Penyakit Maag Bisa Menurunkan Produktivitas Kerja Anda?

2 min read

Penyakit Maag – Seorang profesional dituntut mampu mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini mengharuskan stamina dalam kondisi prima. Penyakit maag menyebabkan banyak pekerjaan tertunda. Oleh karena itu sangat penting mengenal sakit lambung ini agar segera sehat kembali.

Penyebab Penyakit Maag

Penyakit Maag
Penyakit Maag | tirto.id

Penyakit yang menyerang lambung ini menimbulkan rasa panas atau nyeri. Ketidaknyamanan lain seperti mual, muntah hingga pusing terkadang juga mengikuti sakit maag ini. Bakteri, sensitivitas lambung dan gaya hidup menjadi penyebabnya.

1. Bakteri Helicobacter pylori

Mampu menyebabkan sakit maag ketika masuk lambung. Jika terbukti, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengusir bakteri ini. Bakteri ini masuk lewat mulut baik dengan perantara ludah penderita atau makanan yang terkontaminasi.

2. Sensitivitas lambung

Muncul karena kondisi stres yang dialami seseorang. Asam lambung seharusnya berfungsi sebagai penyaring bakteri dengan kadar asamnya yang tinggi. Namun ketika asam lambung disekresikan terlalu banyak justru melukai dinding lambung itu sendiri.

Dinding lambung yang terkikis biasa disebut dengan tukak lambung merupakan kelanjutan dari penyakit maag. Kebiasaan mengosongkan perut secara tidak teratur, telat makan misalnya akan menimbulkan rasa perih yang berasal dari asam lambung.

Berbeda lagi jika dalam kondisi puasa, jadwal sahur dan berbuka serta durasi yang cenderung tetap justru membantu meringankan beberapa kasus maag. Karena perut juga perlu dikosongkan sementara waktu.

3. Gaya hidup

Paling sering menimbulkan keluhan di lambung adalah hobi mengkonsumsi makanan pedas, berminyak atau yang memiliki bumbu yang kuat. Konsumsi alkohol dan rokok disinyalir juga dapat menyebabkan penyakit maag.

Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyakit Maag
Penyakit Maag | doktersehat.com

Setiap orang pasti berharap akan segera kembali bekerja setelah sakit. Meskipun penyakit maag secara umum tidak menyebabkan keluhan yang berat. Namun konsentrasi ketika bekerja bisa saja menurun. Anda bisa menerapkan langkah ini saat terserang sakit maag:

1. Mengonsumsi buah pisang

Buah yang juga mengandung kalium ini dipercaya mampu melapisi dinding lambung sehingga relatif aman dari asam lambung. Kandungan energinya yang tinggi juga bisa dijadikan sebagai pilihan sarapan ketika Anda terburu-buru berangkat kerja.

2. Meminum minyak zaitun

Meskipun lebih mahal dari minyak kelapa, zaitun memiliki kemampuan untuk mengurangi keluhan di area lambung. Anda cukup meminumnya beberapa saat sebelum mengkonsumsi makanan sebanyak 2 sendok teh.

3. Meminum obat pereda gejala maag

Obat-obatan yang paling banyak beredar di pasaran adalah obat jenis ini. Biasanya berasal dari golongan antasida. Berbagai merk mengklaim mampu meredakan gejala sakit maag dengan jika dikonsumsi sebelum makan atau sebelum tidur.

4. Berkonsultasi dengan dokter

Jika keluhan yang Anda alami tetap tidak berkurang setelah mencoba langkah-langkah diatas. Tidak ada salahnya Anda ke dokter untuk memastikan kondisi lambung Anda. Beberapa gejala yang menyerupai sakit maag bisa saja merupakan tanda penyakit lain.

Dokter akan memberikan kombinasi antibiotik dan obat golongan penghambat pompa proton jika Anda dicurigai terinfeksi bakteri. Jangan lupa untuk menghabiskan obat yang mengandung antibiotik agar tidak terjadi resistensi.

Makanan untuk Penyakit Maag

Maag
Penyakit Maag | nulis.co.id

Jika Anda termasuk orang yang sering terserang penyakit maag. Pastikan penyebabnya terlebih dahulu. Pencegahan untuk masing-masing sebab berbeda-beda. Sehingga lain waktu Anda akan dapat menghindari ketidaknyamanannya.

Mengurangi hidangan berbumbu kuat dan cenderung pedas lebih baik Anda lakukan. Apalagi jika memang lambung Anda sensitif terhadap makanan tersebut. Makanlah secara teratur dan dalam porsi sedikit. Hindari makan banyak dalam jarak yang panjang dari makan sebelumnya.


Jangan biarkan lambung Anda kosong dalam waktu lama. Selalu sedia tablet pengusir maag di tas Anda. Semoga Anda dapat dengan cepat mengatasi penyakit maag yang mungkin tiba-tiba menyerang. Sakit maag pergi pekerjaan lancar lagi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *