Resep Diet Sehat Tanpa Bahayakan Kesehatan

1 min read

Resep Diet Sehat –Ketika para ahli berbicara tentang diet seimbang atau sehat, maka yang mereka maksud adalah diet seimbang dengan asupan cairan yang cukup. Tapi tahukah Anda apa arti itu sebenarnya? Diet sehat memastikan pasokan optimal tiga nutrisi dasar yaitu karbohidrat, lemak, dan protein.

Asupan nutrisi utama ini harus proporsional. Berikut ini beberapa resep diet sehat yang dapat Anda coba di rumah.

Daftar Menu Diet Sehat Seminggu

Resep Diet Sehat
Resep Diet Sehat | hellosehat.com

1. Hari pertama

Makanlah buah-buahan, kecuali pisang. Melon dan semangka memiliki sedikit kalori dan sangat cocok untuk diet ini.

2. Hari ke-2

Makanlah sayuran apapun. Anda bisa makan sayuran yang dimasak, mentah atau segar sampai kenyang. Sayuran hijau lebih baik daripada kacang, kacang polong dan jagung.

3. Hari ke-3

Makanlah buah dan sayuran apapun, selain kentang.

4. Hari ke 4

Makanlah 6 pisang dan minum 6 gelas susu skim. Pisang mengandung karbohidrat yang mengurangi keinginan untuk makan makanan manis.

5. Hari ke 5

Daging sapi dan sayuran. Anda bisa makan 5-10 dag daging tanpa lemak dan 6 tomat. Minumlah setidaknya 8 gelas air.

6. Hari ke 6

Daging sapi dan sayuran. Anda dapat memakannya sampai kenyang, namun tetap jangan mengonsumsi kentang.

7. Hari ke 7

Beras merah, sayuran, dan jus buah tanpa pemanis.

Daftar Menu Diet Sehat dan Murah

Resep Diet Sehat
Resep Diet Sehat | hellosehat.com

Bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk menu diet sehat dan murah, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kembang Kol

Kembang kol dapat menjadi berbagai macam olahan makanan untuk diet sehat seperti salad, omelet, sup, dan lain sebagainya. Selain itu, kembang kol mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan harganya pun cukup murah.

2. Apel

Ada pepatah yang mengatakan bahwa satu buah apel sehari dapat mencegah berbagai macam penyakit. Berdasarkan hasil penelitian, apel dapat menggantikan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

3. Beras merah

Kandungan nutrisi dalam beras merah lebih tinggi daripada yang terkandung dalam beras putih. Jika Anda memiliki rekam medis atau keluarga menderita penyakit diabetes, maka dokter akan sangat menganjurkan Anda untuk mengonsusmi beras merah karena kandungan glukosa dalam beras merah cenderung lebih sehat.

4. Buncis

Sayuran yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan seperti cap cay, sup, dan tumis. Selain itu harganya juga murah dan banyak mengandung vitamin B. Sayuran ini dapat menjadi alternatif menu diet sehat dan murah Anda.

Resep Masakan Diet Rendah Kalori

Diet
Resep Diet Sehat | unknown-gaming.com

Anda dapat mencoba resep “Sup semangka dan tomat dengan yogurt dan kemangi” sebagai menu makanan diet sehat Anda. Makanan ini hanya mengandung 80 kcal.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan (untuk 3 porsi) adalah ¾ Lemon organik, semangka kecil (sekitar 1 kg), 300 g tomat, garam, merica, 3 batang kemangi, dan 3 sdm yogurt (3,5% lemak).

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, cuci lemon dengan air panas dan gosok sampai kering. Setelah itu, potong lemon menjadi dua bagian dan peras menggunakan alat pemeras. Kemudian, potong semangka menjadi dadu-dadu kecil.

Lalu, tempatkan semangka dan tomat yang sudah dikupas dalam wadah. Masukkan perasan lemon ke dalam wadah berisi semangka dan tomat, tambahkan juga garam serta merica secukupnya dan haluskan dengan blender.

Terakhir, simpan dalam kulkas selama 1-2 jam. Sebelum disajikan, tambahkan sup dengan daun kemangi dan 1 sdm yogurt.


Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba beberapa resep diet sehat yang telah dijabarkan di atas sehingga kebutuhan nutrisi harian Anda tetap terpenuhi dan tidak membahayakan bagi kesehatan.