Mengenal Gejala Tipes pada Anak dan Cara Mengatasinya

2 min read

Gejala Tipes pada Anak – Tipes merupakan penyakit yang pemicunya berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan dan pola makan penderita.

Oleh karenanya, anak-anak dengan sistem imunitas tubuh yang belum sempurna lebih cepat terjangkit penyakit tifus. Dalam artikel ini, Anda akan temukan apa saja gejala tipes pada anak yang umum terlihat.

Bersamaan dengan gejala, disertakan pula aturan pemberian makan pada anak tifus serta apa saja yang sebaiknya dilakukan agar buah hati Anda segera pulih. Berikut ulasannya.

Gejala Tipes pada Anak

Gejala Tipes
Tipes Pada Anak | obat.promo

Gejala penyakit tifus pada anak, umumnya sama dengan yang dialami oleh orang dewasa. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Demam

Tubuh bereaksi dengan demam ketika ada zat asing apapun yang masuk, tak terkecuali bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tifus. Suhu tertinggi yang mungkin dialami anak Anda saat terserang tifus mencapai 40º C.

2. Nyeri Otot

Pegal dan nyeri pada otot akan dialami oleh anak yang terserang penyakit tifus. Anak akan lebih rewel karenanya, sehingga anda harus lebih bersabar.

3. Mual dan Muntah

Bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh, berkembang biak di usus dua belas jari yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Akibatnya, sistem pencernaan anak yang mengalami sakit tifus akan terganggu. Anak akan merasakan mual dan bahkan muntah.

4. Lidah Memutih

Selain ketiga gejala di atas, hal lain yang mengiringi tanda-tanda penyakit tifus pada anak adalah memutihnya lidah. Lapisan lidah anak paling atas akan diliputi warna putih yang tak bisa hilang selama sakitnya belum sembuh.

5. Berkurangnya nafsu makan

Dengan rasa mual dan badan pegal yang dirasakan oleh anak, berkurangnya nafsu makan menjadi hal yang wajar. Pada batas ini, Anda harus memastikan anak tetap mengasup makanan dan cairan yang diperlukan untuk segera pulih. Berikut adalah aturan pemberian makan pada anak yang terserang tifus.

Makanan untuk Anak Tifus

Gejala Tipes Pada Anak
Tipes Pada Anak | http://bale-herbal.com

1. Tak harus bubur

Bubur tak harus menjadi asupan satu-satunya untuk anak yang terserang tifus. Terlebih lagi jika bubur tersebut tanpa lauk. Anak memang merasakan mual sehingga ia tak nafsu makan, namun memberikan ia hanya bubur saja pun tak benar.

Nasi lembek dengan lauk berprotein boleh diberikan karena anak sakit butuh banyak energi agar segera pulih. Seporsi bubur hanya mengandung maksimal 100 kalori, sedangkan sepiring nasi bernilai kalori empat kalinya.

2. Bukan yang berserat tinggi

Makanan yang tinggi akan serat, seperti sayur dan buah-buahan, sebaiknya tidak diberikan pada anak selama ia sakit.

3. Bukan yang pedas atau asam

Hindari pula memberikan makanan yang pedas atau asam hingga ia pulih.

4. Protein tinggi

Contoh makanan berprotein tinggi yang baik diberikan pada anak saat sakit adalah daging, tahu, telur, tempe, susu, dan lain-lain.

Penanganan Penyakit Tifus pada Anak

Gejala Tipes Pada Anak
Tipes Pada Anak | http://jurnalkeluarga.com

Selain mengasup makanan tertentu, anak juga harus mendapat beberapa perlakuan agar lekas pulih. Berikut adalah hal-hal yang dimaksud.

1. Minum Antibiotik

Ingat, bukan sembarang antibiotik, namun minum yang telah diresepkan oleh dokter. Patuhi anjurannya juga. Jika dianjurkan untuk menghabiskan obat, habiskan walaupun anak sudah merasa sehat.

2. Asup Cukup Cairan

Akibat rasa mual yang hebat, anak sulit mengonsumsi makanan. Maka, pastikan anak minum air dalam jumlah cukup.

3. Cukup Beristirahat

Istirahat tak cukup dengan duduk, anak harus banyak melakukannya di tempat tidur. Upayakan agar anak tak banyak bergerak pula agar suhu tubuhnya cepat turun.


Sebenarnya, pencegahan demam tifoid mudah dilakukan. Karena tifus disebarkan oleh bakteri, menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal adalah sebaik-baik perlakuan yang dapat Anda upayakan. Semoga dengan demikian, gejala tipes pada anak tak lagi terlihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *