Sering Sakit Maag? Ketahui Penyebab dan Cara Penanganannya

1 min read

Sakit Maag – Anda pernah mengalami sakit maag? Hampir semua orang di dunia pernah mengalami sakit tersebut. Penyakit maag, atau asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan gangguan pencernaan. Gangguan ini dapat berakibat pada rasa mual, perih, bahkan diare dan pendarahan saat buang air besar.

Penyebab Sakit Maag Pada Tubuh

Penyakit Maag

Penyebab penyakit maag ada banyak. Pertama, pola makan yang tidak tepat dan membuat lambung harus bekerja tanpa asupan yang cukup. Kedua, terlalu banyak makan makanan pedas atau asam yang dapat melukai lambung.

Dan yang ketiga, stress. Stress dapat membuat kinerja lambung menjadi tak teratur dan akibatnya, lambung dapat terluka. Apalagi, saat stress, manusia cenderung tidak berselera makan, atau bahkan terlalu banyak makan.

Gejala-Gejala Maag

Nah, penyakit maag tidak boleh diabaikan karena luka pada lambung dapat menyebabkan kematian bila tak ditangani dengan tepat. Untuk itu, pahami gejala sakit maag pada tubuh Anda:

1.Mual dan muntah

Sakit Maag

Pada saat kita terkena maag, perut rasanya sangat tidak enak dan makanan seolah mau naik hingga ke tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan kita merasa mual dan berujung pada muntah. Nah, muntah saat maag harus diwaspadai bila perut kita masih dalam keadaan kosong.

2.Nyeri pada lambung bagian atas

Penyakit Maag

Maag terjadi akibat kesalahan pada lambung. Untuk itu, saat kita terkena maag, perut bagian atas hingga ke tengah pun mengalami nyeri yang cukup hebat. Kondisi ini juga merupakan pertanda bahwa lambung terluka bahkan berdarah.

3. Nafsu makan menurun

Penyakit Maag

Orang-orang yang terkena maag cenderung tidak memiliki nafsu makan. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh rasa mual yang hebat dan rasa perih pada lambung. Padahal, obat dari maag salah satunya adalah mengonsumsi makanan-makanan yang halus dan bergizi.

4. Tenggorokan panas

Gejala Sakit Maag

Luka pada lambung juga akan mempengaruhi kondisi tenggorokan. Tenggorokan menjadi panas dan terasa kering. Bila hal ini sudah parah, maka ada kemungkinan Anda juga terkena GERD.

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan kondisi saat asam lambung naik ke bagian ulu hati. Hal ini membuat kondisi badan tidak karuan, nafsu makan turun drastis, dan bisa menyebabkan demam.

Cara Mengobati Penyakit Maag

Selain obat dari dokter, sebetulnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit maag di rumah. Berikut beberapa tipsnya:

1. Kurangi makanan-makanan tertentu

Sakit Maag

Luka dan asam pada lambung dapat disebabkan oleh beberapa makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan juga terlalu mengandung banyak santan. Nah, sesekali mengonsumsi makanan-makanan tersebut tak masalah. Namun, menjadikan makanan-makanan itu sebagai makanan rutin jelas akan meningkatkan asam lambung.

2. Perbanyak serat

Penyakit Maag

Serat akan sangat membantu kerja lambung dalam mengolah makanan dan memudahkan makanan untuk tercerna dengan baik. Untuk itu, setiap hari, pastikan ada serat yang masuk ke dalam tubuh Anda, baik dalam bentuk sayuran maupun buah-buahan.

3. Makan secara teratur

Penyakit Maag

Lambung terus bekerja sepanjang waktu. Tanpa asupan makanan yang cukup, maka lambung pun akan bekerja tanpa adanya makanan yang diolah. Produksi asam pun akan meningkat dan inilah yang akan menyebabkan nyeri pada lambung hingga tenggorokan.

Jadi, penting bagi Anda untuk makan secara teratur. Jangan makan terlalu banyak di waktu yang sama, tetapi makanlah sedikit demi sedikit dengan intensitas yang sering.

4. Kurangi stres

Gejala Sakit Maag

Hormon yang keluar akibat kita stres akan mempengaruhi kinerja berbagai organ tubuh, termasuk lambung. Nah, pada saat stress, lambung akan bekerja lebih keras dan hal itu menyebabkan nyeri. Maka dari itu, kelola emosi Anda. Jangan sampai Anda merasa tertekan dan depresi.


Itulah beberapa gejala dan cara untuk mengobati gejala maag di rumah. Pahami gejalanya dan segera lakukan pengobatan kalau perlu pencegahan sedini mungkin, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *