7 Gejala Penyakit Parkinson yang Perlu Anda Waspadai

1 min read

Gejala Penyakit Parkinson – Pernahkah Anda merasa sebagian tubuh terasa lemah dan lebih kaku? Atau penahkah Anda merasakan salah satu tangan bergetar halus bahkan ketika sedang beristirahat? Waspadalah! Bisa jadi itu merupakan gejala awal penyakit Parkinson.

Apa Itu Penyakit Parkinson?

Gejala Penyakit Parkinson
Penyakit Parkinson | hellosehat.com

Penyakit Parkinson adalah penyakit yang disebabkan oleh degenerasi sel saraf yang terdapat pada bagian tengah otak secara bertahap. Sel saraf ini berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh. Maka dari itu, orang yang mengalami penyakit Parkinson tidak dapat mengendalikan koordinasi tubuhnya.

Dokter James Parkinson, penemu penyakit Parkinson, menyatakan bahwa penyakit ini mempengaruhi substantia nigra – bagian kecil dari otak tengah.

Bagian ini memiliki fungsi yang sangat krusial yaitu mengirimkan pesan ke berbagai saraf yang terdapat pada tulang belakang menggunakan neurotransmitter. Neurotransmitter utama yang dihasilkan di substantia nigra disebut dengan dopamine.

Kemampuan gerak tubuh sangat dipengaruhi oleh jumlah dopamine. Apabila dopamine menurun, maka aktivitas otak pun akan terganggu yang pada akhirnya mengakibatkan gejala penyakit Parkinson.

Faktor yang Menyebabkan Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson
Penyakit Parkinson | idntimes.com

Penyakit Parkinson disebabkan oleh menurunnya dopamine. Akan tetapi, faktor yang menyebabkan hal tersebut belum diketahui secara pasti. Namun, fakor keturunan dan lingkungan dituding menjadi penyebab utama penyakit ini.

1. Faktor Keturunan

Meskipun belum ada kepastian hubungan genetik dengan penyakit Parkinson, para peneliti tetap menduga mutasi genetik sebagai faktor pencetus penyakit ini.

2. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang berpolusi diduga juga memicu terjadinya penyakit Parkinson. Walau belum ada kepastian tentang dugaan tersebut, tetapi lingkungan yang terpapar karbon monoksida dan karbon disulphide diperkirakan menjadi salah satu pemicu utama penyakit Parkinson.

Selain dua zat adiktif di atas, polusi industri, pestisida, dan herbisida turut berperan dalam memperburuk kondisi Parkinson. Hal ini karena polusi dapat memantik terjadinya oksidasi.

Oksidasi merupakan kondisi dimana radikal bebas menggantikan elekron yang telah hilang. Poin yang perlu diwaspadai adalah kerusakan jaringan terutama neuron yang dapat diakibatkan oleh radikal bebas.

Tubuh yang sehat dapat menghilangkan radikal bebas melalui mekanisme tubuh dan otak. Akan tetapi, penderita Parkinson tidak dapat melakukan hal tersebut karena mekanisme tubuhnya tidak lagi efektif.

3. Faktor Usia

Penyakit Parkinson jarang ditemukan pada usia muda. Penyakit ini biasanya menyerang lansia yang telah berusia 50 tahun lebih. Hal ini menguatkan dugaan bahwa usia juga berpengaruh terhadap penyakit ini.

4. Faktor Jenis Kelamin

Kebanyakan kasus Parkinson menyerang pria lansia.

Gejala Penyakit Parkinson

Gejala Penyakit Parkinson
penyakit Parkinson | prostem.co.id

Penyakit Parkinson ini bisa saja membahayakan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejalanya sejak dini.

  • Tremor atau gemetaran pada bagian kaki atau tangan.
  • Mulai lamban dalam bergerak.
  • Terdapat perubahan pada cara bicara.
  • Reflek gerakan seperti tersenyum dan berkedip yang mulai menurun.
  • Otot-otot yang mulai menjadi kaku.
  • Postur tubuh mulai berubah seperti membungkuk serta keseimbangan tubuh yang mulai terganggu.
  • Menurunnya kemampuan untuk menulis.

Cara Meringankan Penyakit Parkinson

Gejala Penyakit Parkinson
Penyakit Parkinson | hellosehat.com

Sayangnya, belum ada riset yang menunjukkan titik terang pengobatan penyakit Parkinson. Akan tetapi, Anda masih dapat melakukan beberapa tindakan medis untuk meringankan gejalanya seperti: fisioterapi, obat-obatan, bahkan operasi.

Obat-obatan tersebut pun tidak lantas dapat memberikan efek yang signifikan terhadap penderita penyakit ini. Sebagian penderita Parkinson dapat terbantu dengan obat-obatan ini, sedangkan lainnya hanya merasakan perkembangan yang terbatas.


Itulah beberapa gejala penyakit Parkinson dan cara meringankannya. Hal yang paling dibutuhkan oleh penderita Parkinson adalah dukungan dari orang-orang terdekat agar dapat melakukan aktivitas secara normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *