Berapa Kadar Normal Kolesterol dan Cara Menjaganya?

2 min read

Normal Kolesterol – Kolesterol terdapat dalam setiap sel tubuh, terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kadar LDL yang terlalu tinggi inilah yang dapat memicu datangnya penyakit berbahaya. Lalu, berapa kadar normal kolesterol yang aman dan bagaimana cara menjaganya? Berikut ulasan lengkapnya.

Berapa Angka Rata-Rata Kolesterol Normal?

Kadar Normal Kolesterol

Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D, asam empedu, serta hormon testosteron, kortisol, dan estrogen. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan memicu munculnya penyakit berat sehingga harus dijaga agar tetap dalam batas normal. Menurut WHO, angka normal kolesterol dalam tubuh adalah:

  • Kolesterol baik (HDL): lebih dari 40 mg/dl dan disebut berbahaya jika kurang dari angka tersebut.
  • Kolesterol jahat (LDL): harus kurang dari 130 mg/dl atau 100 mg/dl untuk penderita DM dan dikatakan berbahaya jika mencapai 160mg/dl atau lebih.
  • Total kolesterol: kurang dari 200 mg/dl dan termasuk kategori berbahaya jika melebihi 240 mg/dl.

7 Tips Jitu Agar Kolesterol Normal

Sebagian besar kolesterol berasal dari makanan. Oleh karena itu, cara paling efektif agar kadar normal kolesterol dalam darah tetap terjaga adalah dengan mengatur pola makan dan menjalankan pola hidup sehat, yaitu:

1. Hindari Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Kadar Normal Kolesterol

Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah mentega, minyak sawit, dan santan. Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun, biji bunga matahari, atau canola.

Lemak trans terbentuk saat minyak cair berubah bentuk menjadi padat, biasanya terdapat dalam makanan yang dipanggang (kue kering, cake, biskuit), aneka keripik, makanan yang digoreng dengan cara deep frying, krimer dan margarin, serta adonan yang didinginkan.

2. Batasi Konsumsi Makanan Tak Sehat

Kadar Normal Kolesterol

Hindari produk olahan daging (kornet dan sosis), steik, daging iga, daging giling, daging kambing, dan jeroan. Batasi konsumsi kuning telur cukup 1 butir per hari. Hindari susu jenis full cream dan produk susu yang terkandung dalam keju dan krimer.

Jika Anda suka makan camilan, hindari jenis cracker, muffin, roti siap saji, dan donat. Anda bisa menggantinya dengan roti gandum. Hindari juga makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Normal Kolesterol

Jenis makanan sehat yang sebaiknya banyak dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, gandum utuh, susu rendah lemak, daging unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, dan oatmeal. Jangan lupa, perbanyak minum air putih.

4. Makanan dan Minuman untuk Menurunkan Kolesterol

Normal Kolesterol

Jika kolesterol sudah terlanjur tinggi, segera atasi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang berkhasiat menurunkan kolesterol. Contohnya adalah air jeruk nipis, jus anggur, jus jambu merah, kulit manggis, brokoli, dan bekatul.

5. Rutin Berolahraga

Normal Kolesterol

Olahraga telah terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan secara rutin, seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang.

6. Berhenti Merokok

Normal Kolesterol

Kebiasaan merokok menyebabkan kadar LDL meningkat. Karena itu, menghentikan kebiasaan merokok adalah cara yang sangat tepat untuk menghindari bahaya akibat kolesterol tinggi.

7. Hindari Stres

Normal Kolesterol

Saat Anda merasa stres, kadar LDL akan meningkat. Carilah aktivitas menyenangkan yang membuat Anda merasa tenang dan cukupi kebutuhan tidur agar terhindar dari stres.

Hati-Hati dengan Obat Kolesterol

Kadar Normal Kolesterol

Memang, obat penurun kolesterol bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara cepat dan signifikan, hingga 50%. Tak heran, banyak orang yang lebih memilih minum obat daripada mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat.

Akan tetapi, obat ini juga memiliki efek negatif, seperti pusing, gangguan pencernaan, nyeri otot dan sendi, diabetes mellitus, bahkan kerusakan otot dan hati. Akan lebih baik Anda memilih cara yang alami dan sehat. Jika akan menggunakan obat, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter.


Menjaga kadar normal kolesterol dalam tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda tentu menginginkan tubuh sehat dalam jangka waktu lama, bukan? Karena itu, Anda harus bijak memilih cara menjaga kolesterol yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *