Resep Masakan Sehat dan Bergizi untuk Keluarga

2 min read

Resep Masakan Sehat – Makanan yang Anda sajikan untuk keluarga sebaiknya tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Sehat dalam artian dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi harian.

Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa resep masakan sehat dan lezat yang dapat Anda coba di rumah untuk keluarga tercinta.

Resep Masakan Sehat Tanpa Minyak

Masakan Sehat
Resep Masakan Sehat | Resep Makanan Sehat

Makanan yang diolah secara deep fried atau digoreng dengan direndam dalam minyak panas mengandung kadar kolestrol dan lemak yang tinggi.

Jadi, cobalah memasak makanan yang lebih sehat tanpa menggunakan minyak seperti dengan dikukus, direbus, dipepes, dibacem, disemur, dipanggang, dan lain sebagainya. Nah, salah satu resep yang dapat Anda coba adalah sup tahu isi daging.

Bahan-bahannya adalah tahu putih secukupnya (potong segitaga atau kotak), 500 gram daging cincang halus, 100 gram tepung sagu, 1 butir telur ayam, 1 batang daun bawang (iris halus), 4 siung bawang putih (goreng), 1 sdm bawang goreng, garam, gula, dan merica secukupnya.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan sawi hijau, bawang goreng, daun bawang, seledri iris, dan sambal. Cara membuatnya, yaitu sebagai berikut.

– Sebagai isian daging: uleni daging cincang, tepung sagu, telur ayam, daun bawang, bawang goreng, bawang putih, gula, merica, dan garam hingga tercampur rata.

– Siapkan tahu yang telah dipotong, lubangi tengahnya, isi dengan daging yang sudah diuleni tadi. Kukus selama kurang lebih 30 menit.

– Untuk kuah: masak kaldu sapi, tambahkan gula, garam, dan merica, lalu masak hingga mendidih.

– Siapkan mangkuk saji, susun tahu isi daging, sawi hijau, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Siram dengan kuah yang telah dibuat. Sajikan bersama sambal.

Resep Masakan Sehat dan Bergizi

Masakan Sehat
Resep Masakan Sehat | piah.com

Sayuran merupakan bahan makanan yang sehat dan bergizi. Kandungan gizi pada sayuran bermanfaat untuk memenuhi asupan kebutuhan gizi harian tubuh. Oleh karena itu, sayur termasuk salah satu bahan menu sehat wajib di setiap waktu makan keluarga.

Nah, Anda bisa mencoba resep bokcoy masak ayam untuk sajian makan bersama keluarga. Bahan-bahannya adalah
– 3 sdm minyak goreng,

– ½ buah bawang bombay (iris tipis),

– 3 siung bawang putih (cincang halus),

– 2 cm jahe (iris tipis),

– 200 gram ayam filet (iris tipis),

– 200 gram baby bokcoy,

– 3 sdm maggi saus tiram,

– 2 sdm kecap manis,

– ½ buah paprika merah (potong-potong),

– 100 gram kacang mede goreng,

– 100 ml air,

– garam, dan

– merica bubuk secukupnya.

Resep ini bisa untuk 3 porsi. Cara membuatnya, yaitu:

– Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, bawang bombai serta jahe hingga harum. Kemudian, masukkan ayam dan masak hingga berubah warna.

– Masukkan maggi saus tiram, air, kecap manis, merica bubuk, dan garam. Masak hingga mendidih.

– Masukkan paprika dan baby bokcoy, aduk hingga layu. Beberapa saat sebelum diangkat masukkan kacang mede, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Resep Masakan Sehat untuk Diet

Resep Masakan Sehat
Resep Masakan Sehat | hellosehat.com

Referensi masakan yang dapat Anda coba untuk sarapan di masa diet adalah kentang rebus dan orak-arik telur. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah dua buah kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian, rebus kentang hingga matang.

Untuk orak-arik telur, Anda cukup menyiapkan satu butir telur dan goreng di atas wajan yang sudah diberi sedikit minyak sayur. Orak-arik telur yang sedang digoreng dengan spatula. Lalu, sajikan hangat-hangat bersama kentang.


Resep masakan sehat sangat penting untuk tubuh, pikiran dan jiwa. Kesejahteraan yang lebih baik dan efisiensi yang lebih tinggi dapat dicapai jika seseorang mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan lebih sedikit mengandung lemak serta kalori. Semoga resep ini dapat bermanfaat!