Gejala Penyakit Ginjal, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

2 min read

Gejala Penyakit Ginjal – Sakit ginjal bisa banyak sebabnya, ada yang karena batu, infeksi, atau komplikasi dari penyakit lain sepert diabetes. Gejala penyakit ginjal bervariasi, tetapi umumnya yaitu sakit pinggang, mual, demam, sakit pinggang, dan kelelahan.

Penyakit batu ginjal kerap dialami oleh sebagian besar orang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan, kurang minum, kelebihan berat badan, diet yang salah, masalah pencernaan, dan keturunan. Lebih jelas tentang gejala sakit ginjal, penyebab, dan obatnya, simak ulasan berikut.

Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal dan Lanjut

Gejala Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal | sehatcenter.com

Penyakit ginjal untuk stadium awal biasanya gejalanya ringan seperti:

  • Tidak ada nafsu makan.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat atau menurun.
  • Warna urin berubah kemerahan dalam waktu lama.
  • Mudah pusing karena tekanan darah tinggi
  • Mual, muntah, lesu, dan kelelahan

Jika sudah semakin parah, gejala yang muncul adalah adanya pembengkakan pada kaki, area sekitar mata, dan perut. Selain itu nafas jadi sesak dan produksi urin sangat sedikit.

Gejala penyakit ginjal pada anak sulit dideteksi sejak awal. Padahal penyakit ini sulit disembuhkan dan dapat berlangsung seumur hidup. Di usia bawah 4 tahun, sakit ginjal umumnya terjadi karena kelainan bawaan atau keturunan. Sementara pada usia 5-14 penyakit ginjal bisa disebabkan karena keturunan, sindrom nefrotik, atau penyakit sistemik.

Gejala sakit ginjal yang mungkin muncul pada anak di antaranya pertumbuhan lambat dan sulit berkonsentrasi. Selain ini juga muncul gejala-gejala lain seperti yang telah disebutkan di atas.

Makanan Penyebab Sakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal | doktersehat.com

Dilansir dari Boldsky, makanan yang menjadi penyebab sakit batu ginjal antara lain:

1. Daging merah

Daging merah mempunyai kadar protein tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko batu ginjal dari kadar asam urat di dalamnya.

2. Minuman soda

Konsumsi minuman berkarbonasi, soda, atau minuman berenergi dapat mengakibatkan risiko batu ginjal meningkat. Minuman tersebut mengandung asam fosfat yang bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis dan batu ginjal.

3. Makanan berkarbohidrat murni

Karbohidrat murni seperti gula, nasi putih, dan tepung halus akan menghasilkan insulin tingkat tinggi yang mengakibatkan infeksi saluran kemih. Sehingga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

4. Kafeina

Asupan kafeina terlalu banyak dapat meningkatkan sekresi kalsium dalam urine dan menyebabkan batu ginjal. Kafeina juga dapat memicu dehidrasi sehingga dapat menjadi penyebab batu ginjal.

5. Pemanis buatan

Pemanis buatan dalam minuman dapat mengganggu fungsi ginjal dan berisiko menyebabkan penyakit batu ginjal.

Obat Sakit Ginjal Paling Ampuh

Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal | starberita.com

Penyakit gagal ginjal kronis dapat ditangani dengan cara cuci darah atau cangkok ginjal. Selain itu, masih ada cara lain dengan obat herbal yang cukup ampuh seperti:

1. Daun sukun

Daun sukun dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal karena di dalamnya terkandung tanin, hidrosianat, dan flavonoid. Cara menggunakannya yaitu rebus 5 lembar daun sukun setelah dicuci bersih, dengan 4 gelas air. Rebus hingga airnya tinggal tersisa setengah gelas. Hancurkan daun di dalam rebusan. Minum dua kali sehari setelah makan.

2. Daun sirsak

Daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ginjal, kanker, tumor, dan penyakit kronis lain. Di dalamnya terkandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi, sehingga dapat mengatasi radang pada ginjal.

Cara menggunakannya, rebus daun sirsak dan daun sirih merah dengan empat gelas air. Rebus hingga airnya menyusut menjadi setengahnya. Saring dan minum selagi masih hangat, dua kali sehari secara rutin.

3. Kumis kucing

Kumis kucing dapat digunakan untuk mengobati sakit ginjal dengan cara merebusnya dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan diminum sebanyak tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari.


Demikian ulasan tentang gejala penyakit ginjal serta cara pengobatannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *