Gejala Penyakit Jantung yang Harus Kamu Ketahui Sejak Dini

2 min read

Gejala Penyakit Jantung – Jantung merupakan organ yang amat penting bagi manusia. Berhentinya kerja jantung otomatis akan menghentikan kerja organ tubuh lain yang berujung pada kematian.

Maka dari itu, Anda harus mengenali gejala penyakit jantung dan melakukan pengobatan sedini mungkin. Pasalnya, banyak orang yang tidak menyadari gejalanya dan kemudian mengalami kematian mendadak.

Apa saja gejala dari penyakit jantung? Simak beberapa gejala yang terjadi akibat malfungsi dari organ pemompa darah ini.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit Jantung | harumsismamedika.com

Penyakit jantung ditandai dengan berbagai hal berikut:

1.Sakit pada bagian dada

Penyakit jantung dimulai dengan kurangnya asupan oksigen pada bagian jantung. Hal ini membuat kerja jantung menjadi berat dan pada akhirnya menyebabkan rasa sakit di bagian dada. Rasa sakit ini makin terasa saat Anda mengalami stress atau sedang kelelahan.

2. Sesak napas

Kurangnya oksigen pada jantung juga akan membuat Anda sulit untuk bernapas. Kerongkongan terasa tercekik dan biasanya, kondisi ini juga diikuti dengan nyeri pada bagian dada.

3.Keringat dingin

Menyempitnya pembuluh darah juga akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat dingin dan mudah cemas. Pada saat ini, Anda pun akan mulai merasa mual dan ingin muntah.

Bila gejala-gejala di atas terjadi pada Anda, segera hentikan aktivitas dan mintalah bantuan pada orang terdekat. Kurangnya kewaspadaan pada gejala-gejala inilah yang seringkali menyebabkan orang meninggal secara tiba-tiba.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung | klikdokter.com

Pada dasarnya, penyakit jantung dapat diobati dengan dua hal. Yang pertama adalah dengan obat-obatan tertentu. Hal ini juga berlaku apabila penyakit disebabkan oleh bocor pada klep jantung.

Sementara itu, dalam kondisi yang lebih parah, dokter akan melakukan tindakan operasi. Tindakan yang kedua ini memiliki risiko besar dan juga membutuhkan persiapan khusus.

Mencegah Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung
Penyakit Jantung | idntimes.com

Meskipun ada banyak obat-obatan yang dapat mengobati penyakit jantung, tetapi Anda juga harus melakukan pencegahan supaya penyakit jantung tidak semakin parah. Apa sajakah pencegahan bagi penyakit jantung? Ini dia:

1. Olahraga rutin

Olahraga, terutama kardio, amat berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Bila Anda sibuk, sempatkanlah setidaknya seminggu sekali untuk melakukan olahraga sederhana seperti jogging misalnya.

Hal ini akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan bekerja dengan lebih baik. Selain itu, olahraga dapat mengurangi lemak yang merupakan salah satu faktor besar penyebab penyakit jantung.

2. Kurangi gorengan dan makanan berlemak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lemak adalah salah satu faktor terbesar dari penyakit jantung koroner. Untuk itu, kurangilah makanan berlemak, perbanyak makanan rendah kalori.

Jangan goreng makanan dengan minyak jenuh (minyak bekas pakai), karena hal tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti kolesterol dan tentunya jantung.

3. Kurangi stress

Stress dapat membuat jantung bekerja lebih keras, dan hal ini bisa menyebabkan jantung berhenti mendadak. Jadi, kurangilah stress. Lakukan hal-hal yang Anda sukai usai bekerja keras, dan jangan terlalu terpaku pada pekerjaan berat serta masalah-masalah besar..

4. Tidur cukup

Kurang tidur akan membuat kinerja berbagai organ tubuh, termasuk jantung, menjadi tidak maksimal. Jadi, bila Anda ingin terhindar dari penyakit jantung, maka tidurlah yang cukup setiap malam.

5. Batasi kafein dan nikotin

Anda suka merokok dan mengonsumsi kopi? Sebetulnya, kopi baik untuk kesehatan tubuh apabila tak dikonsumsi berlebihan. Apabila Anda terlalu sering mengonsumsi kopi dan merokok supaya pikiran lebih tenang, maka buang jauh-jauh kebiasaan tersebut.

Mungkin Anda bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan dengan merokok dan meminun kopi. Namun efek jangka panjangnya adalah, jantung pun menjadi lemah. Tidak hanya jantung, organ lain seperti ginjal dan paru-paru pun juga akan menjadi korban.


Itulah beberapa gejala penyakit jantung yang harus Anda ketahui. Jadi, mulailah hidup sehat agar terhindar dari kematian akibat penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *