Makanan untuk Ibu Hamil 1 Bulan dan Camilan yang Dianjurkan

1 min read

Makanan untuk Ibu Hamil – Banyak yang percaya bahwa ketika hamil harus makan banyak karena perlu memberi asupan makanan untuk dua orang. Namun, anggapan ini sebenarnya keliru.

Faktanya, makanan untuk ibu hamil hanya perlu ditambahkan sebanyak 300 kalori sehari atau setara dengan semangkuk sereal dengan susu rendah lemak, dari porsi biasa.

Tak hanya soal porsi, nutrisi ibu hamil juga harus terjaga agar bayi terhindar dari cacat bawaan. Apa saja makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama di awal kehamilan? Simak ulasan berikut.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda

Pada usia kehamilan 1 bulan, janin baru berupa embrio. Untuk menunjang perkembangan janin, ibu hamil memerlukan banyak asupan gizi. Selain makanan bernutrisi, ibu hamil juga disarankan mengonsumsi multivitamin yang mengandung 400 mcg asam folat.

Asam folat juga terdapat pada brokoli, kembang kol, jagung, wortel, jeruk, alpukat, dan kol. Di samping itu, makanan untuk ibu hamil 1 bulan harus memenuhi unsur gizi lengkap. Seperti karbohidrat dari nasi, gandum, atau kentang, sayuran, buah-buahan, protein, dan susu.

Porsi makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan sebaiknya seimbang, tidak perlu terlalu banyak. Usahakan sayur dan buah-buahan lebih banyak daripada karbohidrat.

Untuk mengurangi mual, makanlah dalam porsi kecil-kecil tetapi sering. Dianjurkan makan 5 kali sehari dengan selingan makanan ringan sebanyak 3 kali.

Menu Makanan Ringan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan ringan untuk ibu hamil, harus berupa makanan sehat agar tidak mengganggu kesehatan tubuh dan janin. Berikut camilan sehat yang dapat dibuat sendiri di rumah untuk ibu hamil.

1. Smoothies buah

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda

Smoothies buah merupakan minuman sehat yang mengenyangkan. Anda dapat menambahkan buah yang disukai dan mencampurkan dengan yogurt atau susu.

2. Overnight oats

Makanan Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Overnight oats adalah campuran buah dan oat yang dijadikan satu dalam wadah. Kemudian didinginkan di dalam kulkas selama satu malam untuk disantap keesokan harinya. Bahan untuk membuatnya antara lain buah-buahan, selai kacang, bubuk cokelat, oat, dan yogurt.

3. Kacang-kacangan

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda

Camilan kacang-kacangan baik bagi janin. Anda dapat menikmati kacang edamame, kenari, atau kacang mede sebagai kudapan. Selain dimakan langsung, kacang bisa dijadikan topping untuk makanan ringan lainnya.

4. Bubur kacang hijau

Makanan Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Bubur kacang hijau dapat menjadi alternatif camilan yang mudah dibuat. Kacang hijau banyak mengandung vitamin, protein, serat, asam folat, dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Agar lebih sehat, santan dapat diganti dengan susu.

5. Roti gandum

Makanan Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Roti gandum dengan selai kacang dapat dinikmati sebagai snack sehat bagi ibu hamil. Roti mengandung karbohidrat dan serat, dipadukan dengan selai kacang yang kaya protein, vitamin, dan serat. Pilihlah selai yang tidak terlalu manis dan rendah lemak.

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil berpengaruh besar bagi perkembangan janin. Agar anak tumbuh cerdas, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan berikut:

1. Telur ayam

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda

Telur ayam merupakan makanan penambah kecerdasan anak yang harganya relatif murah dibandingkan ikan salmon. Di dalam telur ayam terdapat zat choline yang dapat membantu proses perkembangan otak janin. Namun, telur ayam tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, terutama ibu hamil yang memiliki alergi.

2. Susu dan olahannya

Makanan Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Beberapa jenis olahan susu mempunyai vitamin dan mineral yang cukup banyak seperti vitamin B, kalsium, dan zat besi. Di dalamnya juga terdapat probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Disarankan, ibu hamil mengonsumsi susu murni maupun olahan yang bebas pengawet.

3. Daging tanpa lemak

Makanan Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Daging tanpa lemak cukup untuk memenuhi kebutuhan protein ibu hamil. Ketika mengonsumsinya, pastikan diolah dalam hingga benar-benar matang.


Nah, itulah makanan untuk ibu hamil yang wajib Anda catat. Semoga dengan panduan singkat di atas dapat menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *