Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Membuat Anak Cerdas!

2 min read

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Memiliki anak yang cerdas merupakan hal yang diidamkan oleh setiap orang tua. Untuk mewujudkannya dapat dimulai dari sejak sang ibu mengandung. Asupan nutrisi menjadi kuncinya. Karenanya makanan sehat untuk ibu hamil mutlak diperlukan saat janin berkembang.

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Secara umum ibu hamil hanya perlu sedikit menambah asupan nutrisinya. Kurang tepat jika ibu hamil harus mengkonsumsi dua kali lipat dari menu harian sebelumnya. Janin akan berkembang perlahan. Sehingga tidak perlu menambah porsi makan secara mendadak.

Selain itu proses hormonal dapat menyebabkan mual pada ibu hamil. Sehingga yang diperlukan adalah sedikit demi sedikit mencoba memasukkan makanan, bukan sekaligus. Agar asupan tidak justru dimuntahkan semuanya.

Kebutuhan ibu hamil sama dengan Pedoman Umum Gizi Seimbang. Pedoman ini melengkapi metode 4 sehat 5 sempurna yang telah ada sebelumnya. Jenis makanan yang dianjurkan antara lain karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, makanan beriodium serta mengandung zat besi.

Makanan tersebut bisa dengan mudah didapatkan dalam keseharian kita. Ibu hamil dapat menyesuaikan dengan kondisi mereka. Apakah alergi atau mungkin mual dengan suatu bahan atau tidak.

Berikut ini contoh bahan yang mengandung kelima jenis zat makanan tersebut:

1. Karbohidrat

Makanan Sehat untuk Bumil

Bisa diperoleh dari sereal, nasi, roti, umbi-umbian dan jagung. Utamakan yang tidak membuat ibu hamil memuntahkannya. Segera ganti jenis karbohidrat jika tidak mampu mengkonsumsi sama sekali

2. Protein

Makanan Sehat untuk Bumil

Terdiri dari daging, ikan, telur, hati. Jenis bahan ini seringkali dianggap sebagai pencetus mual, sehingga banyak dihindari. Padahal fungsinya sangat penting dalam perkembangan tubuh janin.

3. Lemak tak jenuh

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Buah-buahan yang memiliki rasa gurih seperti alpukat. Juga berasal dari kacang-kacangan dan polong-polongan. Serta minyak zaitun atau minyak ikan sebagai asupan setiap hari baik dalam bentuk kapsul maupun cair.

4. Makanan beriodium

Makanan Sehat untuk Bumil

Akan lebih terjamin dengan mengolah makanan sendiri. Garam yang sehari-hari dikonsumsi harus mengandung iodium.

5. Makanan berkadar besi tinggi

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Misalnya bayam, hati ayam maupun sapi. Biasanya di setiap kontrol rutin setiap trimesternya tenaga kesehatan akan meresepkan tablet besi. Tablet ini berfungsi sebagai pelengkap asupan harian.

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Umumnya dokter akan memberi perhatian lebih pada asupan ibu hamil di trimester pertama. Alasannya adalah di masa ini terjadi pembentukan organ terpenting dalam tubuh janin yaitu otak dan sistem saraf.

Pembentukan otak dan saraf tulang belakang diselesaikan pada bulan kedua. Bulan ketiga organ dalam mulai berkembang. Ketiga bulan awal kehamilan membutuhkan keseriusan ibu hamil untuk mengkonsumsi nutrisi meskipun seringkali menimbulkan mual bahkan muntah.

Makanan jenis protein harus diperbanyak dalam masa ini. Protein yang bertugas sebagai zat pembangun membantu perkembangan bagian-bagian tubuh janin tersebut. Biasanya dokter juga akan menganjurkan konsumsi minyak ikan sebagai pelengkap.

Zat lain yang penting untuk dikonsumsi adalah asam folat. Folat membantu perkembangan otak dan tubuh janin. Selain itu juga mengurangi risiko keguguran dan pendarahan selama kehamilan. Kekurangan asam folat dikaitkan dengan kejadian bibir sumbing dan masalah tulang belakang.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Bumil

Berikut ini contoh menu yang bisa dipraktikkan, namun perlu diingat menu berikut hanya sebagai gambaran saja. Menu sehat untuk ibu hamil lainnya bisa kamu kombinasikan dengan berbagai macam panganan yang juga kamu favoritkan.

Sarapan

  1. Nasi/panekuk gurih
  2. Ayam goreng/tumis hati ayam
  3. Lalap kacang panjang dan kubis
  4. Pisang

Makan siang

  1. Nasi/kentang
  2. Sayur bayam/daun katuk
  3. Rolade daging
  4. Jeruk

Makan malam

  1. Nasi goreng
  2. Sosis/telur
  3. Apel

Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah air yang diminum. Minimal 2 liter setiap harinya. Air dapat mengurangi rasa mual dan pusing yang sering dialami ibu hamil.

Makanan sehat untuk ibu hamil tidak harus mahal. Ibu hamil dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan mereka. Ada banyak alternatif yang bisa dipilih agar janin tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *