Waspada Terhadap Penyakit Sipilis dengan Kenali Gejalanya

2 min read

Penyakit Sipilis – Penyakit sipilis tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun manifestasinya ringan namun dampak jangka panjang yang menghantui cukup mengerikan. Beberapa tanda awal penyakit ini justru tersamar dengan gejala penyakit pada umumnya.

Penularan Sipilis

Penyakit Sipilis
Penyakit Sipilis | hellosehat.com

Sipilis yang merupakan penyakit akibat invasi bakteri Treponema pallidum ini mengintai para pelaku seks bebas. Penyakit ini menular lewat kontak seksual. Baik melalui alat kelamin, anus bagi para gay dan mulut bagi pelaku oral seks.

Gejala Sipilis Ringan dan Berat

Masa perkembangannya terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama hanya berupa luka yang bisa hilang dengan sendirinya di area seksual. Tahap kedua berupa ruam kulit dan penurunan kondisi tubuh. Tahap tiga kerusakan organ vital seperti otak dan jantung hingga kematian.

Ruam pada sipilis sulit dibedakan dengan gatal pada umumnya. Ruam berupa benjolan kemerahan kecil dan bersisik di sekitar telapak tangan dan kaki merupakan infeksi sekunder. Hal ini terjadi jika pada tahap pertama penderita tidak segera mengobati penyakitnya.

Ruam bisa terjadi di alat kelamin maupun bagian tubuh lain yang digunakan dalam aktivitas seksual. Pada tahap ini bakteri mulai menyerang sistem pertahanan tubuh sehingga penderita sering kali mengalami demam, sakit kepala, nyeri persendian hingga kelelahan berkepanjangan.

Akibat Penyakit Sipilis

Dampak sipilis cukup berat. Bakteri sipilis menyerang organ penting hingga berdampak pada kematian. Ketidaknyamanan yang timbul sesaat setelah terinfeksi hanya sebagian kecil dari dampaknya. Sakit saat berkemih atau saat berhubungan menjadi salah satu contohnya.

Gejala sipilis yang dibiarkan hingga seolah-olah sembuh justru dapat menularkan ke orang lain. Pada hakikatnya bakteri masih berkembang biak dalam tubuh penderita. Pada tahap ketiga, penderita baru nampak memiliki penyakit menular karena badan yang sangat kurus.

Tidak hanya itu, bakteri yang menyerang berbagai organ akan menyiksa penderita secara perlahan-lahan. Mulai dari kelumpuhan anggota badan, gagalnya fungsi organ yang menyebabkan perawatan rumit, dijauhi saudara hingga mencapai kematian sebagai akhirnya.

Obat Penyakit Sipilis

Penyakit Sipilis
Penyakit Sipilis | medium.com

Beberapa orang akan menawarkan obat-obatan herbal dalam menangani kasus sipilis. Jika obat ini tanpa bukti yang kuat dan hanya berdasarkan testimoni, sebaiknya Anda tinggalkan. Periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih terjamin.

Untuk memutus rantai penularan bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik kepada penderita. Dalam tahap satu pengobatan hanya dalam waktu pendek. Namun jika penyakit telah sampai pada tahap selanjutnya, pemberian antibiotik dalam jangka panjang menjadi pilihannya.

Penderita akan benar-benar terbebas dari kewajiban mengkonsumsi antibiotik jika telah terbukti di dalam tubuhnya tidak terdapat bakteri sipilis lagi. Biasanya setelah pengobatan dalam jangka waktu tertentu penderita akan diminta untuk cek darah.

Pencegahan Sipilis

Penyakit Sipilis
Penyakit Sipilis | medium.com

Dampak yang mengerikan dari penyakit ini tentunya sudah cukup membuat setiap orang untuk menghindari penyebabnya. Melakukan hubungan seksual yang tidak aman dengan berganti-ganti pasangan menjadi media penularan tercepat.

Memang benar adanya jika terdapat larangan dalam suatu perbuatan pastilah ada mudarat bagi manusia itu sendiri. Dewasa ini angka kejadian sipilis menurun pada perempuan. Namun meningkat di kalangan laki-laki karena mulai marak kembali kasus penyuka sesama pria.

Hal-hal berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah semakin berkembangnya sipilis:

1. Hanya berhubungan intim dengan pasangan yang sah

Bergonta-ganti pasangan menimbulkan dampak yang negatif. Setia dengan satu pasangan sah adalah jalan terbaik.

2. Tidak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang

Alkohol dan narkotika mampu membuat peminumnya kehilangan akal. Dengan tiadanya kontrol terhadap pikiran, maka hal-hal terlarang mudah saja untuk dilakukan. Termasuk juga seks bebas.

3. Mencari komunitas yang baik

Komunitas yang selalu mengingatkan akan kebaikan diri sendiri patutlah untuk dipilih. Jauhi komunitas yang mendorong seseorang berperilaku diluar aturan. Dengan komunitas yang saling menjaga, hal-hal terlarang akan lebih mudah ditinggalkan.


Deteksi gejala sejak dini diharapkan mampu mengobati penyakit sipilis ini lebih cepat. Selain itu penularan juga mampu dihambat. Jika merasa terinfeksi penyakit ini, segeralah ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *