Jaga Kesehatan Tubuh dengan Mengetahui Penyebab Penyakit Berbahaya Ini

2 min read

Penyebab Penyakit – Penyakit adalah kondisi tidak normalnya organ tubuh manusia yang menimbulkan rasa sakit dan bisa mengancam jiwa. Untuk mengobati penyakit, terlebih dahulu harus diketahui penyebabnya. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab penyakit berbahaya yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Penyakit Autoimun

Penyebab Penyakit
Penyakit Autoimun | alodokter.com

Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan yang seharusnya melindungi tubuh dari penyakit justru menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh sendiri. Meski belum diketahui penyebabnya, ada lima faktor yang meningkatkan risiko penyakit autoimun.

  1. Faktor genetik: merupakan faktor terbesar, tetapi bukan satu-satunya.
  2. Faktor lingkungan: meliputi paparan zat tertentu (merkuri, asbes, perak, emas) dan pola hidup yang kurang baik, termasuk pola makan yang tidak sehat.
  3. Faktor hormonal: terutama dikaitkan dengan perubahan hormon pada wanita hamil, melahirkan, atau menopause.
  4. Infeksi: beberapa jenis penyakit autoimun sering dikaitkan dengan infeksi karena kebanyakan gejala akan memburuk saat terjadi infeksi.
  5. Faktor gender: wanita lebih rentan menderita penyakit autoimun dibandingkan pria dan biasanya dimulai ketika hamil.
  6. Faktor etnis: beberapa jenis penyakit autoimun lebih sering menyerang etnis tertentu, misalnya lupus sering terjadi pada orang Afrika-Amerika serta Amerika Latin atau DM tipe 1 banyak menyerang orang Eropa.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit
Penyakit Jantung | doktersehat.com

Penyakit jantung bukan hanya serangan jantung, melainkan ada banyak jenis lain yang disebabkan hal berbeda pula, yaitu sebagai berikut.

  1. Penyakit jantung koroner: disebabkan oleh aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat plak.
  2. Serangan jantung: dipicu hipertensi, kolesterol tinggi, gaya hidup tidak sehat, faktor keturunan, jenis kelamin, dan usia.
  3. Aritmia (gangguan irama jantung): disebabkan kelainan jantung saat lahir, alkohol, kafein, rokok, diabetes, obat-obatan, stres, narkoba, hipertensi, kelainan katup jantung, dan penyakit jantung koroner.
  4. Penyakit jantung bawaan: terjadi akibat terganggunya proses perkembangan jantung pada janin terkait faktor riwayat keluarga; konsumsi obat, alkohol, dan narkotika saat hamil; infeksi virus pada trimester pertama; dan diabetes.
  5. Kardiomiopati (gangguan otot jantung): belum diketahui penyebabnya, tetapi diduga berkaitan dengan hipertensi, kerusakan otot jantung akibat serangan jantung, penyakit tiroid, diabetes, hemokromatosis, komplikasi kehamilan, serta konsumsi alkohol dan narkoba.
  6. Infeksi jantung: disebabkan infeksi virus, bakteri, parasit, jamur, atau peradangan pada lapisan dalam, otot, atau membran yang melapisi jantung.
  7. Penyakit katup jantung: disebabkan infeksi, gangguan pada jaringan ikat, atau kelainan jantung sejak lahir.

Penyebab Penyakit Diabetes

Penyakit
Penyakit Diabetes | lagizi.com

Diabetes terjadi ketika ada peningkatan kadar glukosa dalam darah dan urine yang disebabkan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin atau hanya sedikit menghasilkan insulin. Selain penyebab tersebut, ada juga faktor-faktor pemicu diabetes, yaitu:

– Jarang berolahraga sehingga kalori dalam tubuh yang terbakar sangat sedikit;

– Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana;

– Merokok karena merusak hati dan pankreas sehingga mengganggu produksi insulin;

– Istirahat yang kurang karena memengaruhi metabolisme gula;

– Stres; dan

– Faktor keturunan, meski mekanisme penurunannya belum diketahui pasti.

Penyebab Penyakit Liver

Penyakit
Penyebab Penyakit Liver | honestdocs.id

Penyakit lever terjadi ketika organ hati mengalami gangguan sehingga tidak berfungsi seperti seharusnya. Akibatnya, banyak proses metabolisme tubuh yang terganggu. Penyakit lever disebabkan oleh:

  1. Konsumsi alkohol: menyebabkan kematian sel-sel hati sehingga tidak dapat menyaring racun,
  2. Obesitas: penumpukan lemak yang berlebihan memperlambat kinerja hati,
  3. Infeksi parasit dan virus: menyebabkan terjadinya peradangan dan menurunnya fungsi hati (Hepatitis A, B, dan C), serta
  4. Genetika: diturunkan dari salah satu maupun kedua orang tua (hemokromatosis, hiperoksaluria, dan penyakit Wilson).

Penyebab Penyakit Kista

Penyakit
Penyakit Kista | ohayo.co.id

Kista termasuk jenis tumor berupa kantung abnormal berisi cairan atau benda seperti bubur. Ada beberapa penyebab kista, yaitu keturunan, infeksi, kesalahan perkembangan embrio, cacat sel, peradangan yang sangat parah, parasit, dan cedera.


Tidak semua penyakit dapat disembuhkan, beberapa di antaranya hanya bisa dikontrol agar tidak makin parah. Namun, mengetahui penyebab penyakit tetaplah penting agar Anda bisa menghindarinya atau mengambil tindakan tepat jika penyakit sudah terlanjur diderita.