Gejala Sakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui Segera

2 min read

Gejala Sakit Ginjal – Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan dalam menyaring berbagai racun serta kotoran dalam darah. Kalau ginjal tidak berfungsi dengan baik, akibatnya racun dan berbagai kotoran pun akan tertinggal pada tubuh. Kondisi itu sangat berbahaya sekali, sehingga penting bagi Anda untuk memahami gejala sakit ginjal pada tubuh.

Gejala Sakit Ginjal

Gejala Sakit Ginjal
Gejala Sakit Ginjal | hellosehat.com

Sakit ginjal diawali dengan air kencing yang menjadi keruh. Hal ini disebabkan oleh gagalnya penyaringan berbagai kotoran dan racun dengan baik. Namun bukan sekadar keruh, pada saat kencing pun Anda akan merasakan sakit yang amat sangat.

Selain itu, intensitas buang air kecil pun berubah. Mungkin Anda akan sering buang air kecil, tapi bisa juga tidak. Dalam kasus sakit ginjal yang parah, darah atau busa juga akan keluar bersama dengan urin.

Akibat gagalnya penyaringan racun, protein pun terbuang bersama urin dan hal ini menyebabkan berbagai bagian tubuh menjadi bengkak, seperti misalnya pada kaki dan tangan. Badan pun menjadi gampang lelah, mudah pusing, mual, dan juga muntah.

Penyebab Sakit Ginjal

Sakit Ginjal
Gejala Sakit Ginjal | sulselekspres.com

Sakit ginjal merupakan sebuah penyakit yang muncul karena kebiasaan buruk dalam jangka waktu lama dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor dan kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut:

1.Faktor keturunan

Sebetulnya, faktor yang satu ini tidak akan membawa pengaruh signifikan selama Anda memiliki gaya hidup yang sehat. Namun, bila gaya hidup Anda buruk, penyakit ginjal lebih rentan untuk menyerang.

2. Kurang minum air putih

Air putih berperan penting dalam membantu kinerja ginjal untuk menyaring kotoran dan racun. Kekurangan air putih akan menghambat kerja tersebut dan baik racun maupun kotoran dapat dengan mudah merusak ginjal.

3. Terlalu banyak alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok amat merusak ginjal. Ya, ginjal memang dapat menyaring kotoran dan racun. Namun bila kadar racun dan kotoran terlalu banyak dan ekstrem, maka ginjal pun akan gagal melakukan tugasnya dan harus mengalami pengangkatan.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Gejala Sakit Ginjal
Gejala Sakit Ginjal | ciputrahospital.com

Penyakit ginjal dapat dicegah dengan beberapa hal berikut ini:

1. Rutin minum air putih

Konsumsilah air putih minimal delapan gelas per hari. Hal ini penting supaya kinerja ginjal menjadi maksimal dan tidak terlalu keras.

2. Jangan tunda buang air kecil

Menunda untuk buang air kecil dapat membuat kandung kemih penuh dan tugas ginjal untuk mentransfer kotoran dan racun pun menjadi terhambat. Biasakan untuk selalu pergi ke toilet ketika Anda begitu ingin buang air kecil.

3. Tidak terlalu banyak merokok dan mengonsumsi alkohol

Alkohol dan rokok tidak memiliki manfaat apapun bagi seluruh bagian tubuh Anda. Mulai dari rambut, paru-paru, jantung, bahkan ginjal akan rusak karena kedua hal tersebut. Batasi konsumsi rokok dan alkohol, kalau perlu berhenti untuk mengonsumsi keduanya.

Diagnosis Pada Penyakit Ginjal

Gejala Sakit Ginjal
Gejala Sakit Ginjal | inspiradata.com

Pada dasarnya, ada dua hal yang harus dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ginjal:

1. Diagnosis dengan tes urin

Pada tes ini, kadar albumin dalam urin akan diperiksa. Semakin besar kadarnya, maka berarti semakin besar kerusakan pada ginjal

2. Melakukan tes darah

Tes darah berguna untuk memeriksa laju filtrasi glomerolus. Fungsi dari laju filtrasi ini adalau untuk mengetahui kinerja ginjal dalam menyaring berbagai racun dan kotoran

3. USG

Fungsinya adalah untuk melihat ukuran ginjal dan juga bentuk ginjal. Dengan USG, dapat diketahui seberapa besar kerusakan ginjal dan penanganan yang harus dilakukan.


Penanganan dari sakit ginjal akut biasanya berupa pengangkatan ginjal. Dalam tubuh, kita memiliki dua ginjal dan bila salah satu diangkat, maka yang satu lagi masih dapat menjalankan fungsinya.

Namun bila keduanya rusak, risikonya adalah kita harus rutin melakukan cuci darah. Setelah mengetahui gejala sakit ginjal sejak awal, Anda bisa menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *