7 Langkah Untuk Mencegah Kanker Hati

1 min read

Kanker Hati – Sel-sel abnormal yang bermutasi di dalam organ hati membentuk tumor sebelum berubah menjadi kanker. Kanker hati menduduki peringkat kelima sebagai penyakit yang mematikan.

Data organisasi kesehatan dunia per tahun 2015 menyebutkan dari 9 juta kematian akibat kanker di seluruh penjuru bumi, lebih dari 700.000 di antaranya diakibatkan oleh kanker hati. Hal ini menandakan bahwa kanker ini sangat berbahaya mengingat angka kematian yang begitu besar.

Maka dari itu, mewaspadai sejak dini gejala-gejala yang muncul merupakan langkah yang amat baik agar penyakit ini dapat tertangani dengan baik. Dalam artikel ini, Anda akan temukan beberapa informasi seputar kanker hati.

Informasi tersebut meliputi dua jenis kanker hati, tahapan, dan langkah-langkah pencegahannya. Uraian selengkapnya terangkum sebagai berikut.

Jenis Kanker Hati

Mencegah Kanker Hati

Secara khusus, kanker hati dibedakan menjadi dua berdasarkan letak pertumbuhan dan perkembangannya. Kedua jenis kanker hati tersebut, yaitu:

  • Kanker hati primer. Kanker yang mula-mula tumbuh di organ hati. Penyakit yang termasuk dalam kategori ini adalah hepatocellular carcinoma, hepatoblastoma, angiosarcoma, serta cholangiocarcinoma.
  • Kanker hati sekunder. Kanker jenis ini pada mulanya berkembang di organ lain sebelum menyerang hati. Yang paling sering didapati mendahului penyakit ini adalah kanker pada lambung, paru-paru, payudara, dan usus.

Stadium Kanker Hati

Mencegah Kanker Hati

Seperti kanker lainnya, penyakit ini juga diidentifikasi menjadi empat stadium berdasarkan tahap penyebarannya. Keempat stadium tersebut meliputi:

• Stadium A

Dinyatakan stadium A jika terdapat satu tumor berukuran tidak lebih besar dari 5 cm. Atau, dapa pula dinyatakan stadium A jika terdapat hingga tiga tumor berukuran berukuran paling besar 3 cm.

• Stadium B

Dinyatakan stadium B jika terdapat lebih dari satu tumor besar, akan tetapi tidak mengganggu fungsi organ hati.

• Stadium C

Diidentifikasi sebagai stadium C jika kanker telah menyebar ke pembuluh darah hingga organ tubuh lain.

• Stadium D

Diidentifikasi sebagai stadium D jika kondisi fisik penderita memburuk disertai dengan gangguan fungsi hati tanpa memandang seberapa besarnya ukuran tumor.

Secara umum, kanker hati stadium awal tidak menimbulkan gejala apapun. Tanda-tanda baru muncul apabila kanker telah memasuki stadium lanjutan. Beberapa tanda yang patut diwaspadai adalah gatal-gatal, nafsu makan menghilang, serta perut terasa penuh walau hanya sedikit makan.

Tanda-tanda lainnya, yaitu mual dan muntah, penurunan berat badan, mudah lelah, menguningnya bagian putih mata dan kulit, air seni berwarna gelap, tinja berwarna seputih kapur, bagian kanan atas perut terasa nyeri, dan mudah muncul memar.

7 Langkah Pencegahan Kanker Hati

Mencegah Kanker Hati

Berita baiknya, kanker hati dapat dicegah dengan mengetahui dan menurunkan faktor-faktor apa saja yang dapat menimbulkan risiko terkena penyakit ini. Langkah-langkah lain yang dapat ditempuh adalah:

  • Mencegah sirosis,
  • Menjaga berat badan tidak berlebihan dan sesuai index ideal,
  • Mengurangi atau menghentikan sama sekali konsumsi alkohol,
  • Menghindari diri dari paparan bahan kimia,
  • Mendapat vaksin Hepatitis B,
  • Melakukan hubungan badan hanya dengan satu pasangan setelah menikah, serta
  • Menjauhi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif dalam bentuk apapun.

Pada akhirnya, perilaku, kebiasaan, dan gaya hidup seseoranglah yang menentukan kondisi kesehatannya. Jika tak menginginkan penyakit apapun menjangkiti tubuh, maka upayakan yang terbaik bagi diri dalam segala hal.

Beri diri asupan bergizi lengkap dan seimbang, luangkan waktu setidaknya sekali dalam sepekan untuk berolahraga teratur, istirahat yang cukup, bangun hubungan yang baik secara vertikal dengan Sang Pencipta dan horizontal dengan sesama manusia, serta berekreasilah.


Jika yang terbaik sudah diupayakan, maka tak perlu mengkhawatirkan kesehatan fisik dan mental Anda. Anda akan terhindar dari banyak penyakit, seperti kanker hati, yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *