Kenali 4 Penyakit Tiroid Untuk Penanganan yang Lebih Baik

1 min read

Penyakit Tiroid – Salah satu tanda dari penyakit tiroid adalah timbulnya pembengkakan di bagian leher. Penyakit ini memang tidak mematikan. Akan tetapi, lebih baik Anda mengetahui jenis-jenis penyakit tiroid sehingga dapat melakukan pencegahan.

Apakah Penyakit Tiroid Itu?

Tiroid
Penyakit Tiroid | health.uzone.id

Penyakit tiroid adalah gangguan pada kelenjar tiroid yang terdapat di leher. Gangguan tersebut bisa berupa jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar ini tidak memadai atau bahkan mungkin berlebihan, sehingga memengaruhi kinerja sel-sel dalam tubuh.

Kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu ini memiliki peran yang penting dalam sistem metabolisme tubuh dan pertumbuhan. Kelenjar tiroid juga memproduksi hormon yang berfungsi untuk mengatur detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, serta proses perubahan makanan menjadi energi.

Apa Saja Jenis Penyakit Tiroid?

Penyakit Tiroid
Penyakit Tiroid | okaydoc.com

Berdasarkan sebabnya, gangguan pada kelenjar tiroid terbagi menjadi 4 jenis yang diantaranya adalah.

1. Penyakit Hashimoto

Penyakit Hashimoto adalah salah satu dari kondisi hipotiroidisme. Pada kondisi ini, kelenjar tiroid hanya memproduksi sedikit sekali hormon tiroksin sehingga menyebabkan masalah autoimun.

Ketika seseorang mengidap penyakit Hashimoto, sistem kekebalan orang tersebut akan menghancurkan kelenjar tiroid sedikit demi sedikit. Akibatnya, kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon dengan maksimal.

Penyakit Hashimoto ini tidak mudah untuk dideteksi. Akan tetapi, Anda dapat mengenali gejala umumnya yaitu kulit kering, sembelit, depresi, berat badan meningkat, rambut kering dan menipis, kulit kering, dan mudah lelah.

2. Penyakit Grave

Penyakit Grave merupakan kebalikan dari penyakit Hashimoto. Penyakit Grave merupakan kondisi hipertiroidisme yaitu keadaan di mana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan sehingga timbul masalah autoimun.

Penyakit Grave ini sebenarnya dapat menyerang siapa saja terutama wanita berusia 20-30 tahun. Beberapa faktor risiko yang dapat memicu penyakit ini adalah kehamilan, stres, dan merokok.

Gejala dari penyakit ini adalah lelah, cepat marah, tremor pada tangan, gelisah, sulit tidur, keringat berlebih, diare, dan detak jantung menjadi lebih cepat.

3. Gondok

Struma atau yang lebih dikenal dengan nama gondok adalah kondisi dimana kelenjar tiroid mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh kekurangan yodium.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih berisiko untuk menderita gondok diantaranya adalah adanya faktor keturunan, terkena paparan radiasi, hamil, atau efek dari pemakaian obat tertentu.

4. Nodul Tiroid

Nodul tiroid hampir sama dengan gondok yaitu terdapat benjolan pada kelenjar tiroid. Benjolan tersebut bisa saja berbentuk padat atau berisi cairan.

Akan tetapi, jangan khawatir, benjolan tersebut biasanya bersifat jinak. Namun, pada beberapa kasus benjolan tersebut berubah menjadi kanker.

Cara Mencegah Penyakit Tiroid

Tiroid
Penyakit Tiroid | halodoc.com

Penyakit tiroid tetap saja akan mengganggu aktivitas Anda meskipun penyakit tersebut tidak terlalu berbahaya. Maka dari itu, Anda pun harus melakukan beberapa tindakan pencegahan sebagai berikut.

  • Berhenti merokok.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman berbahan dasar kedelai.
  • Konsumsi makanan mengandung yodium dalam jumlah yang cukup seperti garam beryodium, ikan, telur, dan susu.
  • Hindari penggunaan produk atau makanan yang mengandung fluoride.
  • Menambah asupan selenium yang bisa Anda dapatkan dari ikan tuna, sarden, dan kacang-kacangan.
  • Perbanyak asupan zink yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daging ayam, hati ayam, kerrang-kerangan, dan daging sapi.
  • Menambah asupan kalsium.

Penyakit tiroid memang bisa saja sangat mengganggu. Berita baiknya adalah penyakit ini dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup dan pola makan Anda dengan menambahkan beberapa asupan vitamin dan mineral. Apabila gejala penyakit ini semakin parah, segera hubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *