Gejala Tumor dan Perbedaannya dengan Kanker

2 min read

Gejala Tumor – Bicara tentang penyakit, salah satu yang paling ditakuti banyak orang tentunya adalah tumor. Tumor merupakan jaringan yang terbentuk dari pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Gejala tumor pun bisa bermacam-macam tergantung dari jenis atau letaknya di dalam tubuh.

Perbedaan Tumor dan Kanker

Gejala Tumor
Tumor dan Kanker | doktersehat.com

Sampai saat ini masih banyak orang yang salah paham dan menyamakan antara tumor dan kanker. Keduanya adalah penyakit yang sama-sama disebabkan oleh tumbuhnya sel abnormal, tapi sebenarnya tumor dan kanker memiliki perbedaan yang cukup besar.

Pada dasarnya, tumor dibedakan menjadi dua macam berdasarkan sifatnya, yaitu jinak dan ganas. Tumor jinak biasanya hanya tumbuh di satu bagian organ dan cukup mudah disembuhkan.

Meski relatif tidak berbahaya, jangan pernah menganggap remeh penyakit tumor. Tumor jinak tetap harus ditangani dengan benar agar kondisinya tidak semakin parah. Karena bila dibiarkan, tumor jinak pun bisa berubah menjadi ganas.

Sementara itu, tumor ganas biasanya muncul di organ tertentu tapi sel abnormalnya tumbuh dengan sangat cepat dan tidak terkendali. Akibatnya, sel-sel tersebut menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya.

Tumor ganas inilah yang kemudian disebut dengan kanker. Karena sifatnya yang jauh berbeda dari tumor jinak, maka proses penyembuhan kanker biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Gejala Tumor Otak

Gejala Tumor
Tumor Otak | phcneuroscience.com

Tumor bisa tumbuh di organ atau bagian tubuh mana saja dengan gejala yang berbeda-beda. Salah satu organ yang bisa terkena tumor adalah otak, dan penyakit ini bisa fatal karena dapat menyebabkan kematian.

Gejala tumor otak:

1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah keluhan yang sangat umum, itulah kenapa gejala ini sering diabaikan oleh penderitanya. Namun pada kasus tumor otak, sakit kepala biasanya terjadi secara terus-menerus dan cenderung semakin parah.

2. Penglihatan kabur

Tumor pada otak juga dapat mempengaruhi fungsi mata. Penglihatan akan semakin buram/kabur, terkadang muncul titik-titik putih. Bahkan bila kondisi tumor semakin parah, kehilangan penglihatan juga bisa terjadi.

3. Mual dan muntah

Sama seperti sakit kepala, keluhan ini juga cukup umum terjadi dan sulit dibedakan dari gejala penyakit lain. Tapi bila sering terjadi dan tidak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih tepat.

4. Kejang

Pertumbuhan tumor dalam otak akan menimbulkan iritasi dan membuat sel saraf tidak berfungsi dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan tubuh mengalami kejang. Kejang bisa terjadi pada seluruh tubuh atau sebagian, misalnya gerakan menyentak secara tiba-tiba.

5. Sering lupa (pikun)

Penderita tumor otak cenderung mengalami masalah dengan ingatannya, sehingga sering merasa bingung dan sulit berpikir dengan baik.

Gejala Tumor Payudara

Gejala Tumor
Tumor Payudara | strikingly.com

Selain pada otak, tumor payudara juga termasuk penyakit yang sangat ditakuti, apalagi bila berkembang menjadi kanker dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sebagai langkah pencegahan, cermati tanda-tanda tumor payudara di bawah ini:

1. Adanya benjolan pada payudara atau di daerah sekitarnya, misalnya di ketiak. Umumnya benjolan ini tidak terasa sakit, tapi kadang juga terasa nyeri saat ditekan.

2. Terjadi perubahan fisik pada payudara, baik dalam hal bentuk maupun ukuran.

3. Kulit payudara biasanya juga mengalami perubahan, misalnya terjadi penebalan seperti kulit jeruk, bersisik, iritasi, atau kemerahan.

4. Bagian puting pada payudara bisa berubah kemerahan seperti mengalami peradangan

5. Puting payudara bisa mendadak berkerut/cekung ke dalam.

6. Puting payudara mengeluarkan cairan/darah.

7. Tumor payudara yang tergolong jinak biasanya berukuran kecil dan tak lebih dari 5 cm.


Itu dia beberapa gejala tumor yang tidak boleh diabaikan. Baik itu tumor jinak maupun ganas, semuanya memiliki resiko yang membahayakan. Jangan anggap remeh gejala sekecil apapun karena tumor lebih mudah disembuhkan apabila dapat dideteksi sejak dini.