Yuk, Kenali Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi!

1 min read

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi – Pada saat menstruasi, ada banyak kondisi yang terjadi pada tubuh Anda. Salah satunya adalah mengalami perut kembung.

Kembung pada perut ini terjadi beberapa hari sebelum menstruasi hingga hari terakhir periode haid. Kondisi ini membuat badan menjadi terlihat lebih gemuk dan perut terasa begah.

Namun sebetulnya, apa yang menyebabkan perut menjadi kembung menjelang dan saat menstruasi? Apakah kondisi ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya? Lebih baik, kenali apa saja hal-hal penyebab perut kembung saat menstruasi.

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

Kembung pada saat menstruasi disebabkan oleh hal-hL berikut:

1. Pengaruh hormon yang tidak stabil

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

Menjelang dan pada saat menstruasi, hormon estrogen cenderung naik turun dan berubah-ubah.Ketidakseimbangan hormon estrogen ini menyebabkan perubahan suasana hati dan juga penyimpanan air yang berlebih pada tubuh. Jadi, wajar apabila berat badan Anda naik hingga dua sampai empat kilogram. Itu terjadi karena beban air yang ada pada tubuh Anda.

2. Sembelit

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

Akibat pengaruh hormon, pencernaan pun sedikit mengalami gangguan. Hal tersebut membuat Anda merasa mual dan juga membuat kinerja usus dan lambung menjadi tidak maksimal. Pada akhirnya, Anda akan mengalami sembelit. Penumpukkan ampas makanan di perut pun akan membuat perut terlihat buncit.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Penyebab Perut Kembung Saat Haid

Usai menstruasi, ukuran perut pun akan kembali seperti biasanya. Namun, Anda tetap menginginkan penampilan terbaik bukan di setiap waktu, termasuk pada saat menstruasi? Nah, supaya perut tak terlihat semakin kembung, ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pertama-tama, mulailah dengan mengurangi kadar gula dan garam dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Garam dan gula akan membuat tubuh Anda mudah untuk menyimpan air, yang berakibat pada bertambahnya berat badan serta membuncitnya perut.

Yang kedua, hindari makanan berlemak dan berminyak seperti gorengan misalnya. Tidak hanya membuat perut menjadi kembung, makanan tersebut juga akan membuat lemak di tubuh bertumpuk.

Yang ketiga, konsumsilah makanan kaya serat seperti sayuran dan juga buah-buahan. Makanan kaya serat tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga membuat kembung berkurang.

Yang keempat, minum air seduhan lemon hangat. Lemon tidak hanya membuat kembung menjadi berkurang, tetapi juga membuat pencernaan menjadi semakin lancar. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk selalu berolahraga. Olahraga dapat mengurangi kembung pada perut dan tentu saja membakar lemak yang menumpuk di sana.

Tanda Kembung yang Berbahaya

Kondisi kembung memang sebuah hal yang wajar. Penanganannya pun dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun Anda harus waspada apabila perut yang kembung juga diikuti dengan beberapa hal di bawah ini:

1. Rasa nyeri yang parah

Penyebab Perut Kembung Saat Haid

Apabila rasa nyeri pada saat haid membuat Anda tak mampu beraktivitas, bahkan setelah diobati dengan obat generik, maka Anda harus waspada. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit berbahaya seperti kista. Segera periksakan ke dokter kandungan untuk penanganan yang lebih tepat dan profesional.

2. Muntah-muntah

Penyebab Perut Kembung Saat Haid

Ketidakstabilan hormon estrogen memang menyebabkan rasa mual. Namun bila rasa mual sudah tak tertahankan lagi dan berlangsung terus-menerus, bisa supaya Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Perut yang kembung dan keras

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

Perut kembung saat menstruasi biasanya terasa kosong dan tidak keras saat dipegang. Nah, apabila perut Anda yang kembung sangat keras permukaannya, maka Anda harus berhati-hati. Karena, bisa jadi hal tersebut adalah tanda dari pencernaan yang amat bermasalah dan usus yang tidak bekerja dengan baik.


Itulah beberapa ciri, tanda-tanda, dan penyebab perut kembung pada saat menstruasi. Kenali gejala dan cara mengatasinya sehingga menstruasi pun tidak akan mengganggu aktivitas serta penampilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *