Tanda dan Cara Ampuh Mengatasi Perut Bayi Kembung

2 min read

Perut Bayi Kembung – Perut bayi kembung sering menjadi masalah dalam beberapa bulan pertama setelah bayi lahir. Perut kembung dapat menyebabkan sakit perut pada bayi, terutama pada tiga bulan pertama.

Di perut bayi, udara atau gas lain menumpuk. Hal ini bisa terjadi jika anak tidak minum dengan benar atau banyak menangis.

Perut Bayi Kembung dan Berbunyi

Bayi Kembung
Perut Bayi Kembung | ibu-hamil.web.id

Perut bayi berbunyi bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit. Salah satunya adalah perut kembung. Hal yang seringkali menyebabkan bayi kembung adalah menelan udara misalnya karena bayi menggunakan empeng dan banyak menangis.

Selain itu juga karena minum terlalu cepat karena aliran ASI yang terlalu deras atau penggunaan dot botol susu yang ukuran lubangnya terlalu besar.

Hal lainnya yang juga seringkali membuat perut bayi menjadi kembung yaitu penggunaan susu formula, jamur pada mulut bayi, dan alergi terhadap susu yang diminum atau ASI (alergi pada minuman atau makanan yang dimakan ibunya).

Bayi yang minum susu formula cenderung lebih sering mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi dan kembung.

Ciri-Ciri Perut Kembung pada Bayi

Perut Bayi Kembung
Perut Bayi Kembung | solusisehatku.com

Orangtua sering bingung dan sulit menentukan kesehatan bayi mereka karena bayi belum bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Seringkali perut kembung pada bayi menyebabkan sendawa atau keluarnya angin. Bayi dengan kram perut memiliki banyak gas di ususnya.

Gejala perut kembung pada bayi diantaranya adalah bayi menjerit dan menangis dengan gelisah selama berjam-jam, terutama setelah menyusui. Biasanya bayi juga melakukan gerakan-gerakan khas dengan kaki kecil mereka.

Pertama-tama mereka mengencangkannya dengan kejang dan kemudian meregangkannya kembali. Gejala lainnya adalah perut bayi terasa kembung.

Perut kembung yang berhubungan dengan penyakit lain dapat menyebabkan penyakit serius yang perlu diselesaikan oleh dokter anak dan dirawat jika diperlukan. Indikasinya adalah jeda tiba-tiba bayi saat diberikan botol atau payudara ibu.

Bayi itu berhenti minum dan menolak untuk minum lagi. Ia menjerit, menggeliat, dan meringis kesakitan.

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi 0 Bulan

Bayi Kembung
Perut Bayi Kembung | glitzmedia.co

Senam bayi dapat dengan mudah mengatasi kram perut yang sering menyertai kembungnya bayi Anda. Anda dapat melakukan hal ini untuk mengatasi perut bayi kembung.

Pertama-tama miringkan kaki bayi Anda dan dorong perlahan kaki yang ditekuk ke arah tubuh bagian atas. Lalu, regangkan kakinya lagi. Anda dapat melakukan gerakan senam bayi ini 10 hingga 15 kali tanpa ragu-ragu.

Senam dapat membantu mengobati kembung pada bayi Anda karena memiliki efek rileks dan merangsang pencernaan. Gas-gas yang mungkin terperangkap dalam saluran pencernaan dan menyebabkan kram perut dapat keluar lebih cepat melalui gerakan sederhana ini.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan pijatan lembut pada bayi. Pijatan memiliki efek menenangkan pada perut bayi Anda. Salep khusus untuk perut kembung, seperti salep angin juga dapat Anda gunakan dalam pijat perut bayi.

Salep mendukung efek detoksifikasi dari pijat perut bayi dan memiliki efek menenangkan pada perut dan saluran usus bayi Anda. Cara memijat perut bayi yaitu pijat di area yang luas dengan satu tangan dalam gerakan melingkar yang lambat di sekitar pusarnya.

Cukup berikan tekanan lembut agar tidak melukai bayi Anda. Gerakannya harus searah jarum jam agar dapat mengikuti jalannya usus besar. Pijatan dapat merangsang pencernaan bayi Anda sehingga gas stagnan dapat larut dan gas dalam perut berkurang.


Anda tidak perlu khawatir dan panik berlebihan jika bayi Anda rewel karena perut bayi kembung. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikannya pijatan lembut dan senam bayi seperti yang telah dijelaskan di atas.