Ingin Hamil Sehat? Ini Dia Seluk-Beluk Makanan Ibu Hamil yang Penting Diketahui

2 min read

Makanan Ibu Hamil – Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Bukan saja untuk sang ibu, melainkan juga untuk janin yang ada dalam kandungan. Oleh karena itu, menu makanan ibu hamil sehari-hari harus benar-benar diperhatikan agar ibu sehat dan janin pun tumbuh dengan optimal.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil
Ibu Hamil | mommiesdaily.com

Pada dasarnya, ibu hamil juga disarankan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Namun, ada jenis makanan tertentu yang sangat disarankan untuk dikonsumsi, yaitu makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, zat besi, vitamin A dan C, kalsium, asam folat, dan iodin.

Untuk mendapatkan nutrisi penting tersebut, ibu hamil harus pandai mengatur menu makannya sehari-hari. Berikut ini beberapa aturan yang penting diperhatikan dalam mengatur menu makanan ibu hamil, yaitu:

a. Menu Sarapan

Siasati morning sickness dengan menu sarapan yang praktis, misalnya nasi putih atau nasi merah dengan lauk tahu atau tempe goreng dan tumis sayuran. Anda juga bisa membuat roti tawar isi daging/telur/ikan tuna dengan pelengkap keju, tomat, dan selada. Akhiri dengan segelas susu.

b. Menu Makan Siang

Untuk makan siang, Anda bisa membuat menu yang lebih bervariasi dan bergizi lengkap. Contoh menu makan siang sehat ibu hamil adalah nasi (putih atau merah), sayur berkuah, ikan atau ayam goreng, dan air putih. Lengkapi dengan buah, baik buah potong, jus, maupun smoothies.

c. Menu Makan Malam

Saat makan malam, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan kering. Namun, Anda tetap bisa makan sayuran yang diolah dengan cara ditumis atau cukup direbus/dikukus. Jangan lupa, tetap konsumsi buah dalam bentuk buah potong dan tutup dengan segelas susu.

d. Camilan

Selain makan berat, ibu hamil juga boleh kok makan camilan. Namun, perhatikan jenisnya. Pilihlah camilan yang sehat, seperti es krim, yoghurt, kacang kacangan, keripik buah, dan jus buah.

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil | liputan6.com

Ingin punya anak cerdas? Perhatikan asupan gizi selama kehamilan. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin, yaitu protein, AA-DHA, omega 3, 6, dan 9, vitamin A,B, dan C, kalsium, asam folat, dan zat besi.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil selama trimester pertama untuk mendapatkan anak cerdas. Jenis makanan tersebut adalah ikan, telur, yoghurt, bayam, buah berry, dan kacang-kacangan.

Mitos Makanan Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil
Ibu Hamil | parenting.dream.co.id

Dalam masyarakat Indonesia, mitos bisa ditemui dalam segala hal, termasuk dalam soal makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Meskipun terkadang benar, tak sedikit pula mitos-mitos yang beredar tidak sesuai dengan faktanya. Nah, apa saja mitos terkait makanan ibu hamil? Ini dia.

a. Nanas Menyebabkan Keguguran

Fakta: nanas matang aman dikonsumsi, tetapi nanas muda mengandung banyak bromealin yang menyebabkan otot serviks melunak sehingga memicu kontraksi dini dan keguguran.

b. Air Kelapa Hijau Membuat Kulit Bayi Bersih

Fakta: air kelapa memang baik untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil, tetapi tidak membuat kulit bayi bersih saat dilahirkan.

c. Durian Membuat Janin Kepanasan

Fakta: durian tidak berbahaya bagi janin, tetapi mengandung gas dan alkohol yang membuat tubuh terasa panas dan berbahaya bagi ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional.

d. Makan Ikan Membuat Bayi Bau Amis

Fakta: semua bayi berbau amis saat lahir karena keluar bersama air ketuban. Mengonsumsi ikan justru sangat baik karena kaya akan nutrisi yang penting untuk organ dan otak janin.

e. Minyak Kelapa dan Makanan Pedas Melancarkan Persalinan

Fakta: saluran pencernaan tidak sama dengan saluran untuk melahirkan, jadi belum tentu makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada jalan lahir.


Menjalani kehamilan dengan nyaman dapat diperoleh dengan menjaga kesehatan selama kehamilan. Semoga ulasan tentang seluk-beluk makanan ibu hamil di atas bisa membantu Anda mendapatkan kehamilan yang sehat dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *