Penyebab Kolesterol Naik Ternyata Bukan Cuma Makanan?

1 min read

Penyebab Kolesterol – Banyak orang yang menghindari makanan penyebab kolesterol karena takut terkena penyakit. Wajar saja, sejak dulu kolesterol memang selalu dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Padahal kolesterol adalah zat yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Mengapa kolesterol sering kali dianggap buruk dan penyebab berbagai penyakit berbahaya? Sebelum membahas lebih dalam, pahami dulu bahwa kolesterol terbagi menjadi 2 macam, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL).

LDL sering disebut kolesterol jahat, karena bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung dan strok. Sebaliknya, HDL adalah kolesterol baik yang justru dibutuhkan oleh tubuh dan bisa meningkatkan kesehatan.

Jadi sudah jelas, kan? Kolesterol tidak selamanya buruk. Selama berada dalam kadar normal dan tidak berlebihan, tubuh Anda akan tetap sehat.

Makanan dan Makanan Penyebab Kolesterol

Makanan adalah mayoritas penyebab kolesterol naik yang utama. Meskipun tidak semua makanan penyebab tinggi kolesterol memiliki kandungan gizi yang buruk dan harus dihindari. Bila takut kolesterol Anda naik, sebaiknya batasi konsumsi makanan berikut ini:

• Daging

Penyebab Kolesterol

Daging merah dari sapi atau kambing diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Begitu juga dengan daging ayam maupun jenis unggas lainnya. Lemak jenuh bisa meningkatkan kadar LDL, jadi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

• Susu dan keju

Penyebab Kolesterol Naik Turun

Susu dan produk turunannya juga memiliki kandungan lemak jenuh yang bisa membuat LDL naik. Boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan dan diimbangi dengan makanan yang sehat.

• Minyak goreng

Penyebab Kolesterol Naik Turun

Lemak jenuh ditemukan pula di produk minyak, terutama yang sudah pernah digunakan untuk menggoreng. Karena itulah makanan-makanan yang digoreng sebaiknya dihindari agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh tidak naik.

• Fast food

Penyebab Kolesterol Naik Turun

Makanan cepat saji seperti kentang goreng dan burger mengandung lemak trans yang sangat jahat untuk kesehatan, bahkan bisa lebih buruk dari lemak jenuh. Lemak trans tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat, tapi juga menurunkan HDL di dalam tubuh.

• Makanan ringan

Penyebab Kolesterol

Keripik, biskuit, dan kue adalah contoh makanan yang menyebabkan kolesterol naik. Pasalnya makanan-makanan seperti ini juga memiliki kandingan lemak trans yang cukup tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

Ada banyak hal yang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Selain dari asupan makanan, kolesterol juga bisa naik karena faktor berikut:

• Kebiasaan buruk

Penyebab Kolesterol

Yang dimaksud kebiasaan buruk di sini mencakup merokok dan juga sering meminum alkohol. Keduanya berpotensi menimbulkan zat racun dalam tubuh yang bisa meningkatkan kadar LDL.

• Jarang beraktivitas/olahraga

Penyebab Kolesterol Naik Turun

Orang yang sering bergerak atau rajin olahraga diketahui memiliki kadar HDL yang cukup tinggi dan LDL yang rendah. Sebaliknya, jarang beraktivitas justru berpotensi meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

• Obesitas

Penyebab Kolesterol Naik Turun

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih biasanya memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Itulah kenapa obesitas selalu dikaitkan dengan berbagai macam penyakit.

• Usia

Penyebab Kolesterol

Semakin tua, metabolisme tubuh seseorang akan menurun, hal ini juga bisa mempengaruhi peningkatan kadar LDL di dalam darah.

Pencegahan Kolesterol

Penyebab Kolesterol

Satu-satunya cara untuk mencegah kolesterol naik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat meliputi hal-hal berikut ini:

• Pola makan teratur
• Asupan gizi seimbang
• Perbanyak makan sayur dan buah
• Rutin olahraga, minimal 30 menit/hari
• Minum air putih paling sedikit 2 liter setiap hari
• Tinggalkan kebiasaan buruk (merokok, minum alkohol, begadang, dll)


Dari penjelasan di atas, Anda tentu sudah paham tentang penyebab kolesterol serta makanan-makanan yang harus dihindari. Lakukan juga pencegahan dengan hidup sehat agar selalu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *