangan oksigen.

6. Gangguan Pencernaan

Kadar kolesterol jahat yang berlebih dapat mengganggu pencernaan, sehingga Anda akan merasa kembung.

7. Mudah Lelah

Kolesterol yang telah menyumbat pembuluh darah menyebabkan tidak lancarnya aliran darah ke tubuh. Di saat yang sama, tubuh masih harus melakukan metabolisme padahal jantung dan pembuluh darah tidak dapat berfungsi secara maksimal. Akibatnya, Anda akan merasa mudah lelah.

Bagaimana Cara Mencegah Kolesterol Tinggi?

Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | honestdocs.id

Meskipun berbahaya, ada beberapa cara untuk mencegah kolesterol tinggi. Anda bisa memulainya dengan menerapkan pola makan sehat yaitu dengan menghindari makanan cepat saji yang tinggi garam dan lemak jahat, berhenti merokok, berolahraga secara teratur, dan menurunkan berat badan yang berlebih.

Bagaimana Cara Mengobati Kolesterol Tinggi?

Kolesterol Tinggi
Kolesterol Tinggi | doktersehat.com

Kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan obat. Akan tetapi, Ada juga dapat melakukan pengobatan secara alami dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol yang diantaranya sebagai berikut.

  • Buah dan sayur
  • Makanan berserat tinggi
  • Oatmeal
  • Daging tanpa lemak
  • Biji-bijian termasuk kacang-kacangan dan kacang kedelai
  • Minyak zaitun
  • Alpukat
  • Jambu biji
  • Salmon
  • Susu rendah lemak
  • Apel
  • Jeruk

Selalu waspadai 7 tanda kolesterol tinggi seperti yang telah disebutkan di atas. Apabila menemukan beberapa diantaranya terjadi pada diri Anda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat serta berolahraga agar kadar kolesterol tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *