5 Jenis Kanker Tulang dan Cara Pengobatannya

2 min read

Jenis Kanker Tulang

Kanker Tulang – Kanker tulang terbagi menjadi dua jika dilihat dari tempat pertumbuhannya. Pertama adalah kanker tulang primer, di mana sel-sel abnormal tumbuh dan berkembang langsung di tulang.

Lainnya adalah kanker tulang sekunder, di mana tempat pertumbuhan sel-sel abnormal mula-mula adalah di bagian tubuh lain sebelum menyebar hingga ke tulang-tulang. Walaupun seluruh tulang dapat terkena kanker, sebagian besar kasus terjadi pada anggota gerak.

Artikel ini akan membahas berbagai informasi tentang kanker tulang. Termasuk di dalamnya adalah jenis-jenis, tahapan perkembangan, dan cara pengobatan penyakit kanker ini. Berikut uraiannya.

Jenis-Jenis Kanker Tulang

Kanker Tulang
kanker tulang | deherba.com

Ditinjau dari tempat asal sel tidak normal mula-mula tumbuh, kanker tulang dibedakan menjadi lima jenis. Kelima jenis kanker tulang tersebut adalah:

1. Osteosarcoma

Kanker yang biasanya menyerang anak laki-laki dalam masa pertumbuhan karena perkembangan mula-mula sel penyakit ini terdapat pada tulang-tulang yang sedang aktif tumbuh. Contohnya adalah tulang kering, lengan, dan paha.

2. Chondrosarcoma

Kanker yang berkembang di dalam sel-sel tulang rawan, seperti paha, panggul, rusuk, belikat, atau bagian atas lengan. Biasanya, penderita chondrosarcoma berusia 40 tahun ke atas.

3. Sarcoma Ewing’s

Jenis yang lebih banyak menyerang anak laki-laki pada rentang usia 4-15 tahun daripada orang dewasa. Hal ini dikarenakan sel kanker berkembang di dalam jaringan saraf dalam sumsum tulang yang belum dewasa.

4. Tumor Sel Raksasa pada Tulang

Jenis penyakit jinak yang berkembangnya pada tulang kaki di dekat lutut.

5. Chordoma

Muncul dan berkembang di tulang belakang atau dasar tulang tengkorak. Umumnya didapati menyerang orang dengan usia 30 tahun ke atas. Dibandingkan wanita, lelaki berisiko dua kali lebih besar terkena chordoma.

Tahapan Perkembangan Kanker Tulang

Kanker Tulang
kanker tulang | daherba.com

Tingkat keparahan kanker tulang dinyatakan dengan stadium 1 hingga 4, di mana semakin besar angkanya maka semakin parah kondisinya. Penjelasannya sebagai berikut.

  • Stadium 1, kanker baru menjangkiti satu bagian tulang. Terdapat dua jenis tahapan, yaitu:
    • Stadium 1A, di mana tumor berukuran kurang dari atau sama dengan 8 cm.
    • Stadium 1B, di mana tumor lebih besar dari 8 cm atau jika terdapat tumor lebih dari satu di tempat yang sama.
  • Stadium 2, kanker stadium 1 yang mulai terlihat keagresifannya. Terdapat dua jenis tahapan pula, yaitu stadium 2A dan 2B dengan penjelasan yang sama dengan 1A dan 1B
  • Stadium 3, kanker mulai menyebar ke area lain pada tulang yang sama.
  • Stadium 4, kanker yang menyerang tulang sudah menyebar ke organ lain dalam tubuh, contohnya hati, otak, atau paru-paru. Terdapat pula dua jenis tahapan, yaitu:
    • Stadium 4A, di mana tumor telah menyebar hingga ke paru-paru.
    • Stadium 4B, di mana tumor menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan atau menyebar ke organ tubuh lain selain paru-paru.

Pengobatan Kanker Tulang

Kanker Tulang
kanker tulang | deherba.com

Adapun prosedur yang dapat dilakukan untuk menangani kanker tulang adalah:

1. Operasi

  • Pengangkatan tulang, dapat dilakukan untuk mengatasi kanker stadium 1 hingga 3.
  • Amputasi, dilakukan jika operasi pengangkatan tulan tidak berhasil atau apabila kanker telah menyebar hingga ke kulit, pembuluh darag, dan saraf.

2. Kemoterapi

Biasanya dilakukan sebelum operasi pada kasus kanker tulang. Tujuannya untuk mengecilkan besar kanker agar amputasi tidak perlu dilakukan.

3. Obat perangsang sistem imunitas tubuh

Obat ini bernama Mifamurtide. Perannya untuk membunuh sel kanker.

4. Radioterapi

Dapat dilakukan sebelum atau sesudah operasi yang bertujuan untuk menghambat agresivitas kanker.


Tak ada yang ingin diserang penyakit, terlebih lagi kanker tulang. Maka dari itu, mari berupaya untuk terus hidup sehat dengan rajin berolahraga, menjaga asupan bernutrisi baik, dan menghindari kebiasaan buruk merokok serta menenggak minuman keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *