Mengenali Gejala Tumor Otak, Penyebab, dan Cara Penanganannya

2 min read

Gejala Tumor Otak – Tumor otak adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada organ vital yang mana seluruh neuron syaraf berpusat padanya. Keberadaan penyakit ini sering tidak disadari oleh sang pengidap. Ketimbang terlambat mengenali, Anda perlu mngetahui berbagai gejala tumor otak di sini.

Gejala Umum Tumor Otak

Tumor Otak
Gejala Tumor Otak | catatanmini.com

1. Sakit Kepala Hebat dan Terus-Menerus

Sakit kepala merupakan gejala paling wajar dari penyakit ini. Umumnya, kepala terasa pusing di pagi hari dan menyerang tempat yang sama.

2. Kejang

Kejang juga merupakan gejala umum dan biasanya terjadi tanpa disadari. Gejala ini dapat timbul pada orang-orang baik yang memiliki riwayat kejang maupun yang tidak.

3. Mual dan Muntah

Sama seperti sakit kepala, perut juga terasa mual di pagi hari, bahkan hingga muntah.

4. Perilaku Berubah

Seseorang dengan tumor yang terdapat di lobus frontal dapat merasakan kesulitan mengendalikan perilaku dan bermasalah dalam menyerap informasi baru. Hal ini dapat terjadi karena lobus frontal merupakan otak bagian depan yang berfungsi menghubungkan dan memadukan semua komponen perilaku.

5. Penglihatan Terganggu

Gangguan ini merupakan gejala spesifik yang dialami seseorang dengan tumor yang tumbuh di area lobus oksipital (daerah yang berhubungan dengan penglihatan). Penglihatan menjadi buram hingga sulit membedakan benda dan warna.

6. Kesulitan Bicara

Kesulitan bicara merupakan gejala lain yang seseorang alami jika tumor tumbuh di sekitar lobus temporal, daerah yang berfungsi untuk menerima dan mengenali bunyi atau ujaran.

Faktor Risiko Tumor Otak

Gejala Tumor Otak
Gejala Tumor Otak | http://penyakit.id

Sebenarnya, hingga detik ini belum ditemukan penyebab pasti tumor otak. Para peneliti baru memiliki kecurigaan pada beberapa hal yang kemudian disebut dengan faktor risiko.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena tumor otak adalah usia, paparan radiasi, dan riwayat anggota keluarga.

• Usia

Semakin tua seseorang, maka semakin meningkat pula risikonya terkena tumor otak. Meskipun begitu, ada beberapa jenis tumor tertentu yang lebih banyak menyerang anak-anak.

• Paparan radiasi

Orang-orang dengan frekuensi tinggi terpapar radiasi yang terionisasi lebih berisiko terkena tumor otak. Radiasi yang terionisasi meliputi jenis yang digunakan terapi untuk penyakit kanker dan yang berasal dari ledakan bom atom.

• Riwayat anggota keluarga

Meski jumlah kasusnya sedikit, namun risiko meningkat bagi orang dengan anggota keluarga yang terkena kanker otak.

Makanan Berisiko

Faktor lain yang menimbulkan kecurigaan karena berhubungan erat dengan aktivitas harian manusia adalah makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi dalam jumlah banyak.

1. Makanan Kaleng

Selain praktis dan enak, makanan kaleng tak memiliki kelebihan lain. Banyak bahan kimia terkandung dalam makanan kaleng, misalnya zat pengawet, aditif, pewarna, hingga pemanis buatan.

2. Gorengan

Makanan yang mengandung banyak minyak ini menyimpan lemak-lemak jahat yang buruk bagi tubuh.

3. Minuman Bersoda

Sama seperti makanan dalam kaleng yang mengandung banyak bahan kimia, minuman bersoda pun demikian. Selain gas, terdapat pula pemanis buatan, zat pewarna, dan pengawet yang berbahaya jika sering dikonsumsi.

Penanganan Tumor Otak

Gejala Tumor Otak
Gejala Tumor Otak | http://news.gunadarma.ac.id

Dari gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, dapat diketahui bahwa ternyata tumor dapat tumbuh tak hanya di satu bagian saja. Hal ini menyebabkan cara penanganannya pun berbeda.

Selain lokasi, faktor-faktor lain yang perlu ditentukan untuk memberikan penanganan yang tepat meliputi ukuran dan tingkat keganasan tumor. Tumor ganas, misalnya, tentu memerlukan penanganan berupa pembedahan otak untuk mengangkat sel-sel tumor sebanyak mungkin.


Memang belum ada sistem atau mekanisme pencegahan tumor yang efektif hingga hari ini. Tetapi tak ada salahnya mengupayakan gaya hidup sehat mulai sekarang. Anda tentu tak ingin mengalami satu dari gejala tumor otak di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *