Pengobatan Ambeien yang Ampuh dan Mujarab

2 min read

Pengobatan Ambeien – Ambeien adalah suatu kondisi dimana terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada anus atau rektum. Dalam dunia medis ambeien dikenal sebagai haemorrhoid. Buang air besar berdarah disertai gatal dan nyeri pada bagian anus adalah gejala umum ambeien yang sering terjadi.

Jika Anda saat ini sedang menderita ambeien, berikut beberapa cara pengobatan ambeien yang dapat Anda lakukan.

Obat Ambeien Luar

Pengobatan Ambeien
Ambeien | https://hellosehat.com/penyakit/wasir-ambeien/

Gejala umum ambeien luar yang sering terjadi adalah rasa nyeri dan gatal di daerah sekitar anus, serta timbulnya benjolan di daerah anus. Cara penanganan ambeien luar yang dapat Anda lakukan yaitu mengonsumsi banyak makanan berserat dan cairan.

Hal ini dapat membantu agar tinja menjadi lebih lunak sehingga dapat mengurangi tekanan pada wasir. Selain itu, Anda juga dapat berendam dalam air hangat sebanyak 2-3 kali sehari, selama 20 menit setelah buang air besar.

Hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal, kejang otot anus, dan iritasi. Mengoleskan krim yang mengandung hidrokortison juga dapat dilakukan untuk meredakan nyeri dan peradangan. Krim ini dapat Anda peroleh dengan mudah di apotek terdekat.

Obat Ambeien Tradisional Tomat

Pengobatan Ambeien
Obat Ambeien | celoteherris.com

Tomat merupakan salah satu obat tradisional yang paling banyak digunakan untuk pengobatan ambeien. Selain murah dan mudah didapatkan, tomat merupakan obat ambeien yang manjur dan telah dipercaya sejak dulu. Cara mengolah tomat sebagai obat ambeien pun juga cukup mudah.

Pertama, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya. Bahannya yaitu 2 hingga 3 buah tomat yang matang serta minyak kelapa secukupnya. Setelah bahan siap, cuci bersih tomat dan potong menjadi bagian-bagian kecil.

Lalu, hancurkan atau haluskan tomat menggunakan blender atau digerus. Terakhir, tambahkan minyak kelapa dan aduk hingga rata. Kemudian, diamkan selama 10 menit.

Setelah itu, saring campuran tomat dan minyak kelapa yang telah didiamkan selama 10 menit menggunakan kain bersih dan oleskan secara perlahan pada bagian ambeien.

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Ambeien
Ambeien | uc400.org

Pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di sekitar anus dapat menimbulkan benjolan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-jari seperti mengejan terlalu kuat saat BAB, jarang minum air putih, serta duduk atau berdiri terlalu lama.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan benjolan wasir yang timbul di sekitar anus, yaitu mengompresnya dengan es batu. Caranya dengan menyiapkan es batu berbentuk serpihan kecil dan masukkan ke dalam kantong plastik.

Lalu, bungkus es batu dalam plastik dengan air bersih. Duduki es batu tersebut selama 10 hingga 15 menit. Lakukan beberapa kali hingga benjolan mulai membaik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai bahan pengobatan.

Gel lidah buaya memiliki zat yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar atau anti-inflamasi serta anti-bakteri yang dapat membantuk melawan infeksi agar luka mudah pulih. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada benjolan secara berulang hingga benjolan mengempis.

Opsi bahan lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk menghilangan benjolan adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan allicin.

Zat ini mengandung antivirus, antijamur, serta antimikroba yang mampu membunuh berbagai macam organisme yang menyebabkan penyakit. Cara penggunaanya cukup dengan mengoleskan bawang putih pada benjolan.

Ambeien dapat dicegah dengan menjaga feses tetap lunak. Hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai usaha pencegahan penyakit ambeien adalah makan-makanan berserat, minum air putih yang cukup, berolahraga teratur setiap hari, serta tidak menunda membuang air besar.

Jika penyakit ambeien terlanjur terjadi, Anda dapat melakukan pengobatan ambeien menggunakan cara tradisional seperti yang telah dijelaskan di atas maupun membeli obat salep yang dapat Anda peroleh dengan mudah di apotek.