Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak

2 min read

Perut Kembung Pada Anak – Perut kembung tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Bahkan, anak-anak pun juga bisa mengalami perut kembung. Hal ini tentunya akan membuat Anda sebagai orangtua khawatir dan panik jika anak Anda mengalami perut kembung, bukan?

Berikut ini ada beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung pada anak.

Perut Kembung Disertai Demam Pada Anak

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Anak | hellosehat.com

Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 38 derajat celcius. Demam merupakan reaksi dari kekebalan tubuh atau sistem imun seseorang melawan infeksi bakteri, virus, atau parasit yang masuk ke dalam darah.

Sedangkan perut kembung adalah sensasi tidak nyaman di di perut yang terasa seperti sesak, mual, begah, atau bahkan muntah.

Demam merupakan gejala yang biasanya menyertai penyakit. Jadi, demam bukanlah sebuah penyakit. Hal-hal yang dapat menjadi penyebab demam diantaranya adalah kelelahan, infeksi di seluruh tubuh, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Demam serta perut kembung dapat muncul bersamaan karena berbagai sebab seperti gastritis (radang mukosa lambung), demam tifoid, apendisitis (radang usus buntu), kolitis (radang usus besar), tukak lambung, dan infeksi bakteri atau virus lainnya.

Jika hal ini terjadi pada anak Anda kurang dari tiga hari, tanpa disertai keluhan lainnya seperti nyeri perut, gangguan BAB, dan muntah, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir berlebihan dahulu.

Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya seperti membatasi makanan pedas, berlemak, dan mengandung banyak gas (sawi, kol, soda), biarkan anak tidur yang cukup, dan mengompres anak.

Namun, jika keluhan terjadi lebih dari 3 hari dan tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera periksakan anak Anda ke dokter agar memperoleh penanganan yang lebih tepat.

Obat Perut Kembung pada Anak Usia 2 Tahun

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Anak | http://portalgayahidup.com

Jika anak Anda mengalami perut kembung, Anda dapat memberikan yogurt, makanan berserat, labu, jus buah, dan kamomil untuk meredakannya.

Berikanlah yogurt dengan campuran buah-buahan segar seperti smoothie agar anak-anak lebih menggemarinya. Yogurt merupakan makanan yang mengandung probiotik dan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Salah satu penyebab anak Anda mengalami perut kembung bisa jadi karena kurang mengonsumsi makanan berserat. Agar pencernaan anak Anda kembali membaik, ada baiknya Anda menambah asupan makanan berserat bagi anak Anda.

Bagi anak yang berusia antara 1-3 tahun, Anda bisa memberikan sekitar 14 gram serat pada anak untuk memenuhi kebutuhan serat hariannya. Selain itu, Anda juga dapat memberikan labu karena kandungan vitamin A, serat, serta kaliumnya cukup tinggi sehingga pencernaan si kecil akan menjadi lebih baik.

Alternatif lainnya yang dapat juga Anda coba adalah dengan memberikan jus buah karena jus buah mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan sangat disukai oleh anak-anak.

Mengatasi Perut Kembung pada Anak 3 Tahun

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Anak | doktersehat.com

Beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk mengatasi perut kembung pada anak.

– Meletakkan bantal pemanas di perut.
– Memberikan air putih sekitar 29,5 hingga 59 mililiter setiap 15 menit agar anak tidak kekurangan cairan.
– Beri tahu anak agar mengunyah makanan secara perlahan dan tidak terburu-buru.
– Usahakan untuk berjalan selama 15 menit setelah makan.
– Hindari makanan yang mengadung pemanis buatan karena makanan yang mengandung pemanis (sorbitol) atau sejenis gula (fruktosa) dapat menjadi penyebab perut kembung pada anak.

Cara mengatasi perut kembung pada anak tentunya sangat penting untuk Anda ketahui sehingga jika hal tersebut tejadi Anda tidak perlu terlalu khawatir dan panik lagi.


Namun, jika perut kembung disertai gejala lain seperti mual, muntah, dan sakit perut yang parah, ada baiknya Anda segera memeriksakan anak Anda ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat