Makanan Penurun Kolesterol Paling Baik dan Wajib Coba

1 min read

Makanan Penurun Kolesterol – Kolesterol tinggi adalah keluhan tubuh yang bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya, misalnya stroke atau serangan jantung. Itulah kenapa banyak orang yang mencari tahu tentang makanan penurun kolesterol agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Hampir semua bahan makanan, khususnya dari golongan tumbuh-tumbuhan, dapat menurunkan kolesterol. Agar lebih jelas, simak ulasannya di bawah ini dan jangan lewatkan daftar makanan apa saja yang harus dihindari agar kolesterol tidak bertambah tinggi.

Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan manjur menurunkan kolesterol:

1. Oatmeal

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Oatmeal sering dikonsumsi untuk diet atau menurunkan berat badan, tapi gandum berserat tinggi ini juga sangat bagus untuk mengurangi kadar kolesterol. Oatmeal diketahui mengandung serat larut yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

2. Minyak zaitun

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Olive oil sering disebut sebagai minyak tersehat yang mampu mencegah berbagai macam penyakit, termasuk menurunkan kolesterol. Minyak zaitun mengandung antioksidan tinggi, termasuk vitamin E yang mampu mengurangi kolesterol LDL penyebab penyakit.

3. Teh hijau

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Sama seperti minyak zaitun, teh hijau juga sangat kaya akan zat antioksidan. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, minum teh hijau secara rutin selama 2 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ hingga 4%.

4. Kacang almon

Makanan Penurun Kolesterol

Kacang almon diketahui mengandung serat larut yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Rutin mengonsumsi almon selama 1,5 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Selain almon, kacang panjang dan kacang merah juga baik untuk dikonsumsi.

5. Ikan salmon

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Salmon merupakan jenis ikan dengan kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Zat inilah yang nantinya akan menurunkan kolesterol LDL di dalam tubuh sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Buah Penurun Kolesterol

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah sangat kaya akan antioksidan yang bagus untuk melawan kolesterol jahat. Ini dia buah yang harus dikonsumsi sebagai penurun kolesterol:

1. Apel

Makanan Penurun Kolesterol

Apel dikenal mengandung banyak pektin, terutama di bagian kulitnya. Pektin sendiri sangat baik untuk kesehatan, khususnya dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Apel juga mengandung serat tinggi serta polifenol yang mampu mencegah peradangan.

2. Jeruk

Makanan Penurun Kolesterol

Jeruk identik dengan vitamin C. Kabar baiknya, zat ini bukan cuma untuk mengobati sariawan atau menghaluskan kulit, tapi juga mampu menurunkan kolesterol. Serat larut dalam jeruk diketahui bisa mengikat kolesterol sehingga tidak terserap tubuh.

3. Alpukat

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal terbaik, mampu menurunkan kolesterol LDL sehingga ikut mengurangi risiko penyakit berbahaya. Selain itu, zat antioksidan alpukat juga cukup melimpah sehingga bisa mencegah penyakit kanker.

4. Kelompok buah buni (berry)

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Buah buni seperti stroberi dan blackberry merupakan contoh makanan yang sangat bagus untuk kesehatan. Buah yang kaya antioksidan ini terbukti mampu mengurangi kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Makanan Penyebab Kolesterol

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kolesterol naik dan harus dihindari, ini dia contohnya:

1. Daging merah

Makanan Penurun Kolesterol

Daging sapi atau kambing mengandung lemak jenuh tinggi yang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Junk food

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Makanan cepat saji seperti kentang goreng, burger, biskuit, hot dog, dan beragam kue adalah contoh penyebab kolesterol karena mengandung lemak trans yang sangat tinggi.

3. Keju

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Makanan ini sebenarnya bisa menjadi sumber protein dan kalsium yang baik karena terbuat dari susu. Tapi sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa meningkatkan kolesterol.

4. Kuning telur

Makanan Penurun Kolesterol Wajib Konsumsi

Kuning telur juga kaya akan protein dan bagus untuk kesehatan. Tapi 1 butir telur diketahui mengandung sekitar 186mg kolestrol, jadi jangan mengonsumsinya terlalu banyak.


Itu dia beberapa makanan yang harus dihindari agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan penurun kolesterol agar terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *