Penyebab Perut Kembung Terus dan Cara Tepat Mengatasinya

2 min read

Perut Kembung Terus – Perut kembung biasanya tidak terlalu berbahaya dan mudah diatasi. Namun, jika perut kembung terus menerus, waspadalah karena bisa jadi merupakan gejala penyakit serius. Ada baiknya Anda mengetahui lebih banyak penyebab dan cara mengatasi perut kembung.

Penyebab Perut Sering Kembung dan Begah

Perut Kembung Terus
Perut Kembung | idntimes.com

Pada dasarnya, perut kembung dan begah timbul karena adanya gangguan pada jaringan perut akibat gaya hidup yang tidak sehat. Gangguan yang terjadi bisa disebabkan banyak hal, antara lain seperti berikut ini.

1. Naiknya Asam Lambung

Jika terjadi penumpukan gas dan asam, lambung akan mengalami tekanan berulang yang mendesak dinding lambung sehingga asam lambung naik. Penyebabnya bisa karena konsumsi makanan yang mengandung gas, alkohol, terlalu asam atau pedas, dan teh atau kopi.

2. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah keadaan ketika dinding lambung mengalami luka yang disebabkan dinding lambung tergesek atau tergerus makanan yang terlalu pedas atau minuman beralkohol.

3. Kanker

Kanker yang menyerang sistem pencernaan juga bisa menimbulkan peradangan. Berkembangnya sel kanker bisa menyebabkan perut terasa kembung dan begah serta mengganggu fungsi usus.

4. Gangguan Organ Hati

Terletak di dekat lambung, organ hati juga bisa terganggu fungsinya akibat kebiasaan merokok, dam minum minuman beralkohol, atau mengonsumsi obat tanpa resep dokter.

5. Gagal Jantung

Gagal jantung terbukti memengaruhi kondisi jaringan perut akibat kurangnya pasokan darah. Itulah sebabnya, perut kembung menjadi salah satu gejala awal gagal jantung.

6. Kelainan Pankreas

Pankreas bertugas menghasilkan hormon dan enzim untuk membantu mencerna makanan. Jika pankreas terganggu, proses pencernaan makanan pun ikut terganggu sehingga perut terasa kembung dan begah.

7. Masuk Angin

Hampir semua orang pernah mengalami masuk angin. Masuknya udara yang terlalu banyak melalui rongga mulut lalu ke lambung menyebabkan perut kembung dan begah.

8. Bakteri dalam Usus

Konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi menyebabkan bakteri berkembang di dalam usus dan menyebabkan peradangan, perdarahan, bahkan usus berlubang yang gejalanya diawali dengan perut terasa kembung dan begah.

Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus

Perut Kembung
Perut Kembung | seruni.id

Perut kembung yang terus-menerus dirasakan pasti sangat mengganggu. Jika Anda mengalaminya, cobalah melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

1. Kompres dengan Air Panas

Rendamlah waslap bersih ke dalam air panas, lalu peras. Tempelkan waslap panas tersebut ke perut selama 10–15 menit. Anda juga bisa menggunakan botol plastik yang diisi air panas, balut dengan handuk tipis, lalu tempelkan ke perut.

2. Bergeraklah

Saat perut terasa kembung, cobalah berjalan-jalan selama 10–15 menit. Gerakan ringan ini akan mengendurkan otot-otot usus sehingga usus bergerak lancar dan gas yang terperangkap akan dilepaskan. Cara lainnya, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan dalam 10 hitungan lambat.

3. Minum Teh Herbal

Perut kembung bisa diatasi dengan cara yang enak, yaitu dengan membuat teh herbal, yang terdiri dari campuran jahe dan peppermint.

4. Minum Obat

Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan dan perut masih terasa kembung, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan minum obat yang dijual di apotek.

Obat Dokter untuk Perut Kembung

Perut Kembung
Perut Kembung Terus | prelo.co.id

Saat perut kembung semakin terasa mengganggu meski Anda sudah menjaga pola makan dan mencoba mengatasinya secara alami, berkonsultasi ke dokter adalah langkah terbaik. Berikan informasi yang detail agar dokter bisa mendiagnosis secara tepat penyebabnya.

Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk mengatasi perut kembung, di antaranya:

– Simetikon, yang bekerja dengan memecah gelembung-gelembung gas dan bisa dibeli secara bebas di apotek ;

– Charcoal (arang) aktif; dan

– Suplemen laktase, yaitu enzim yang berguna untuk membantu mencerna makanan dengan laktosa.


Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Perut kembung terutama disebabkan kesalahan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Ubahlah pola makan dan pola hidup Anda menjadi lebih sehat sehingga terhindar dari perut kembung terus menerus.