Ketahui Gejala Sakit Jantung Agar Tak Salah Langkah Pengobatan

2 min read

Gejala Sakit Jantung – Saat mendengar kata “sakit jantung”, kebanyakan orang pasti membayangkan serangan jantung. Padahal, penyakit jantung banyak jenisnya, tergantung penyebab dan bagian jantung yang mengalami gangguan.

Karena itu, cara penanganannya pun tidak sama. Agar tak salah mengambil tindakan, Anda perlu mengenal gejala sakit jantung berdasarkan jenisnya.

Pengertian, Jenis, dan Gejala Sakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung

Seperti organ tubuh lainnya, jantung juga bisa mengalami gangguan. Kondisi saat jantung mengalami gangguan inilah yang disebut penyakit jantung.

Bentuk gangguan pada jantung sendiri bisa bermacam-macam sehingga dikenal berbagai jenis penyakit jantung, di antaranya:

  1. Penyakit jantung koroner: dinding pembuluh darah arteri menebal akibat penumpukan lemak sehingga jumlah darah yang masuk ke jantung berkurang dan tekanan darah naik.
  2. Aritmia: gangguan irama jantung sehingga jantung berdenyut sangat cepat, sangat lambat, atau tidak beraturan.
  3. Kardiomiopati: gangguan pada otot jantung yang mengakibatkan fungsi otot jantung menurun sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup untuk tubuh.
  4. Miokarditis: peradangan pada otot jantung akibat infeksi, baik oleh bakteri, virus, jamur, maupun parasit.
  5. Penyakit katup jantung: gangguan pada salah satu atau beberapa dari empat katup jantung.
  6. Penyakit jantung bawaan: kelainan jantung yang sudah ada sejak bayi lahir, seperti lemah jantung lemah atau terdapat lubang pada jantung.

Gejala Serangan Jantung

Gejala Penyakit Jantung

Banyak orang yang tidak mengetahui gejala serangan jantung sehingga tidak menyadari ketika gejala tersebut datang. Akibatnya, pasien terlambat ditangani.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, ada baiknya Anda mengetahui gejala awal serangan jantung berikut ini:

1. Kelelahan

Menurunnya aliran darah ke jantung menyebabkan otot jantung mengalami ketegangan ekstra sehingga tubuh kelelahan.

2. Sakit pada tubuh bagian atas

Pembuluh darah yang tersumbat membuat darah yang mengangkut oksigen terhalang sehingga otot jantung kehabisan oksigen. Sinyal sakit yang dikirim tidak spesifik sehingga otak kebingungan menentukan lokasi sumber sakit. Akibatnya rasa sakit bisa dirasakan di bahu, punggung atas, rahang, atau leher.

3. Sesak napas

Sesak napas terjadi tiba-tiba tanpa sebab, termasuk saat bangun tidur akibat terhambatnya suplai oksigen.

4. Nyeri dada

Nyeri dada atau angina sebagai gejala serangan jantung memiliki kekhasan, yaitu dada terasa seperti terbakar, tertekan, terhimpit, atau teremas di bagian tengah.

5. Nyeri perut

Masalah perut, seperti mual, muntah, atau perut tegang bisa jadi merupakan gejala serangan jantung, terutama pada wanita.

6. Leher dan rahang tidak nyaman

Rasa tidak nyaman pada leher atau rahang tanpa diketahui sebabnya bisa jadi indikasi serangan jantung.

Gejala Gagal Jantung

Gejala Sakit Jantung

Yang disebut gagal jantung adalah kondisi ketika otot jantung sangat lemah sehingga tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh.

Gagal jantung bisa dipicu penyakit jantung koroner, aritmia, kardiomiopati, kerusakan katup jantung, miokarditis, hipertensi, hipertiroidisme, anemia, cacat jantung sejak lahir, dan diabetes.

Gagal jantung ditandai dengan timbulnya gejala-gejala berupa:

  • Sesak napas, baik ketika beraktivitas maupun beristirahat.
  • Tubuh terasa lelah sepanjang waktu.
  • Kaki dan pergelangan kaki bengkak.

Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung bawaan (congenital heart disease) adalah kelainan pada struktur jantung yang terjadi sejak lahir. Kelainan bisa terjadi pada katup, aorta, atau ruang-ruang jantung.

Gejala sakit jantung bawaaan bisa muncul pada saat bayi dilahirkan, tapi bisa juga setelah usia remaja atau menjelang dewasa. Jenis gejala yang muncul tergantung berat atau ringannya kelainan, yaitu:

  • Keluar keringat berlebihan
  • Mudah lelah
  • Napas tidak teratur
  • Tidak nafsu makan
  • Berat badan turun
  •  Denyut jantung tidak teratur
  • Nyeri dada
  • Kulit kebiruan
  • Jari tabuh
  • Pembengkakan pada jaringan atau organ tubuh

Tidak semua orang bisa mengenali gejala sakit jantung dengan mudah. Apalagi, ada beberapa gejala yang mirip dan bisa disebabkan penyakit lain sehingga orang sering kali salah menduga. Langkah terbaik adalah segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *