Penyebab Kanker Serviks, Pencegahan, dan Pengobatan

2 min read

Penyebab Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi akibat pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak normal dan tidak dapat dikendalikan. Penyebab kanker serviks ada berbagai macam dan sebagai perempuan, Anda harus memahaminya supaya kanker dapat ditangani sejak dini dan tidak berkembang ke stadium yang lebih tinggi.

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Kanker Serviks
Kanker Serviks | komunita.id

Berikut beberapa faktor yang sering membuat seorang wanita mengalami kanker leher rahim:

1. Infeksi dari hubungan seksual

Kanker serviks timbul dari HPV (Human Papilloma Virus). Nah, hubungan intim yang tidak sehat dan bersih dapat mempermudah penularan HPV. Untuk itu, sebaiknya lakukan hubungan seksual hanya dengan pasangan resmi Anda.

2. Kurangnya kebersihan organ intim

Organ intim yang kurang bersih dapat menyebabkan bakteri dan jamur mudah tumbuh subur, dan hal ini mendukung pertumbuhan HPV. Untuk itu, rajinlah membasuh organ intim, berganti celana dalam, dan hindari celana ketat.

3. Keturunan

Apabila ibu atau nenek Anda terkena kanker serviks, risiko Anda untuk terkena kanker serviks semakin besar. Jadi, bila ada riwayat kanker serviks pada keluarga, rajinlah untuk melakukan kontrol ke obgyn.

Tanda-Tanda Kanker Serviks

Kanker Serviks
Kanker Serviks | brilio.net

Sampai tumor terbentuk pada leher rahim, gejala kanker serviks sebetulnya tidak akan terlihat. Nah, setelah tumor terbentuk, akan ada beberapa gejala ini pada diri Anda:

1.Pendarahan tak wajar

Kondisi ini ditandai dengan keluarnya darah di luar siklus menstruasi, setelah berhubungan seksual, atau setelah buang air kecil.

2. Nyeri panggul

Akibat tumor yang tumbuh pada leher rahim, panggul pun akibatnya terasa nyeri. Nah, nyeri ini bisa terjadi sepanjang waktu, atau pada saat-saat tertentu misalnya usai hubungan seksual atau usai buang air kecil.

3. Berat badan menurun

Tumor yang tumbuh pada leher rahim juga membuat nafsu makan menjadi berkurang. Akibatnya, berat badan pun menurun drastis, layaknya kanker-kanker lain.

4. Cairan dari organ intim

Apabila cairan dari organ intim berwarna putih bening, tidak berbau, dan hanya keluar pada saat-saat tertentu, maka hal tersebut masih bisa dianggap wajar. Namun apabila cairan berwarna kehijauan dan berbau tidak sedap, maka bisa saja itu tanda adanya tumor pada leher rahim

Pengobatan Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks
Kanker Serviks | http://mediaindonesia.com

Setelah pemeriksaan kanker serviks, ada beberapa tindakan yang akan dilakukan oleh dokter apabila terbukti bahwa Anda terjangkit kanker serviks. Tindakan-tindakan tersebut adalah sebagai berikut:

1.Operasi

Ada dua jenis operasi dalam mengatasi kanker serviks. Yang pertama adalah radical trachelectomy. Jaringan yang ada pada vagina bagian atas diangkat. Nah, operasi ini tidak mempengaruhi posisi rahim sehingga masih ada kemungkinan bagi Anda untuk memiliki anak.

Selain itu ada pula histerektomi dan juga pelvic exenteration. Kedua operasi ini mengharuskan rahim diangkat sehingga kemungkinan Anda untuk memiliki anak sudah tidak ada.

2. Radioterapi dan kemoterapi

Kedua terapi ini dilakukan apabila kanker serviks masih dalam tahap awal. Keduanya juga dapat digabungkan dengan metode operasi supaya kanker benar-benar hilang dari tubuh Anda.

Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

Menurut sebuah pepatah bijak, lebih baik mencegah bukan daripada mengobati? Nah, inilah beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan sejak awal:

1. Pap smear

Pap smear dapat dilakukan untuk mengetahui hal yang janggal pada leher rahim seperti keberadaan HPV atau tumor. Lakukan pap smear sedini mungkin terutama bila Anda sudah menikah/pernah berhubungan seksual.

2. Vaksin HPV

Bila Anda aktif secara seksual dan juga telah berusia di atas 25 tahun, maka Anda harus melakukan vaksin HPV. Hal ini penting supaya virus tidak berkembang di leher rahim Anda.

Kenali penyebab kanker serviks sejak dini, dan lakukan pengobatan secepat mungkin. Jangan sampai kanker berkembang dan tak dapat ditangani lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *