Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda Hingga Menjelang Bersalin

1 min read

Makanan Baik untuk Ibu Hamil – Ibu hamil memerlukan asupan makanan yang mampu memberikan nutrisi bagi kesehatan ibu dan janin hingga persalinan. Dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil, masa kehamilan menjadi lebih aman dan nyaman.

Asupan nutrisi yang diperlukan selama hamil meliputi vitamin, protein, dan mineral terutama asam folat dan zat besi. Yang terpenting, ibu hamil harus menerapkan pola makan sehat dan seimbang.

Bukan dari segi kuantitas melainkan kualitas gizi yang memadai. Inilah ulasan lengkap tentang makanan untuk ibu hamil sebagai referensi Anda.

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Baik untuk Ibu Hamil

Pada trimester pertama, janin berkembang dengan cepat. Sekitar minggu keenam, sel darah merah mulai terbentuk dan jantung mulai berdetak sehingga asupan zat besi harus ditingkatkan. Zat besi bisa diperoleh dari daging dan sayuran hijau.

Pada fase ini, ibu hamil mengalami morning sickness berupa mual, muntah, hingga hilang nafsu makan. Kondisi ini berbeda pada setiap ibu hamil, ada yang ringan, ada pula yang berat hingga memerlukan bantuan medis.

Atasi morning sickness dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil seperti teh hangat dan perasan jeruk di pagi hari. Hindari makanan yang dapat memicu mual dan muntah seperti durian dan nanas.

Di minggu ke 12, otak bayi mulai berkembang cepat, Anda memerlukan DHA lebih banyak untuk mendukungnya. Sumber DHA tertinggi yaitu ikan sarden dan mackerel. Setidaknya Anda mengonsumsi dua porsi ikan ini setiap minggunya.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Baik untuk Ibu Hamil

Kualitas gizi yang baik untuk janin dapat dipenuhi dengan cara memberikan variasi menu yang sehat. Asupan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil di trimester pertama lebih banyak 180 kalori lebih banyak setiap harinya. Sementara di trimester kedua dan ketiga, ibu hamil memerlukan tambahan sebanyak 300 kilo kalori.

Pada trimester kedua, ibu hamil perlu menghindari konsumsi kafeina, rokok, atau minuman beralkohol yang dapat mengganggu kondisi janin. Kurangi makanan dan minuman mengandung kafeina seperti kopi, teh, cokelat, dan keju terutam sore hari dan menjelang jam tidur.

Kurangi juga minum air pada sore dan malam hari agar tidur tidak terganggu karena kerap buang air kecil. Hindari makanan pedas dan asam, karena dapat mengganggu pencernaan.

Sebelum istirahat di malam hari, disarankan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna untuk membantu mendapatkan tidur yang maksimal.

Tidak ada salahnya menyantap makanan kecil sebelum tidur. Pilihlah makanan yang sehat seperti buah dan sayuran untuk mengurangi risiko morning sickness di pagi harinya.

Untuk menu makanan sehat di trimester ketiga, ibu hamil memerlukan lebih banyak kalori. Perhatikan asupan nutrisi karbohidrat, tidak hanya nasi, melainkan olahan gandum, roti, dan kentang.

Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral sangat penting bagi ibu hamil. Berikut beberapa buah yang disarankan:

Pisang

Makanan Baik untuk Ibu Hamil

Pisang mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah, kalori sebagai sumber energi, dan zat besi untuk mencegah anemia.

Jeruk

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda

Buah ini mengandung vitamin C, serat, dan folat. Kandungan air dalam jeruk mampu membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan cairan.

Alpukat

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Muda

Buah alpukat kaya akan vitamin B, C, kalium, dan asam folat. Alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan pada janin.

Mangga

Makanan Baik untuk Ibu Hamil

Mangga juga mengandung kalium, serat, vitamin C, dan vitamin A dalam kadar tinggi. Sehingga mangga baik bagi pertahanan tubuh dan mencegah sembelit.


Itulah makanan yang baik untuk ibu hamil mulai dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *