Ingin Sehat? Ini Dia Obat Penurun Kolesterol yang Ampuh

2 min read

Obat Penurun Kolesterol – Kolesterol tinggi saat ini menjadi salah satu penyakit yang banyak ditemukan akibat gaya hidup yang tidak sehat. Jika Anda mengalaminya, segera atasi agar tidak berakibat buruk. Selain obat, ada cara lain untuk mengatasinya, yaitu dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Penyebab Kolesterol

Apakah Anda penggemar gorengan atau makanan bersantan? Berhati-hatilah karena keduanya termasuk jenis makanan penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. Ya, pola makan sangat memengaruhi munculnya gangguan berupa kolesterol tinggi.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat menjadi pemicu kolesterol tinggi, yaitu:

• Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi, seperti gorengan, mentega, kuning telur, krim, keju, dan santan.
• Kurang berolahraga atau beraktivitas.
• Kebiasaan merokok karena rokok mengandung akrolein yang bisa menghentikan aktivitas kolesterol baik dalam mengangkut timbunan lemak dari darah.
• Minum minuman beralkohol.
• Obesitas.
• Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, hipertensi, hipotiroidisme, liver, dan penyakit ginjal.
• Pertambahan usia.
• Faktor keturunan atau familial hypercholesterolaemia (FH).

Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Obat Penurun Kolesterol
Buah Alpukat untuk Penurun Kolesterol | nasionalisme.co

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan makan jenis buah tertentu. Dengan makan buah-buahan berikut ini, Anda bisa mengatasi penyakit dengan cara yang enak.

a. Alpukat

Buah ini mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah menumpuknya kolesterol dalam pembuluh darah. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, kadar lemak jahayt (LDL) juga akan turun.

b. Jeruk Nipis

Kandungan senyawa flavonoid dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menghambat produksi kolesterol jahat di dalam darah.

c. Apel

Makanlah buah apel dua kali sehari mampu menurunkan kadar LDL dalam darah secara cepat, yakni hingga 40%. Selain itu, kandungan beta glucan dalam apel juga mampu mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh.

d. Tomat

Warna merah pada tomat berasal dari senyawa likopen yang juga berkhasiat mengurangi risiko serangan jantung dan strok. Tomat juga bisa menurunkan kolesterol karena mengandung vitamin B dan kalium.

e. Jambu Merah

Seperti halnya jeruk nipis, jambu merah juga mengandung senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan dan memiliki kemampuan menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah.

f. Anggur

Selain flavonoid, anggur juga mengandung zat catechin yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Kolesterol
Bayam untuk Penurun Kolesterol | nulis.co.id

Selain buah, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis sayuran berikut ini sebagai obat penurun kolesterol yang tinggi. Anda bisa mengolah sayuran ini menjadi aneka masakan, bisa dengan cara dikukus, direbus, ditumis, atau dibuat sayur berkuah.

a. Bayam

Bayam mengandung vitamin E yang mampu meluruhkan plak pada arteri yang berpengaruh pada penyerapan kolesterol berlebih dalam darah.

b. Buncis

Mengonsumsi satu gelas buncis sehari akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

c. Kubis

Kubis mengandung antioksidan yang mampu menetralisir kolesterol secara perlahan sehingga bisa menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Obat Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Jika kadar kolesterol sudah terlalu tinggi dan menyebabkan keluhan yang sangat mengganggu, dokter mungkin akan meresepkan obat tertentu. Obat penurun kolesterol dapat dibedakan dalam beberapa golongan, yaitu:

  • Statin: menghambat proses sintesis kolesterol dalam hati.
  • Asam Fibrat: meningkatkan aktivitas lipoproptein lipase sehingga produksi LDL dalam hati terhambat.
  • Nikotinat: menurunkan kadar LDL, sekaligus meningkatkan kadar HDL.
  • Resin Penigkat Asam Empedu: meningkatkan proses pengubahan kolesterol menjadi asam empedu di dalam hati.
  • Penghambat Absorpsi Kolesterol: efektif membantu penyerapan kolesterol yang terdapat dalam usus.

Meski mungkin tidak menimbulkan gejala yang berat, risiko kolesterol tinggi sangat berbahaya. Jadi, kalau selama ini Anda malas makan buah dan sayuran, segera ubah kebiasaan tersebut karena keduanya merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *