Serba Serbi Penting Seputar Penyakit Jantung

2 min read

Penyakit Jantung – Jantung adalah organ untuk membersihkan darah yang mengandung karbondioksida menjadi kaya oksigen. Darah inilah yang akan beredar ke seluruh tubuh. Penyakit jantung tentunya memberikan efek buruk pada siklus tersebut.

Pengertian Penyakit Jantung

Serba Serbi Seputar Penyakit Jantung

Yaitu segala ketidaknormalan yang dialami oleh jantung. Umumnya diakibatkan oleh tertutup atau mengecilnya pembuluh darah akibat penumpukan lemak, lazimnya disebut aterosklerosis. Maupun oleh sebab lain yang menjadi bawaan lahir seseorang.

Semakin meningkatnya jumlah penderita penyakit jantung mengharuskan setiap orang memiliki pengetahuan tentangnya. Apalagi dikuatkan dengan fakta bahwa usia penderita semakin muda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Serba Serbi Seputar Penyakit Jantung

Ternyata penyakit jantung memiliki berbagai jenis yang masing-masing disebabkan oleh beberapa kelainan pada organ vital tersebut. Berikut jenis-jenis penyakit jantung secara garis besar:

  1. Penyakit Jantung Koroner (PJK), merupakan jenis tersering yang dialami oleh penderita. Jenis ini diakibatkan oleh penyempitan atau penutupan arteri
  2. Aritmia, terjadi karena adanya gangguan dalam irama denyut jantung
  3. Kardiomiopati, adanya kelainan pada otot jantung
  4. Penyakit Katup Jantung, terjadi pada minimal satu katup jantung
  5. Infeksi Jantung, disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, virus dan parasit
  6. Penyakit Jantung Bawaan (PJB), ketidaknormalan yang ada sejak lahir

Gejala Penyakit Jantung

Serba Serbi Seputar Penyakit Jantung

Seringkali penyakit ini disebut sebagai silent killer karena seolah-olah tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Padahal proses kerusakan yang terjadi di jantung terus menerus terjadi. Sayangnya sebagian masyarakat masih sering menyebutnya sebagai angin duduk.

Angin duduk merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Istilah medisnya adalah angina pectoris. Angina merupakan bentuk nyeri yang terjadi akibat berkurangnya suplai oksigen pada otot jantung. Bisa terjadi pada PJK maupun penyakit mikrovaskular koroner lainnya.

Gejala yang dialami oleh pria dan wanita berbeda. Pria lebih sering merasa sakit di dadanya yang dirasakan tembus hingga punggungnya. Sedangkan pada wanita meliputi keluhan lain seperti kelelahan yang berkepanjangan, mual hingga sesak napas.

Tidak ada salahnya jika seseorang yang merasakan nyeri dada untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan lanjutan biasanya akan dilakukan untuk memastikan sakit jantung atau tidak.

Satu atau beberapa gejala ini dapat dijadikan alasan untuk memeriksakan diri:

  1. Nyeri pada dada hingga tembus ke punggung
  2. Sesak napas bahkan pingsan setelah beraktivitas agak berat
  3. Perubahan warna kulit menjadi pucat secara mendadak
  4. Pembengkakan pada daerah perut dan kaki. Hal ini terjadi karena menumpuknya cairan yang tidak dapat dibuang secara normal.
  5. Detak jantung yang dirasa tidak normal, baik terlalu cepat atau lambat.

Pengobatan Penyakit Jantung

Serba Serbi Seputar Penyakit Jantung

Umumnya dokter akan melihat terlebih dahulu jenis penyakit dan tingkat keparahan. Penggunaan obat-obatan pasti diiringi dengan perubahan pola hidup. Pola hidup sangat besar perannya dalam mencegah terjadinya penyakit jantung.

Beberapa pola hidup yang disarankan seperti:

  1. Mengkonsumsi makanan rendah lemak jenuh. Makanan yang disarankan biasanya berpantang lemak maupun mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bisa berasal dari sumber nabati seperti minyak zaitun, alpukat, minyak jagung.
  2. Mengurangi konsumsi garam dan makanan asin lainnya. Makanan asin meningkatkan risiko hipertensi yang berdampak buruk pada jantung.
  3. Memperbanyak aktivitas fisik untuk membakar lemak tubuh
  4. Mengurangi berat badan
  5. Menghindari rokok dan asap rokok
  6. Tidak meminum alkohol

Kelima poin diatas akan membantu suksesnya pengobatan. Obat yang harus diminum oleh penderita biasanya bertujuan untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah timbulnya gumpalan pada pembuluh darah.

Seorang penderita penyakit jantung harus mengonsumsi obat-obatan selama hidupnya. Bahkan tidak jarang pemeriksaan yang terlambat bisa memperparah kondisi penyakit. Hal tersebut diiringi penyakit komplikasi lain yang mengharuskan pengobatan juga.


Mari sayangi diri dan keluarga kita dengan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung. Nikmat berupa kesehatan haruslah diiringi dengan rasa syukur berupa menjaga diri tetap dalam kondisi sehat. Hidup sehat meningkat produktivitas amal dan ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *