Resep Masakan untuk Anak yang Praktis dan Mudah Dibuat

2 min read

Resep Masakan untuk Anak – Membuat makanan untuk anak tentu menjadi hal yang susah-susah gampang. Bahkan, terkadang Anda harus memutar otak untuk memodifikasi makanan sehingga sayuran atau buah yang tidak anak sukai namun memiliki kandungan yang penting bisa dimakan oleh anak.

Berikut ini telah kami kumpulkan resep masakan untuk anak yang praktis dan mudah dibuat.

Resep Masakan untuk Anak yang Susah Makan Sayur

Makanan
Resep Masakan Untuk Anak | beritagar.id

Kebanyakan anak-anak tidak menyukai makan buah dan sayur. Mereka cenderung lebih suka memakan junk food atau camilan. Padahal sayur dan buah mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, Anda perlu menyulap sayur menjadi makanan yang disukai oleh anak sehingga mereka senang memakannya. Salah satu resep yang dapat Anda coba adalah kue wortel. Bahan-bahan yang diperlukan adalah

– 2 cup tepung terigu,

– 2 sdt baking soda,

– 2 sdt bubuk kayu manis,

– ½ sdt garam,

– 2 cangkir gula,

– ¾ cup cup mentega cair,

– 3 butir telur,

– 2 sdt vanili,

– 2 cup wortel parut,

– krim lapis, dan

– krim keju.

Langkah-langkah untuk membuat kue wortel dimulai dengan mencampurkan terigu, baking soda, kayu manis, dan garam dalam sebuah wadah. Kemudian, kocok telur, gula, mentega cair, dan vanili hingga halus.

Lalu, masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sampai rata. Setelah itu, tambahkan juga wortel parut ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Tuang adonan dalam cetakan yang beralaskan kertas roti yang telah diolesi dengan mentega dan taburan terigu.

Kemudian, panggang adonan kurang lebih selama 30 menit hingga matang. Terakhir, angkat dan olesi sekeliling kue dengan krim keju.

Resep Makanan Anak Sekolah

Makanan
Resep Masakan Untuk Anak | hellosehat.com

Membuatkan bekal untuk anak yang akan pergi sekolah tentu menjadi pilihan yang tepat bagi orangtua yang tidak ingin anaknya jajan sembarangan di lingkungan sekolah.

Bagi Anda yang ingin menyiapkan bekal praktis yang hanya membutuhkan waktu 5 menit, Anda bisa mencoba membuat nugget wortel keju.

Bahan-bahan untuk membuat nugget wortel keju dapat Anda temukan dengan mudah dalam lemari es Anda. Bahan-bahannya yaitu daging cincang, telur, wortel, dan keju. Tambahkan juga rempah-rempah seperti bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan merica bubuk.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal campur dan aduk semua bahan beserta rempah-rempah jadi satu. Kemudian, bentuk adonan menjadi bola-bola dan kukus selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di kulkas dan langsung menggorengnya keesokan pagi sebagai bekal untuk si kecil.

Makanan Berkuah yang Disukai Anak

Resep Masakan untuk Anak
Resep Masakan Untuk Anak | joss.co.id

Jika anak Anda masih berusia balita (antara 2-3 tahun) tentunya Anda akan cenderung lebih memilih untuk memasak masakan yang praktis karena pada usia balita anak-anak mulai banyak melakukan kegiatan yang kadang membuat kita pusing menghadapinya.

Nah, jika Anda ingin menyiapkan makanan berkuah yang praktis dan disukai anak, Anda dapat mencoba sayur bayam campur wortel. Bahan-bahan untuk membuat sayur bayam campur wortel yaitu wortel, bayam, dan kecap asin atau garam.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Tidak sampai 10 menit. Pertama, parut wortel dan cincang kasar setengah ikat bayam. Kemudian, tumis parutan wortel dengan minyak wijen. Setelah agak lunak, masukkan bayam dan beri sedikit garam atau kecap asin.

Lalu, tambahkan juga sedikit air. Jika Anda ingin teksturnya menjadi agak lunak, Anda bisa memanaskannya sedikit lebih lama. Namun, jangan sampai bayam berubah warna menjadi gelap, ya. Terakhir, angkat dan sajikan.


Dalam membuat makanan untuk anak, tentunya sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan yang memiliki kandungan yang sesuai untuk masa pertumbuhan anak. Oleh karena itu, diperlukan resep masakan untuk anak yang dapat digunakan sebagai referensi agar anak tidak bosan dengan menu makanannya dan nafsu makannya semakin bertambah.