Minuman & Makanan Pantangan Kolesterol yang Wajib Dihindari

2 min read

Pantangan Kolesterol – Kolesterol berperan penting dalam pembentukan sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Untuk mencegah risiko tersebut, ada makanan dan minuman pantangan kolesterol yang wajib dihindari.

7 Makanan Pantangan Kolesterol

Ibu Hamil
Kolesterol | mediaindonesia.com

Kadar kolesterol dalam darah sangat dipengaruhi asupan makanan. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi wajib menghindari 7 jenis makanan berikut ini agar tingkat kolesterol tidak melonjak naik dan membahayakan.

1. Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah santan, kornet, sosis, minyak sawit, dan mentega. Sedangkan margarin dan minyak kelapa mengandung lemak trans.

2. Gorengan

Karena minyak goreng mengandung lemak jenuh atau lemak trans, gorengan bisa menyebabkan kenaikan kolesterol. Terlebih jika digoreng menggunakan minyak jelantah.

3. Jeroan

Konsumsi jeroan ayam maupun sapi, seperti otak, usus, hati, ampela, dan jantung terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol secara drastis. Lebih baik, makanlah daging rendah lemak.

4. Kulit

Kulit ayam atau kulit sapi (kikil) juga mengandung lemak jenuh tinggi Jadi, hindari makan ayam dengan kulitnya agar kadar kolesterol dalam darah Anda tetap terjaga.

5. Telur Ayam

Kandungan kolesterol dalam putih telur ayam adalah sebanyak 164 miligram, sedangkan pada bagian kuningnya sebesar 242 miligram. Kadar kolesterolnya akan meningkat jika digoreng dengan minyak sawit.

6. Udang

Penyuka seafood sebaiknya menghindari udang dan menggantinya dengan ikan karena udang merupakan makanan laut yang memiliki kolesterol tinggi.

7. Makanan Cepat Saji

Bahan-bahan dan proses pengolahan yang kurang sehat membuat makanan cepat saji, seperti ayam goreng tepung, kentang goreng, dan burger mengandung kolesterol tinggi.

Minuman Pantangan Kolesterol

Minuman Makanan Pantangan Kolesterol
Minuman Pantangan Kolesterol | caramenggunakan.info

Bukan hanya makanan, beberapa jenis minuman pun ternyata berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Ada tiga jenis minuman yang merupakan pantangan kolesterol sehingga wajib Anda hindari atau batasi konsumsinya, yaitu:

a. Susu dan Produk Olahannya

Susu tinggi lemak (full fat) dan produk olahan susu, seperti keju, krim, dan yoghurt memiliki kadar emak jenuh yang tinggi. Namun, bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali. Cukup batasi porsinya agar masih dalam batas aman.

b. Es Krim

Tekstur es krim yang lembut, creamy, dan manis berasal dari penggunaan lemak dan gula. Kandungan lemak dan gula ini jelas berbahaya karena akan memicu terbentuknya kolesterol. Jadi, pilihlah es krim rendah lemak, misalnya sorbet.

c. Minuman Kemasan

Minuman bersoda, teh, kopi, dan jus buah mengandung gula atau pemanis lain dalam kadar tinggi. Pemanis seperti gula pasir atau gula jagung berhubungan dengan rendahnya kadar kolesterol baik dalam darah sehingga konsumsinya harus dibatasi 25 maksimal gram per hari.

Anjuran Makanan Penderita Kolesterol

Minuman Makanan Pantangan Kolesterol
Anjuran Makanan Penderita Kolesterol | hellosehat.com

Makanan dan minuman yang termasuk dalam pantangan kolesterol wajib dihindari untuk mencegah kadar kolesterol semakin melonjak. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mampu menurukan kadar kolesterol dalam darah, yaitu:

  1. Oat dan jelai: mengandung serat beta glukan yang mampu mengikat kolesterol dalam usus sehingga tidak diserap tubuh.
  2. Buah dan sayuran: apel, pir, stroberi, brokoli, dan terung mengandung serat tinggi dan membuat kenyang sehingga membantu Anda mengurangi konsumsi makanan berlemak jenuh tinggi.
  3. Kacang-kacangan: mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Mengonsumsi 1-2 ons kacang-kacangan sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 5%.
  4. Beras Cokelat: kandungan seratnya sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol.
  5. Ikan: salmon, tuna, tongkol, dan sarden mengandung Omega-3 yang mampu mencegah terbentuknya bekuan darah sehingga secara membantu mengurangi risiko akibat kolesterol tinggi.

Gaya hidup masyarakat modern saat ini cenderung membuat tubuh rentan terkena penyakit berat. Anda yang ingin hidup lebih sehat harus mengatur pola makan, termasuk menghindari makanan pantangan kolesterol agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *