Yuk, Jalani Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Risiko Penyakit Diabetes

2 min read

Penyakit Diabetes – Penyakit kencing manis atau diabetes termasuk jenis penyakit yang paling banyak penderitanya di seluruh dunia, yaitu sekitar 350 juta orang. Karena itu, sangat penting untuk mengenal seluk-beluk penyakit diabetes ini, mulai dari penyebab, pengobatannya, hingga pencegahannya.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Risiko Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit kronis yang memengaruhi kemampuan tubuh menggunakan energi yang berasal dari hasil pencernaan makanan. Penyebab utama kencing manis adalah terganggunya kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa.

Pada kondisi normal, tubuh mampu memecah gula dan karbohidrat dari makanan menjadi glukosa yang merupakan bahan bakar untuk sel. Untuk memasukkan glukosa ke dalam sel, tubuh membutuhkan insulin.

Namun, penderita DM Tipe 1 tidak memiliki insulin, sedangkan pada penderita DM Tipe 2, jumlah insulin tidak mencukupi. Akibatnya, glukosa tidak dapat diserap sel dan menumpuk di dalam darah.

Tingginya kadar gula dalam darah mengakibatkan rusaknya pembuluh darah kecil pada beberapa organ tubuh. Itulah sebabnya, jika tak segera ditangani, diabetes bisa menyebabkan penyakit jantung, gangguan ginjal, kebutaan, dan kerusakan saraf di kaki.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes

Sampai saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes secara total. Namun, Anda bisa menjalani pengobatan untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga komplikasi penyakit lain bisa dicegah. Pengobatan penyakit diabetes dilakukan berdasarkan jenisnya.

a. Pengobatan DM Tipe 1

Biasanya, DM Tipe 1 diderita sejak usia anak-anak karena terkait dengan faktor genetik. Penyakit ini termasuk golongan autoimun karena pankreas diserang oleh antibodi tubuh penderita sendiri sehingga rusak dan tidak mampu memproduksi insulin.

Penyakit DM Tipe 1 juga insulin-dependent diabetes. Artinya, penderitanya sangat tergantung pada insulin. Satu-satunya cara pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menyuntikkan insulin melalui kulit ke dalam jaringan lemak, biasanya lemak perut.

b. Pengobatan DM Tipe 2

Hingga saat ini, DM Tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak ditemukan dan 95% penderitanya adalah orang dewasa. Meskipun lebih ringan dibandingkan tipe 1, penyakit ini perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan gangguan atau kerusakan pada organ lain.

Penyakit DM Tipe 2 ini disebut juga non-insulin-dependent diabetes atau pengobatannya tidak tergantung pada pemberian insulin. Pada tipe ini, pankreas mengalami “kelelahan” sehingga tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.

Anda dapat mengendalikan penyakit ini dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti menjaga berat badan, mengatur pola makan yang sehat, dan rutin berolahraga. Namun, pada kondisi parah, obat antidiabetes terkadang dibutuhkan.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes

Dengan melihat penyebabnya, pencegahan penyakit diabtetes terutama dilakukan untuk DM Tipe 2, khususnya untuk Anda yang memiliki risiko tinggi. Caranya adalah dengan melakukan gaya hidup sehat, meliput:

  • Lebih banyak bergerak, meskipun hanya berjalan-jalan di sekitar rumah sehingga Anda terhindar dari risiko obesitas.
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat agar metabolisme berjalan baik dan zat penting dapat diserap sel dengan lebih cepat.
  • Ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, seperti gandum, sereal, jagung, ubi, dan biji-bijian karena kandungan patinya lebih sulit dicerna menjadi glukosa.
  • Jagalah berat badan ideal dengan menjalankan diet dan berolahraga karena obesitas adalah faktor risiko tertinggi pemicu diabetes.
  • Hindari minuman manis dan bersoda karena memiliki indeks glikemik tinggi sehingga akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Berhenti merokok karena nikotin dalam saluran pernapasan akan diambil oleh darah dan darah yang mengandung nikotin akan merusak sistem insulin pada pankreas.
  • Menghindari minuman beralkohol karena dapat memicu penyakit jantung dan gangguan jantung dapat merusak kemampuan tubuh memproduksi insulin.

Menjalankan pola hidup sehat mungkin memang terasa berat pada awalnya. Namun, Anda akan bersyukur karena memiliki tubuh yang bugar dan sehat. Bukan hanya penyakit diabetes, Anda pun akan terhidari dari berbagai penyakit lain yang berbahaya dan mengancam jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *