Resep Makanan Bayi 6, 9, dan 12 Bulan

2 min read

Resep Makanan Bayi – Saat bayi berusia antara 5 hingga 6 bulan, maka Anda bisa mulai memberikan bubur pertamanya. Sebagai bubur pertama, biasanya banyak resep makanan bayi yang menggunakan sayuran, kentang, dan daging sebagai bahan utama.

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Penambah Berat Badan

Resep Makanan Bayi
Resep Makanan Bayi | hellosehat.com

Lebih baik Anda membuat bubur bayi rumahan dengan resep makanan bayi 6 bulan untuk menambah berat badan si kecil, daripada bergantung pada bubur instan atau susu formula.

Salah satu resep makanan yang dapat Anda coba untuk si kecil yang berusia 6 bulan adalah bubur pir dan pepaya. Bahan-bahannya adalah 25 gram pepaya matang, 30 gram pir kulit kuning, dan 30 ml ASI.

Setelah semua bahan siap, cuci bersih buah pir dan pepaya. Kupas kulitnya dan potong kecil-kecil. Kemudian, kukus buah pir hingga terasa empuk. Haluskan pepaya dan pir yang telah dikukus menggunakan blender atau dengan menekannya menggunakan sendok.

Terakhir, tuangkan campuran pir dan pepaya yang telah halus ke dalam mangkuk dan tambahkan ASI. Aduk hingga rata lalu saring untuk meminimalisasi adanya serat.

Cara Membuat Bubur Bayi 9 Bulan

Makanan Bayi
Resep Makanan Bayi | portalgayahidup.com

Saat memasuki usia 6 hingga 9 bulan, bayi sudah mulai bisa diperkenalkan dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Tekstur serta variasi makanan untuk bayi Anda perlu ditingkatkan seiring petambahan usia.

Jadi, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan gizi saja, melainkan juga untuk melatih sistem otot dan sarafnya.

Salah satu resep MPASI 9 bulan yang bisa Anda coba adalah ayam ubi tumbuk. Bayi berusia 9 bulan cenderung menyukai makanan yang manis. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat menu ini adalah ubi yang sudah dikukus dan ayam kampung.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat ayam ubi tumbuk adalah merebus ayam kampung hingga lunak. Lalu, cincang atau giling ayam hingga halus sehingga mudah dikunyah oleh si kecil.

Setelah itu, tambahkan ubi yang sudah dikukus dan haluskan. Ayam ubi tumbuk pun siap diberikan untuk si kecil.

Kebutuhan kalori bayi yang berusia 9 bulan meningkat hingga 300 kkal, sehingga diperlukan resep MPASI 9 bulan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah, bubur daging hati ini adalah salah satu resep yang dapat Anda coba. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah hati ayam kampung, bawang putih, buncis, wortel, daun salam, dan keju.

Langkah pertama untuk membuatnya, yaitu rebus hati ayam kampung bersama daun salam serta bawang putih untuk menghilangkan bau amis, lalu tiriskan. Kemudian, masak nasi dengan air, daun salam, dan bawang putih.
Tambahkan potongan wortel dan buncis, lalu masak hingga air menyusut. Sajikan dalam mangkuk dan tambahkan keju serta hati ayam.

Resep Makanan Bayi 1 Tahun

Makanan Bayi
Resep Makanan Bayi | hellosehat.com

Menu MPASI yang dapat Anda coba untuk bayi 1 tahun adalah sup tahu sayuran. Siapkan semua bahan-bahannya seperti wortel (serut), tahu (potong dadu), daun bawang (iris halus), 1 butir telur ayam, bawang merah (iris tipis), garam, dan air secukupnya.

Setelah itu, tumis bawang dan masukkan ke dalam rebusan air. Kemudian, tambahkan wortel, tahu, garam, dan 1 butir telur (pecahkan). Aduk campuran dan usahakan agar telur tidak terlalu hancur. Terakhir, masukkan daun bawang. Diamkan sebentar di atas api sedang, lalu angkat dan sajikan.

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat makanan bagi si kecil adalah memberikan makanan dengan tekstur atau kehalusan yang sesuai dengan kemampuan bayi untuk mencernanya.


Anda bisa menggunakan referensi resep makanan bayi yang telah dijelaskan di atas untuk membuat makanan bagi bayi Anda sehingga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan tetap terjaga.