Kenali 7 Tanda-Tanda Kanker Serviks Ini Sejak Dini

1 min read

Tanda-Tanda Kanker Serviks – Kanker serviks telah menjadi momok bagi kaum hawa. WHO mencatat lebih dari satu juta wanita di dunia telah mengidap kanker serviks. Kabar baiknya, kanker ini dapat disembuhkan. Maka dari itu, kenali tanda-tanda kanker serviks berikut ini agar dapat mencegahnya berkembang.

Apa Itu Kanker Serviks?

Tanda-Tanda Kanker Serviks
Kanker Serviks | orami.co.id

Kanker serviks merupakan kanker yang banyak menyerang leher rahim. Kanker ini terjadi akibat dari infeksi virus human papillomavirus (HPV) yang dapat ditularkan melalui hubungan intim dengan pasangan. Saat virus ini menyerang untuk pertama kalinya, sistem kekebalan tubuh berusaha untuk melawannya.

Akan tetapi, virus HPV ini cukup tangguh. Sel-sel tersebut dapat bertahan di dalam tubuh seorang wanita selama bertahun-tahun. Seiring berjalannya waktu, virus ini akan menginfeksi sel-sel yang sehat dan normal, lalu mengubahnya secara genetik, sehingga sel tersebut menjadi tidak normal.

Lambat laun sel yang tidak normal tersebut mulai menginvasi dan menggantikan sel-sel sehat yang telah mati. Sel-sel yang abnormal itu pun tumbuh secara tidak terkontrol hingga membentuk massa besar yang disebut tumor.

Apa Tanda-Tanda Kanker Serviks?

Tanda-Tanda Kanker Serviks
Kanker Serviks | kemkes.go.id

Kanker serviks sebenarnya dapat dicegah dan disembuhkan jika masih pada tahap awal. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks sejak dini agar bisa mendapapatkan penanganan yang sesuai.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda umum kanker serviks yang perlu Anda waspadai.

1. Pendarahan yang Tidak Wajar Keluar dari Organ Intim

Pendarahan ini berbeda dengan masa menstruasi yang dialami oleh seorang wanita. Pendarahan ini terjadi meskipun Anda tidak sedang haid.

Biasanya pendarahan ini terjadi setelah atau ketika berhubungan intim, usai buang air besar, dan pasca pemeriksaan panggul. Bahkan, pendarahan ini bisa jadi menstruasi yang berkepanjangan dan tidak kunjung usai.

2. Ditemukannya Darah pada Tinja dan Urin

Pada beberapa kasus lain, darah yang terdapat pada tinja merupakan gejala dari wasir. Akan tetapi, jika Anda terus mengalami hal ini ketika buang air kecil atau besar, segera periksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu adalah salah satu tanda-tanda kanker serviks.

3. Keputihan yang Tidak Wajar

Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami keputihan. Hal ini merupakan hal yang normal. Namun, apabila keputihan yang Anda alami tidak seperti biasanya misalnya memiliki bau yang menyengat, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter. Terlebih kalau keputihan berbau tidak sedap, bercampur dengan darah, baik berwarna jernih atau kecoklatan.

4. Nyeri Panggul

Apakah Anda sering merasakan nyeri pada perut bagian bawah? Bila nyeri dirasa berlebihan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

5. Nyeri Ketika Berhubungan Intim

Apabila Anda sering mengalami nyeri yang tidak biasa ketika sedang berhubungan intim, sebaiknya mengonsultasikan hal tersebut dengan dokter.

6. Mudah Lelah

Mudah merasa letih bisa jadi merupakan akibat dari sel-sel kanker termasuk kanker serviks yang telah menyebar. Meskipun Anda tetap harus bertanya dengan dokter dan melakukan pemeriksaan

7. Masalah Buang Air Kecil

Salah satu gejala kanker leher rahim ini adalah masalah buang air kecil. Hal ini dapat berupa susah buang air kecil atau nyeri ketika buang air kecil.

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Serviks?

Kanker Serviks
Kanker Serviks | halodoc.com

Kanker serviks dapat dicegah dengan cara melakukan pap smear secara berkala, mendapatkan vaksinasi HPV, menghindari rokok, dan menggunakan pengaman ketika berhubungan intim.


Sekarang Anda telah mengetahui tanda-tanda kanker serviks yang dapat dideteksi dengan mudah. Segera konsultasikan ke dokter apabila menemukan beberapa dari tanda-tanda tersebut terjadi pada diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *