Cara Mudah Mengobati Perut Kembung Tanpa Obat

2 min read

Mengobati Perut Kembung – Perut kembung adalah kondisi ketika ada banyak gas di saluran pencernaan dan susah dikeluarkan, baik lewat sendawa atau kentut. Bila dibiarkan, akan timbul rasa tidak nyaman, sensasi panas, hingga terasa nyeri. Lalu bagaimana cara mengobati perut kembung?

Sebelum mengulas tentang cara pengobatannya, ketahui dulu beberapa penyebab perut kembung di bawah ini:
• Makan dalam jumlah banyak
• Makan terburu-buru/terlalu cepat
• Makan sambil berbicara
• Sering merokok
• Sering minum minuman bersoda
• Akibat penyakit lain, misalnya GERD (asam lambung), alergi gluten, atau intoleransi laktosa.

Gerakan Mengatasi Perut Kembung

Mengobati Perut Kembung
Perut Kembung | oktersehat.com

Salah satu cara mudah untuk meredakan perut kembung adalah dengan berolahraga, yaitu melakukan gerakan-gerakan yoga. Bila Anda sering mengalami kembung, coba lakukan beberapa gerakan sederhana berikut ini:

1. Child’s Pose

Perut Kembung
Child Pose | manflowyoga.com

Ini adalah gerakan dasar yoga yang bisa membantu melancarkan pembuangan gas. Caranya, ambil posisi merangkak terlebih dulu di atas matras. Bagian pantat ditarik ke belakang hingga kaki menekuk dan kedua tangan diregangkan ke arah depan.

2. Happy Baby Pose

Mengobati Perut Kembung
Happy Baby Pose | http://sbrcmodels.com

Sesuai namanya, gerakan ini meniru posisi bayi saat memegang kedua kakinya. Caranya, berbaringlah di atas matras dan angkat kaki Anda. Tekuk lutut dengan telapak kaki tetap mengarah ke atas.
Pegang telapak kaki dengan kedua tangan Anda. Tahan posisi ini selama beberapa saat agar gas di dalam perut bisa mengalir keluar.

3. Knee to Chest Pose

Mengobati Perut Kembung
Knee to Chest Pose | http://yoffielife.com

Gerakan yoga ini juga dapat mengobati perut kembung apabila dilakukan dengan baik dan benar. Caranya adalah berbaring di matras, kemudian angkat kaki dan ditekuk membentuk siku (lutut ditarik ke dada dan ditempelkan di dahi).

Obat Perut Kembung dan Mual

Perut Kembung
Perut Kembung | idntimes.com

Perut kembung sebenarnya termasuk gangguan kesehatan yang tidak terlalu berbahaya. Ketika gas di dalam perut sudah dikeluarkan (kentut), biasanya rasa sakit di bagian perut akan berangsur-angsur mereda.

Tapi ada kalanya perut kembung terasa sangat sakit hingga menyebabkan mual. Bila sudah seperti ini, Anda bisa meredakan keluhan ini dengan obat-obatan. Obat yang biasa dipakai dan dijual bebas adalah Simethicone yang mampu mengurangi rasa kembung.

Apabila Anda ragu atau curiga kalau kembung yang dirasakan adalah gejala penyakit lain, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ini adalah langkah yang paling tepat untuk mengobati sakit kembung, apalagi bila keluhannya selalu berulang dan sulit mereda.

Obat Tradisional Perut Kembung Orang Dewasa

Mengobati Perut Kembung
Obat Perut Kembung | journal.sociolla.com

Untuk perut kembung ringan, Anda tidak perlu meminum obat apapun. Anda justru lebih dianjurkan untuk melakukan gerakan-gerakan khusus seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun apabila perut kembung belum juga reda, coba minum obat tradisional di bawah ini.

1. Jeruk nipis dan madu
Siapkan jeruk nipis atau lemon dan peras airnya. Campurkan ke dalam air hangat dan diseduh dengan 2-3 sendok madu. Aduk rata dan minum selagi hangat. Agar lebih maksimal, bisa juga ditambah dengan jahe untuk menghangatkan perut.

2. Daun mint
Siapkan 4-5 lembar daun mint yang masih segar. Campurkan ke dalam air hangat atau teh. Minum perlahan dan perut pun akan terasa lebih hangat.

3. Air hangat
Air hangat bisa diminum secara langsung, tapi juga bisa dikompres di atas perut yang sedang mengalami kembung. Caranya masukkan air hangat ke dalam sebuah botol. Berbaringlah lalu kompres perut dengan botol air hangat selama beberapa saat.


Mengobati perut kembung ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Daripada mengobati, sebaiknya perbaiki pola makan Anda setiap hari. Bila penyebabnya saja sudah dihindari, maka perut kembung pun akan menjauhi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *