Mengenal Lebih Dekat Kanker Tiroid: Jenis, Gejala, dan Cara Pengobatannya

2 min read

Kanker Tiroid – Tidak seperti penyakit lainnya yang lebih umum, kanker tiroid termasuk yang jarang terjadi. Rentang usia penderita pun cukup spesifik, yaitu antara 35-39 tahun dan di atas 70 tahun. Di antara kedua gender, wanita lebih berisiko terkena kanker tiroid tiga kali lebih besar daripada pria.

Mengapa demikian? Penyebabnya masih belum dapat dipastikan, namun kecurigaan mengarah pada perubahan hormon dalam sistem reproduksi wanita.

Anda akan menemukan sejumlah informasi lain dalam artikel ini tentang kanker tiroid yang meliput jenis-jenisnya, gejala, serta metode pegobatannya. Mari simak sampai habis.

Jenis Kanker Tiroid

Jenis Kanker Tiroid
kanker tiroid | tirto.id

Berdasarkan faktor risiko usia dan genetis, kanker tiroid dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

  1. Karsinoma papiler, jenis yang paling sering ditemui, biasanya menjangkiti wanita berusia kurang dari 40 tahun.
  2. Karsinoma folikuler, jenis kanker yang cenderung menjangkiti penderita lanjut usia.
  3. Karsinoma medular tiroid, jenis yang muncul karena faktor keturunan.
  4. Karsinoma tiroid anaplastik, jenis kanker yang paling jarang ditemui namun penyebarannya sangat agresif. Kanker jenis ini umum menjangkiti penderita di atas usia 60 tahun.

Selain karena usia dan faktor genetis, kanker tiroid dapat pula menjangkiti seseorang karena memiliki berat badan berlebih dan tinggi di atas rata-rata orang dewasa. Faktor lain adalah karena terkena radiasi dari nuklir atau pengobatan tertentu, serta mengalami gangguan pencernaan.

Gejala Kanker Tiroid

Kanker Tiroid
kanker tiroid | tirto.id

Kanker tiroid tahap awal cenderung tanpa gejala atau sedikit sekali memperlihatkan tanda-tanda. Baru pada tahap lanjutan, gejala mulai timbul. Seringnya diindikasikan dengan muncul benjolan yang tidak terasa sakit pada daerah leher di bagian bawah jakun.

Meskipun begitu, tak semua benjolan pada leher berarti kanker tiroid karena penyakit gondok pun ditandai dengan adanya pembengkakan di sekitar daerah yang sama. Beberapa gejala lain yang menandakan kanker tiroid adalah:

  1. Tenggorokan sakit
  2. Sulit menelan
  3. Suara serak dan sulit sembuh
  4. Leher terasa sakit
  5. Muncul pembengkakan pada kelenjar getah bening di daerah leher

Cara Mengobati Kanker Tiroid

Jenis Kanker Tiroid
kanker tiroid | kondisiumum.com

Dilihat dari jenis dan penyebarannya, pengobatan kanker tidoid untuk pasien tertentu dapat berbeda dengan yang lainnya. Beberapa upaya pengobatan yang diterapkan untuk menangani kanker ini adalah seperti di bawah ini.

  1. Tiroidektomi, prosedur untuk mengangkat sebagian atau bahkan seluruh kelenjar tiroid. Efek samping dari prosedur ini adalah pasien tidak bisa lagi menghasilkan hormon yang berfungsi mengatur sistem metabolisme tubuh.
  2. Terapi pengganti hormon, prosedur ikutan setelah pasien menjalani tiroidektomi. Terapi ini diberikan dalam bentuk tablet dan pasien diharuskan meminumnya seumur hidup.
  3. Pengaturan kadar kalsium, juga merupakan prosedur ikutan setelah tiroidektomi. Karena operasi pengangkatan kelenjar tiroid seringnya berefek pada kelenjar paratidorid yang bertugas mengatur kandungan kalsium dalam darah, maka prosedur ini juga sering diterapkan.
  4. Perawatan iodium radioaktif, dilakukan pascabedah untuk menghilangkan sel-sel kanker yang masih ada.
  5. Radioterapi eksternal, prosedur yang dilakukan untuk menangani kanker stadium lanjut.
  6. Kemoterapi, diterapkan hanya untuk menangani karsinoma tiroid anaplastik yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pepatah tak ada gading yang tak retak, agaknya harus disematkan pada prosedur-prosedur pengobatan kanker tiroid di atas. Walaupun tak sebanyak manfaat yang ingin didapat dari metode penyembuhan tersebut, namun tetap saja ada kekurangan.

Contohnya adalah munculnya kembali kanker ini sekalipun sudah diangkat melalui tiroidektomi. Hal demikian bisa terjadi bukan karena efek samping dari operasi pengangkatan, akan tetapi disebabkan oleh sudah menyebarnya sel kanker hingga keluar kelenjar.


Adakah cara pencegahan dari kanker tiroid ini? Sayang sekali, karena penyebabnya belum diketahui, upaya pencegahan yang efektif juga belum ditemukan. Namun, jangan menjadikan hal itu sebagai alasan untuk tak menerapkan gaya hidup sehat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *