Sering Disepelekan, Inilah Gejala Serangan Jantung yang Penting Anda Ketahui!

2 min read

Gejala Serangan Jantung – Banyak orang mengira gejala serangan jantung hanya meliputi sakit yang tiba-tiba pada bagian dada saja. Meski tak sepenuhnya salah, ternyata ada tanda-tanda lain yang mengawali nyeri dada tersebut.

Apa saja tanda-tanda itu? Apakah berbahaya dan mengganggu aktivitas sehari-hari? Artikel ini akan mengulas tanda-tanda sakit jantung disertai dengan penyebab dan pencegahannya. Mari simak sampai habis.

Tanda-Tanda/Gejala Serangan Jantung

Serangan Jantung
Serangan Jantung | idntimes.com

1. Sesak Napas

Terganggunya fungsi kerja jantung dapat mengakibatkan sedikitnya jumlah oksigen yang dapat diproses dalam sistem pernapasan.

2. Mengeluarkan keringat yang tidak normal

Segera periksa ke dokter jika Anda berkeringat dingin dan mengeluarkan banyak keringat justru di malam hari daripada saat siang. Karena keringat selalu menjadi penanda bahwa ada yang tak beres dengan jantung Anda.

3. Dada Terasa Tertekan

Dada terasa tertekan bisa jadi disebabkan karena jantung tidak menerima darah yang mengandung banyak oksigen.

4. Detak Jantung Tidak Normal

Aritmia, atau irama detak jantung yang tidak teratur, juga menjadi penanda adanya gangguan pada organ dalam tersebut. Cepat menyadarinya atau tidak, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter.

5. Nyeri Lengan

Sekilas memang nampak tak berhubungan, namun nyeri pada lengan, khususnya sebelah kiri, juga dapat menandakan gejala awal serangan jantung. Saat jantung Anda kesakitan, rasa sakit tersebut berpindah ke sumsum tulang belakang yang terdapat banyak saraf.

Otak menjadi bingung di mana sumber rasa sakit tersebut. Alih-alih jantung, Anda justru merasakan ketidaknyamanan pada lengan kiri.

6. Nafsu Makan Hilang

Stres juga dapat menyebabkan persoalan lain pada tubuh, seperti mual dan hilangnya nafsu makan.

7. Kaki Bengkak

Saat fungsi jantung menurun, cairan akan keluar dari pembuluh darah di kaki dan menyebabkan kebengkakan.

8. Keletihan

Anda wajib mencurigai rasa letih tanpa penyebab yang jelas. Karena keletihan yang demikian merupakan gejala pokok dari serangan jantung.

9. Batuk yang Tidak Berhenti

Periksakan segera gejala batuk yang tidak disertai dengan flu atau pilek, terutama jika mengeluarkan dahak berwarna merah muda. Sebab batuk yang demikian dipercaya menandakan penyakit kardiovaskular.

Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Gejala Serangan Jantung
Serangan Jantung | kompasiana.com

Terdapat istilah aterosklerosis yang berarti penimbunan lemak dalam pembuluh darah. Hal itulah yang mendasari terjadinya penyakit jantung.

Kelainan pada jantung juga dapat disebabkan karena Anda malas berolahraga serta mengonsumsi makanan yang tak sehat. Kebiasaan buruk merokok, obesitas, serta gula darah dan tekanan darah tinggi dapat menjadi pemicu lainnya.

Pencegahan Penyakit Jantung

Gejala Serangan Jantung
Serangan Jantung | curelesstrol.com

Sekarang, bagaimana caranya agar Anda tak harus mengalami penyakit jantung ini? Jawabannya mudah yaitu lakukan hal yang berlawanan dengan pemicunya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Tidak Merokok

Tak ada satu pun manfaat yang dibawa rokok. Rokok menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk pula jantung. Coret aktivitas merokok dari daftar kebiasaan buruk jika Anda sayang terhadap diri sendiri dan ingin hidup lebih lama.

2. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Setali tiga uang dengan rokok, minuman beralkohol pun tidak membawa satu pun manfaat bagi tubuh Anda. Jangan hanya dikurangi, tapi hindari meminumnya sama sekali.

3. Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat meliputi rutin menyuplai diri dengan beragam buah dan sayur serta hindari makanan berlemak.

4. Kontrol Tekanan dan Kadar Gula dalam Darah

Periksa keduanya secara berkala agar tak melebihi batas normal.

5. Berolahraga Teratur

Tak cukup hanya menghindari kebiasaan buruk, Anda juga harus mulai teratur berolahraga. Luangkan waktu paling tidak di akhir pekan untuk melakukan olahraga, seperti berlari mengitari lingkungan tempat tinggal beberapa putaran.


Hal terbaik yang dapat Anda lakukan demi diri dan hidup yang lebih sehat adalah memperbaiki keseharian, sebab penyakit tak datang tanpa diundang. Semoga artikel gejala serangan jantung ini dapat membantu Anda memulai perbaikan-perbaikan tersebut. Salam hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *