Awas, Penyakit Asam Lambung Bisa Berbahaya Jika Dibiarkan Terlalu Lama!

2 min read

Penyakit Asam Lambung –Asam lambung sangat penting dalam proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dan membunuh bakteri. Namun, produksi asam lambung berlebihan bisa menyebabkan penyakit asam lambung yang jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya penyakit lain yang berbahaya.

Bahaya Asam Lambung

Asam lambung merupakan campuran antara air, pepsin, asam klorida, lendir, elektrolit, dan zat organik. Kandungan asam klorida membuat cairan lambung bersifat sangat asam yang jika mengikis dinding lambung dapat menimbulkan beberapa penyakit berikut ini.

a. Heartburn

Penyakit Asam Lambung

Heartburn atau nyeri ulu hati disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga kerongkongan terasa perih. Heartburn ringan bisa diatasi dengan obat, tetapi jika terlalu sering, diperlukan perawatan lebih lanjut.

b. Kerusakan Gigi

Penyakit Maag

Berhati-hatilah jika asam lambung naik ke esofagus dan mulut. Kondisi ini dapat menyebabkan enamel gigi terkikis sehingga gigi pun rusak.

c. Sesak Napas

Penyakit Asam Lambung

Naiknya asam lambung juga bisa berbahaya bagi para penderita asma dan pneumonia. Jika tidak sengaja tersedot saat bernapas, penderita akan mengalami sesak napas.

d. Gangguan Kerongkongan

Penyakit Asam Lambung

Gangguan kerongkongan yang bisa terjadi di antaranya peradangan dan luka kerongkongan, esofagitis (iritasi lapisan esophagus) dan striktur esofagus (penyempitan kerongkongan).

e. GERD

Penyakit Asam Lambung

Asam lambung yang kembali naik dan mengiritasi lapisan kerongkongan akan menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala GERD diawali dengan heartburn lebih dari dua kali seminggu dan terjadi iritasi di kerongkongan.

f. Esofagus Barrett

Penyakit Asam Lambung

Penyakit ini merupakan komplikasi serius akibat penyakit GERD yang tidak diatasi selama bertahun-tahun. Esofagus barrett sangat berbahaya karena dapat memicu kanker.

g. Kanker Kerongkongan

Penyakit Maag

Asam lambung juga bisa menyebabkan penyakit yang sangat serius, yaitu kanker kerongkongan. Gejala kanker kerongkongan adalah sulit menelan, nyeri dada, dan penurunan berat badan.

Obat Asam Lambung Alami Tradisional

Obat-obatan kimia biasanya diperlukan untuk mengatasi penyakit asam lambung secara cepat. Namun, untuk mengurangi gejala, ada baiknya Anda mencoba pengobatan secara alami dengan bahan herbal berikut ini.

1. Jahe

Penyakit Maag

Jahe mampu melindungi lambung dari bakteri Helocobacter pylori yang mudah tumbuh dalam kondisi asam. Masukkan 2-3 potong jahe segar ke dalam secangkir air panasm biarkan 30 menit, lalu minumlah 20 menit sebelum makan.

2. Teh Chamomile

Penyakit Maag

Saat mengalami peradangan perut, minumlah secangkir teh chamomile sebelum tidur. Teh ini akan membantu menenangkan saluran pencernaan sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak.

3. Licorice

Penyakit Maag

Licorice atau akar manis ampuh untuk mengobati gangguan asam lambung. Licorice bekerja dengan meningkatkan lapisan mukosa pada lapisan esofagus sehingga mengurangi efek iritasi.

4. Lidah Buaya

Penyakit Maag

Minum setengah cangkir jus lidah buaya dipercaya mampu mengurangi peradangan dan meredakan gejala refluks asam lambung.

5. Bahan Herbal Lainnya

Penyakit Maag

Selain keempat bahan di atas, ada beberapa bahan alami lain yang memiliki kemampuan untuk mengatasi gangguan akibat asam lambung, yaitu jinten, peppermint, angelica, dan celandine.

Untuk menggunakan obat herbal, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter. Belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa obat herbal aman dan efektif untuk dikonsumsi.

Pantangan Asam Lambung

Penyakit Maag

Mengingat efeknya yang sangat mengganggu atau bahkan berbahaya, Anda yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya menghindari makanan dan minuman tertentu. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang menjadi pantangan para penderita asam lambung.

  • Makanan pedas: cabai, saus sambal, dan makanan yang mengandung lada berlebihan.
  • Makanan asam: saus tomat, acar, asinan, cuka, buah berasa asam.
  • Buah tertentu: kedondong, mangga muda, nanas, belimbing.
  • Kue-kue yang mengandung: keju, cokelat, dan krim yang banyak.
  • Makanan yang beralkohol: tape singkong, tape ketan, manisan buah dan sayur.
  • Minuman: kopi, minuman bersoda dan beralkohol, minuman kemasan, dan minuman energi.

Selain menghindar makanan yang menyebabkan asam lambung naik, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menghindari penyakit asam lambung. Hindarilah stres, lakukan olahraga secara teratur, dan jangan tidur terlentang setelah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *