Penyebab, Gejala, dan Obat Alami Penyakit Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Penyakit Darah Tinggi – Hipertensi atau yang biasa disebut penyakit darah tinggi adalah penyakit yang umum. Dalam jangka panjang, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah. Dengan demikian, hal ini dapat menyebabkan perkembangan penyakit sekunder seperti serangan jantung dan stroke.

Di sini Anda dapat membaca segala sesuatu yang penting menganai penyebab, gejala, dan obat alami hipertensi!

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Penyakit Darah Tinggi
Darah Tinggi | hellosehat.com

Dokter membedakan hipertensi menjadi dua bentuk berdasarkan penyebabnya. Pertama adalah hipertensi primer. Penyebab hipertensi primer yang sebenarnya belum diketahui.

Namun, beberapa faktor diketahui mendukung pengembangan tekanan darah tinggi ini seperti kecenderungan keluarga terhadap tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan (indeks massa tubuh = BMI> 25).

Selain itu, kurang olahraga, konsumsi garam dan alkohol yang tinggi, asupan kalium rendah, rokok, usia yang lebih tua (pria ≥ 55 tahun, wanita ≥ 65 tahun), juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit darah tinggi.

Yang kedua adalah hipertensi sekunder. Pada hipertensi sekunder, penyebab tekanan darah tinggi ditemukan pada kondisi lain. Hal ini biasanya berhubungan dengan penyakit ginjal, gangguan metabolisme (misalnya sindrom Cushing), atau penyakit pembuluh darah.

Dengan demikian, penyempitan arteri renal (stenosis arteri renal) serta masalah ginjal kronis (misalnya Glomerulonefritis kronis, ginjal kistik) dapat menjadi penyebab hipertensi.

Hal yang sama berlaku untuk penyempitan bawaan dari arteri utama (aortic isthmus stenosis). Pemicu lain dari hipertensi sekunder adalah sindrom apnea tidur. Ini adalah gangguan pernapasan saat tidur.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Penyakit Darah Tinggi
Darah Tinggi | hellosehat.com

Sakit kepala adalah gejala khas dari tekanan darah tinggi. Terutama di bagian belakang kepala dan dalam periode tak lama setelah bangun tidur. Hal ini adalah konsekuensi dari hipertensi malam hari, biasanya tekanan darah turun saat tidur.

Selain itu, orang-orang yang juga menderita apnea tidur, biasanya sering merasa keesokan harinya tidak masuk akal dan “salah”. Wajah yang sedikit memerah, terkadang dengan vena merah yang terlihat (couperose). Hal ini juga merupakan salah satu gejala tekanan darah tinggi.

Kegugupan dan sesak napas juga sering diekspresikan sebagai gejala tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang terjadi dalam jangka panjang dapat merusak organ lain dalam tubuh. Penderita hipertensi memiliki tanda-tanda peringatan lebih lanjut yang berasal dari organ-organ ini, misalnya:

– ketat dada dan sakit jantung (angina pectoris) pada penyakit jantung koroner (PJK),
– penurunan kinerja dan retensi air (edema) pada gagal jantung (gagal jantung),
– nyeri di kaki pada penyakit arteri perifer (PAD), dan
– penurunan ketajaman visual dan defek lapang pandang pada retinopati hipertensi.

Kadang-kadang hipertensi pertama kali didiagnosis dengan serangan jantung, stroke atau komplikasi serius lainnya. Karena itu, sangat penting untuk tidak mengabaikan gejala tekanan darah tinggi dan melakukan pemeriksaan rutin. Hal ini dapat mencegah kerusakan konsekuensial yang serius.

Obat Darah Tinggi Alami yang Ampuh

Darah Tinggi
Darah Tinggi | hellosehat.com

Beberapa bahan alami yang dapat menghasilkan efek baik untuk tekanan darah tinggi Anda dan dapat Anda temukan dengan mudah di rumah misalnya bawang putih dan kayu manis.

Menurut beberapa studi, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Sedangkan kayu manis telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes jika dikonsumsi setiap hari.

Selain itu ada juga hawthorn yang sering digunakan dalam obat tradisional Tiongkok sebagai obat herbal untuk tekanan darah tinggi.

Hawthorn memiliki banyak manfaat pada kesehatan jantung serta pembuluh darah seperti menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah dan lain sebagainya.


Hal yang perlu diperhatikan oleh orang yang memiliki penyakit darah tinggi adalah masalah khusus jantung pada hipertensi seperti apa yang perlu Anda ketahui tentang efek samping dari obat tekanan darah atau bagaimana cara menurunkan tekanan darah.