Resep Makanan Diet yang Praktis dan Rendah Kalori

2 min read

Resep Makanan Diet – Ingin diet dan memiliki pola hidup sehat yang tidak menyiksa? Anda bisa melakukannya, lho. Kini, semakin banyak resep makanan diet yang tidak hanya sehat dan bergizi, tetapi juga bisa memuaskan selera makan dan rendah kalori.

Yuk, cek resep-resep di bawah ini! Siapa tahu Anda ingin membuatnya setelah menyimak ulasannya.

Resep Makanan Diet Praktis

Resep Makanan Diet
Resep Makanan Diet | istyle.id

Filet ikan tim dapat menjadi salah satu alternatif Anda untuk resep makanan diet yang praktis. Variasi ikan yang dapat Anda pilih pun beragam. Namun, jenis ikan yang paling cocok diolah dengan cara ditim adalah ikan kakap.
Bahan yang perlu disiapkan pun tidak banyak. Hanya bumbu sederhana seperti irisan jahe, bawang putih, kecap asin, serta cabai untuk menambah cita rasa ikan tim buatan Anda.

Alternatif lain yang dapat Anda pilih yaitu tumis jamur. Jika Anda ingin kenyang tanpa menimbun kalori berlebih, maka tumis jamurlah pilihan yang paling tepat. Jamur kaya akan protein dan serat sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Varian jamur yang akan diolah pun bisa Anda pilih sesuka hati. Anda bisa menggunakan baik jamur tiram maupun jamur maitake untuk ditumis.

Jika Anda termasuk orang yang menyukai makanan berkuah, masaklah sup ayam untuk menu diet. Pastikan Anda menggunakan daging ayam kampung untuk membuat sup, karena kandungan lemaknya lebih rendah. Selain itu, daging ayam kampung juga lebih gurih.

Sebagai bahan tambahan, Anda bisa menambahkan sayuran seperti kentang, buncis, dan wortel ke dalam sup ayam buatan Anda. Kandungan air pada sup ayam akan membuat Anda lebih cepat kenyang.

Resep Diet Kentang

Resep Makanan Diet
Resep Makanan Diet | hellosehat.com

Resep diet kentang cukup efektif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kentang dipilih menjadi salah satu bahan utama dalam diet karena mengandung zat yang efektif untuk menurunkan berat badan selama seminggu.
Beberapa resep praktis untuk mengolah kentang yang dapat Anda coba, yaitu sebagai berikut.

1. Potong kentang menjadi ukuran kecil. Kemudian, panggang dalam oven hingga berwarna coklat keemasan. Selesai. Kentang pun siap disajikan dan dikonsumsi tanpa tambahan bumbu apapun.

2. Panggang empat atau enam kentang berukuran sedang dengan tambahan minyak zaitun dan garam.

3. Rebus 3 buah kentang, kemudian hancurkan dengan sendok makan. Lalu, panggang kentang rebus dengan tambahan jahe dan bawang putih. Jahe dan bawang putih dipilih sebagai bahan tambahan karena mampu mengurangi lemak dalam tubuh Anda.

Resep Masakan Diet Rendah Kalori

Makanan Diet
Resep Makanan Diet | hellosehat.com

Salah satu bahan yang dapat Anda gunakan untuk resep masakan diet rendah kalori adalah bunga kol. Bunga kol ukuran sedang hanya mengandung 150 kalori, 12 gram serat, dan vitamin C. Kandungan tersebut cukup untuk memenuhi 67% kebutuhan yang direkomendasikan per hari.

Anda dapat mencoba mengolahnya menjadi bunga kol siram saus keju. Resep bunga kol siram saus keju ini cukup mudah dibuat dan cocok untuk disajikan sebagai makan siang maupun malam.

Cara mengolahnya sangat praktis dan bahan-bahannya pun hanya bunga kol dan keju. Anda dapat menggunakan berbagai varian keju sebagai saus dalam resep ini.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat bunga kol saus keju adalah mengukus atau memanggang bahan utamanya dengan microwave. Kemudian, siram dengan saus keju.
Jika Anda termasuk orang yang menyukai makanan pedas, tambahkan sedikit bubuk kari ke dalam bunga kol siram saus keju buatan Anda.


Memakan menu makanan yang itu-itu saja tentunya akan membuat diet Anda terasa sangat menyiksa dan membosankan. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba beberapa resep makanan diet di atas agar diet Anda tidak menjadi sesuatu yang terlalu menyiksa lagi.