Cara Mengobati Perut Kembung pada Bayi

1 min read

Perut Kembung Pada Bayi – Perut kembung pada bayi dan anak-anak dapat menyebabkan mereka rewel dan sering menangis. Kondisi ini tentunya membuat mereka dan orang tua merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, simak cara mengobati perut kembung pada bayi dan anak-anak berikut.

Cara Mengobati Perut Kembung pada Bayi

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Bayi | maduhutanmurni.com

Kembung pada bayi dapat disebabkan karena menyusu lewat botol, baru memulai makan makanan padat, sering menangis, atau mengisap empeng. Tanda-tanda kembung pada bayi yaitu kerap bersendawa, rewel, menangis, dan perut keras ketika diraba.

Agar bebas kembung, periksa posisi bayi Anda ketika menyusu. Pastikan posisi kepala lebih tinggi dari perutnya sehingga ASI atau susu masuk ke dasar perut dan udara bergerak ke atas.

Jika Anda menyusukan bayi dengan botol, miringkan ujung botol sedikit agar tidak ada gelembung udara pada puting botol susu.

Sendawakan bayi setelah menyusu dengan menempatkan kepalanya lebih tinggi dari perut sambil mengusap punggungnya. Tunggu hingga bayi bersendawa.

Untuk atasi kembung, pijat perut bayi dengan lembut pada posisi berbaring telentang, gerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda.

Agar pijatan maksimal, lakukan di ruangan yang hangat, biarkan tetap memakai popok, dan gunakan minyak telon yang hangat dan nyaman bagi kulit bayi.

Mengatasi Perut Kembung pada Anak 3 Tahun

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Bayi | falony.com

Pada anak berusia 3 tahun, penanganan kembung sedikit berbeda, karena mereka sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman. Jika anak usia 3 tahun mengalami kembung, lakukan beberapa langkah berikut ini.

• Letakkan bantal pemanas di perutnya, berikan air putih sekitar 20–50ml setiap 10 hingga 15 menit agar tetap terhidrasi.

• Hindarkan anak dari permen karet, minuman bersoda, pemanis buatan, dan minuman mengandung fruktosa yang menyebabkan perut kembung.

• Kurangi asupan jus buah. Pada anak yang kesulitan mencerna sukrosa dan fruktosa, jus buah dapat menyebabkan perutnya kembung.

• Mengurangi makanan yang dapat menyebabkan kembung seperti kubis dan bawang.

• Kunyah makanan dengan perlahan.

• Kurangi asupan makanan berlemak.

• Berikan air putih yang cukup untuk membantu memperlancar pencernaannya.

Obat Perut Kembung pada Anak Usia 2 Tahun

Perut Kembung pada Bayi
Perut Kembung Pada Bayi | siraplimau.com

Anak usia 2 tahun pun kadang mengalami kembung karena beberapa sebab, seperti tidak bisa diam ketika makan, mengonsumsi makanan bergas, dan kurang minum air putih. Anda dapat mengatasi perut kembung anak usia 2 tahun dengan beberapa makanan berikut sebagai obat.

1. Nanas

Nanas mengandung bromealin yang dapat membantu melunakkan makanan dan menjadikan kinerja usus kembali normal. Memberikan beberapa iris nanas kepada anak juga dapat menghindarkan mereka dari sembelit.

2. Jus Lemon

Lemon dapat merangsang produksi asam hydrochloric dalam tubuh sehingga mampu mencerna makanan lebih baik. Segelas jus lemon dapat membantu menghilangkan kembung, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya pada anak.

3. Teh Herbal

Teh herbal memiliki senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, sehingga efektif menyingkirkan sembelit dan perut kembung.

Berikan teh herbal dengan peppermint dan kamomil ketika malam hari, agar esok pagi pencernaannya lebih lancar.

4. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat membantu melawan bakteri jahat dan membunuh kuman penyebab infeksi dalam perut anak.

Demikian informasi tentang cara mengobati perut kembung pada bayi dan anak usia 2 hingga 3 tahun. Sebelum mereka mengalami perut kembung, sebaiknya hindarkan dari kebiasaan makan yang bisa menjadi penyebabnya.